• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Yang Mana dari Kelima Pensil Ini Pernah Menghiasi Masa Kecilmu Gan?

DeYudi69Avatar border
TS
DeYudi69
Yang Mana dari Kelima Pensil Ini Pernah Menghiasi Masa Kecilmu Gan?

Kaskus DeYudi69 -Bisa baca tulis itu wajib untuk dapat dikuasai bila kita ingin menjelajahi dunia atau pun mencapai sebuah cita-cita.

Agan Sista masih pada ingat nggak, gimana perjuangan kita atau pun perjuangan orang tua dan guru di sekolah dulu buat ngajarin kita supaya pintar membaca dan menulis?

Kalau ane masih inget banget Gan-Sist, pertama kali bisa membaca itu waktu masih di taman kanak-kanak dan bisa menulis setelah duduk di kelas satu SD.

Kalau diceritakan secara mendetail, bakalan bikin ane jadi sedih, soalnya salah satu guru yang berjasa ngajarin ane menulis huruf tegak jalan bersambung pada buku garis tiga wafat setelah ane bisa membaca dan menulis dengan lancar akibat dari kanker otak yang beliau derita. Semoga dimana pun beliau berada sekarang, mendapat tempat yang tetbaik di sisi-Nya.

Nah, selain buku garis tiga sebagai sarana utama dulu saat ane belajar menulis alfabet dan merangkainya menjadi sebuah kata kemudian kalimat dan beberapa paragraf, pensil merupakan alat tulis pertama yang ane pergunakan untuk belajar menulis.

Masih tertanam di benak ane, betapa cerianya belajar menulis bersama teman-teman sekelas, seraya mengeja tulisan nama masing-masing di selembar kertas.

Mungkin Gan-Sist juga bakal teringat akan masa-masa tersebut dimana berbagai jenis pensil pernah mewarnai masa kecil kita, diantaranya :

1. Pensil Inul


sumber gambar

Entah tahun berapa tepatnya pensil ini muncul di kalangan pelajar dari tingkat SD sampai Sekolah Menengah Atas. Seperti namanya pensil ini memang sempat booming di tahun 2000-an hampir berbarengan dengan tenarnya nama salah seorang pedangdut yang lebih dikenal dengan nama panggung Inul Daratista. Seperti gemulainya goyangan seorang biduan, pensil inul juga memiliki kelebihan tersendiri, yaitu bentuknya yang elastis bahkan dapat dilingkarkan dan diikatkan pada pergelangan tangan kita.

2. Pensil Mekanik


sumber gambar

Tak hanya rautan pensil saja yang menggunakan sistem mekanik. Pensil mekanik juga ada, yang mana pensil ini dapat diisi ulang apabila sudah habis isinya. Dengan menggunakan pensil ini, kita jadi tak memerlukan rautan pensil lagi.

3. Pensil Isi


sumber gambar

Hampir seperti pensil mekanik yang dapat diisi ulang kembali, bedanya pensil ini diisi ulang dengan cara seolah seperti kita sedang menyambungnya dari bagian belakang pensil.

4. Pensil Yang Menyerupai Mainan Lego


sumber gambar

Ane nggak tau secara persis nama pensil ini, tetapi berbeda dengan pesil mekanik, pensil ini lebih menyerupai susunan lego yang dapat ditumpuk, dipasang dan dilepas sesuka hati pemiliknya. Dan tak dapat diisi ulang apabila telah tumpul.

5. Pensil 2B For Computer


sumber gambar
Ada yang masih ingat nggak akan ujian nasional yang menggunakan lembar jawabak komputer (LJK)? Dimana untuk mengisi jawaban pada lembaran kertas LJK tersebut kita harus ekstra berhati-hati, harus menggunakan alas kaca, penggaris LJK dan pensil 2B khusus untuk komputer saat menghitamkan lingkaran pada lembar jawaban tersebut. Salah sedikit saja saat menghitamkan si lembar jawaban walaupun pilihan jawaban kita sudah benar, maka nilai ujian pun jadi berkurang. Belum lagi durasi yang dibatasi, hanya untuk menulis nama saja ane membutuhkan waktu hampir dua puluh menit wkwkwk. Jadi lumayan memacu adrenalin di jam jam terakhir padahal soal maaih banyak yang belum terjawab.

Beruntung, sekarang ujian nasional sudah mulai beralih ke sistem yang lebih praktis dan juga lebih canggih, yaitu berbasis komputer jadi tidak perlu khawatis lagi harus salah walaupun jawaban kita sudah benar.

Nah, Gan-Sist, itulah tadi beberapa buah pensil legendaris yang pernah mewarnai masa kecil ane. Semoga thread ane kali ini bisa bermanfaat ya, sampai jumpa lagi pada thread ane selanjutnya.

Penulis : DeYudi69

Baca Juga : 4 Benda yang Identik dengan Anak Sultan di Jaman Old

Sumber referensi : opini pribadi.
Diubah oleh DeYudi69 31-01-2021 17:50
n.h3
Junmai92
tien212700
tien212700 dan 37 lainnya memberi reputasi
38
8.3K
213
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.