zatilmutieAvatar border
TS
zatilmutie
Ternyata Ada Kota Yang Khusus Menampung Para Janda, Loh!
Kota Khusus Para Janda






Mendengar nama janda tentunya bagi para Agan sangat menarik. Namun bukan janda seperti yang pada umumnya berada di negara kita. Wanita yang telah menikah dan ditinggal meninggal pasangannya mendapat status yang sedikit negatif di beberapa negara. Kesan pembawa sial dan menjadi beban keluarga menjadi stigma paling umum. Padahal sebuah kematian nyatanya adalah rasa Tuhan yang tak mungkin bisa ditolak oleh manusia.

Dalam masyarakat dengan adat dan budaya tertentu status janda mati ini memang dipandang rendah bahkan ada yang dibuang jauh dari keluarganya. Seperti di negara India yang mayoritas memeluk agama hindu.

Dalam adat istiadat Hindu India, seorang janda mati wajib hidup dalam kesederhanaan bahkan pakaian pun tidak boleh menggunakan warna warni mencolok. Kehidupan mereka terpinggirkan dari strata sosial dan lingkungan. Bahkan sejarahnya pada zaman dahulu terdapat adat sati yaitu membakar diri mengikuti pembakaran mayat suami seolah menjadi rutinitas.

Sejak penjajahan Inggris di India ritual bakar diri ini dinyatakan terlarang dan melanggar hak asasi manusia. Namun budaya pengucilan janda mati dari lingkungan sosial masih tetap berjalan. Para janda ini biasanya akan dikirim ke daerah yang biasa dipakai sebagai penampungan janda mati. Atau ada juga yang berangkat sendiri demi menghindari pengucilan warga dan keluarganya sendiri. Bagi mereka para janda mati ini tidak boleh memiliki mimpi yang sama dengan wanita yang masih menikah.

Bisa dilihat dalam film Andaaz, serial Uttaran, dll. Tradisi ini berlaku bagi janda muda juga. Bisa dibayangkan mereka yang menikah muda ada yang menjadi janda di usia 15 tahun dan harus menjalani tradisi yang sama.

Quote:


Nah itulah, dua kota yang menampung para janda mati di India. Bagaimana dengan negara lain ya?

Opini pribadi
Sumber: BBC.com

Gambar: [URL=https://nationalgeographic-grid-id.cdn.ampproject.org/v/s/nationalgeographic.grid.id/amp/131612970/kisah-janda-janda-di-india-yang-ditelantarkan-dan-dianggap-sebagai-nasib-buruk?usqp=mq331AQTKAFQApgBi6rzybfGwcKWAbABIA%3D%3D&_js_v=a6&_gsa=1#referrer=https://www.google.com&csi=0]1[/URL]
2
3
Diubah oleh zatilmutie 02-02-2021 07:26
alifrian.
tien212700
derinurhandi
derinurhandi dan 26 lainnya memberi reputasi
27
5.6K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.