kaksus10Avatar border
TS
kaksus10
Jaringan 5G di Indonesia, Penting Ngga Sih?


Halooo Agan Sista…

Gimana nihh kabarnya di minggu terakhir di Januari 2021?

Tetap semangat kan?

:merdeka :merdeka :merdeka

Ehh bulan Januari identik dengan musim hujan, kalau musim hujan gini biasanya koneksi 4G dan 3G emang suka jadi lemot nihh.

Oh iya, buat Agan Sista yang pakai smartphone, tentunya ngga asing dengan istilah 4G atau 3G. Istilah ini dianggap sebagai tingkat konektivitas yang dapat dilakukan oleh smartphone serta penyedia layanan jaringan telekomunikasi yang digunakan alias provider.

Idealnya sih, sewaktu kita berada pada jaringan 4G, maka kecepatan data yang muncul akan semakin tinggi dan stabil. Eits, tapi Agan udah tahu belum, bahwa teknologi 5G sudah ada dan siap diaplikasikan di Indonesia?


Lagian siapa sih yang ngga pengen internetan ngebut?

Pasti kita semua pernah kesal sampai marah-marah hanya karena jaringan internet yang ngadat. Nah, kabar baiknya teknologi generasi kelima atau 5G inilah solusi untuk konektivitas internet yang super cepat. Makanya ngga heran bila produsen smartphone saat ini berlomba-lomba memproduksi smartphone yang dilengkapi teknologi 5G.

Fyi Gan Sist, 5G merupakan teknologi nirkabel dari konektivitas seluler. Selain memiliki jaringan yang super cepat, teknologi 5G juga mampu menangani lebih banyak perangkat dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu 4G LTE. 5G mampu melakukan kapasitas transfer data hingga 3 kali lipat dari kecepatan transfer yang disediakan jaringan 4G. Selain itu, 5G juga mampu memberikan transfer data secara real time tanpa adanya delay.

Keunggulan Utama Konektivitas 5G

1. Kecepatan Lebih Tinggi

Tentu saja Gan Sist, poin utama kelebihan dari 5G adalah meningkatnya kecepatan transfer data. Konektivitas 5G diprediksi mampu memberikan kecepatan hingga 20 GB per detik pada kondisi terbaik, dan 100 MB per detik pada kondisi paling rendah.

Artinya nih, download dan upload yang lebih cepat untuk video kualitas 4K, game maupun foto. 5G juga sangat mendukung streaming konten video seperti YouTube dengan lebih lancar dan tanpa hambatan. Para gamers juga bisa bermain secara streaming dengan adanya Cloud Game.

Tidak hanya untuk entertainment yah, kecepatan 5G juga sangat membantu untuk dunia kesehatan. Bayangin nih Gan Sist, dengan konektivitas super cepat 5G, kita bisa berkonsultasi dengan dokter cukup dengan media video call. Atau dokter mampu melakukan operasi tanpa harus bertemu dengan pasiennya. Berguna banget kan?

Semuanya jadi praktis dan efisien karena adanya konektivitas 5G, dan tentunya dukungan dari perangkat yang ada. Misalnya smartphone yang mendukung konektivitas 5G.

Spoiler for kayak gini seru kan Gan??:

2. Mengurangi Latensi

Apa sih latensi itu?

Latensi bisa diartikan sebagai waktu interval yang dibutuhkan ketika kita mengirim data hingga data tersebut diterima oleh pihak lain. Dengan kecepatan 5G, diprediksi latensi akan turun hingga di level real time. Artinya ketika data kita kirim, seketika itu pula data tersebut diterima oleh pihak yang kita tuju.

Hmmm, lalu manfaatnya seperti apa? Latensi rendah artinya kita bisa mengirim atau menerima data real time. Bermanfaat banget untuk system pengawasan. Jadi, misalnya pihak kepolisian mampu memaksimalkan penggunaan CCTV, karena data yang diterima adalah real time. Atau pengawasan dengan menggunakan drone, dan lain sebagainya.

3. Kapasitas lebih besar

5G punya kapasitas jaringanyang lebih besar, sehingga mampu mengatasi kebutuhan data dengan banyak aplikasi sekaligus, misalnya mendukung perangkat IoT (Internet of Things), penggunaan VR hingga streaming video HD secara bersamaan.

4. Andalan

5G mampu menjaga konektivitasnya tetap stabil, tidak ada panggilan atau konektivitas yang terputus. Ini penting banget Gan Sist dengan penggunaan yang ada kaitannya dengan kesehatan serta keamanan atau pengawasan.

Spoiler for Peningkatan keamanan Gan:

Teknologi 5G sudah diterapkan di sejumlah negara seperti Qatar, USA, China, Jepang, Korea Selatan, Inggris, Swiss, Kuwait, Australia dan masih banyak lagi. Pemerintah Indonesia sendiri berencana untuk mulai menerapkan 5G di tahun 2021 ini loh Gan Sist.

Nah, seiring akan diluncurkannya jaringan 5G di Indonesia, smartphone berbasis 5G memiliki kelebihan dalam menangkap jaringan 5G, dan pastinya memiliki kecepatan download belasan kali lebih cepat jika dibandingkan dengan smartphone 4G yang beredar sekarang ini.

:tepuktangan :tepuktangan :tepuktangan

Lalu smartphone seperti apa nih yang mendukung konektivitas 5G?

Eits, sebelum Agan Sista pesimis dengan penerapan teknologi 5G di Indonesia, ane mau kasih info nih kalau proyek Palapa Ring sudah selesai di 2019 yang lalu. Beroperasinya Palapa Ring mampu membantu kesiapan penerapan teknologi 5G. Dan ternyata jaringan 5G memang sudah ada kok di Indonesia, walau statusnya masih dalam tahap pengujian.



Bicara soal smartphone dengan konektivitas 5G, kita ngga bisa hanya melihat bahwa smartphone ini mendukung 5G aja. Tapi kita harus lihat juga spesifikasi lengkap dari smartphone tersebut, Gan Sist.

Ngomong-ngomong soal smartphone dengan konektivitas 5G, sebenarnya OPPO telah memiliki perjalanan yang cukup panjang dengan inovasi teknologi 5G loh. OPPO tuh sudah memulai inovasi 5G sejak tahun 2018. Pada Mei 2018 OPPO menunjukan demonstrasi video 5G pertama dengan basis 3D structure light. Lanjut di Agustus 2018, OPPO memimpin dalam pengujian sinyal 5G dan tautan data berdasarkan smartphone komersial yang tersedia.

Dan juga pada Februari 2019, OPPO melakukan live streaming pertama di dunia melalui jaringan 5G. Kemudian, OPPO memperkenalkan smartphone komersial 5G pertamanya pada ajang OPPO Innovation Event 2019 di Barcelona, Spanyol. Jadi menurut ane, OPPO sangat serius dalam pengembangan konektivitas 5G Gan Sist.



OPPO Reno5 5G punya spesifikasi yang lengkap dan mumpuni untuk mendukung konektivitas 5G. Smartphone terbaru dari OPPO ini didukung oleh prosesor Snapdragon 765G 5G. Snapdragon 765G merupakan chipset terbaru dari Qualcomm dan telah terintegrasi dengan konektivitas 5G, serta memiliki kecerdasan buatan yang lebih mutakhir. Selain mendukung jaringan 5G, chipset tersebut juga mendukung optimalisasi fitur gaming, jadi smartphone yang menggunakan chipset ini memiliki performa yang baik saat digunakan untuk bermain game berat.

Chipset Snapdragon 765G juga bisa mengurangi efisiensi konsumsi daya baterai hingga 35% dari chipset pendahulunya, sehingga smartphone bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama karena konsumsi daya yang lebih sedikit. Nah, pas buat Agan Sita yang butuh smartphone dengan performa yang powerful dan baterai bisa tahan lama.

Dan sebagai tambahan info niih Gan Sist, chipset Snapdragon 765G mampu meningkatkan fungsi AI pada berbagai fitur smartphone mulai dari kamera, audio, dan juga performa chipset itu sendiri. Chipset Qualcomm Snapdragon 765G pada OPPO Reno5 5G didukung dengan RAM 8GB dan memori internal 128 GB. Nah, kebayang kan Gan Sist gimana tangguhnya performa OPPO Reno5 5G?

Untuk dayanya, OPPO Reno5 5G juga sangat bisa diandalkan. Fitur 65W SuperVOOC 2.0 disematkan di smartphone 5G ini. Dengan fitur 65W SuperVOOC 2.0, kita bisa mendapatkan 4 jam pemakaian hanya dengan 5 menit pengisian daya, kalau Gan Sist mau isi full sampai 100% Cuma butuh waktu 35 menit aja tuh! Well, ini sih super cepat, udah kaya koneksi 5G.


Kecanggihan spesifikasi OPPO Reno5 5G ngga hanya sampai di prosesor ataupun fitur 65W SuperVOOC 2.0 aja Gan Sist. OPPO Reno5 5G punya layar berjenis AMOLED berukuran 6,4 inci. 

Resolusi layarnya sudah FHD+ (2.400 x 1.080) dengan refresh rate 90 Hz dan sampling rate 180 Hz. Layar OPPO Reno5 5G memiliki aspect ratio 20:9. Nah, artinya secara keseluruhan layar OPPO Reno5 5G nyaman banget untuk visual bikin betah berlama-lama untuk main game, ngerjain tugas, samapai nonton streaming ataupun film.


OPPO Reno5 5G  juga ngga main-main dengan fitur kameranya nih Gan Sist. Dilengkapi dengan 4 kamera belakang; terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan terakhir depth sensor 2 MP, OPPO Reno5 5G kasih banyak inovasi AI pada fitur kamera. Terbukti dengan adanya fitur Portrait Beautification Video, Dual-view Video, dan AI Highlight Video.

Reno5 5G juga didukung dengan fitur Portrait Beautification Video, fitur ini mampu mendeteksi 194 titik fitur wajah sehingga memberikan optimalisasi wajah dan disesuaikan secara spesifik berdasarkan masing-masing individu. Hasilnya wajah yang terlihat lebih sempurna namun tetap terlihat lebih natural di video.

Fitur berikutnya nih ada Dual view Video, jadi Gan Sist bisa merekam video melalui kamera depan dan belakang secara bersamaan. Perekaman ganda dengan perspektif berbeda ini menyatukan pengguna dan objek yang direkam dalam 1 frame video yang sama.

Berikutnya, fitur AI Highlight Video yang bisa mendeteksi kondisi cahaya dan secara otomatis menerapkan algoritma yang diperlukan berdasarkan skenario kondisi cahaya yang berbeda. Hasilnya? Agan Sista bisa mendapatkan konten video yang tetap tajam, detail serta cerah apapun kondisi cahayanya.


Nah Agan Sista pasti penasaran kan dengan kecanggihan OPPO Reno5 5G? Cuss tonton dulu video kece di bawah ini

Spoiler for cekidot ini dulu Gannn...:

Nah, tanggal 25 Januari 2021 kemarin, OPPO Reno5 5G resmi dirilis di Indonesia. Sudah ada pre order eksklusifnya di Shopee mulai dari 25 Januari – 4 Februari 2021, hanya dengan harga Rp.6.999.000 dan sudah termasuk 3in1 giftbox dari OPPO selama persediaan masih ada.

Untuk informasi lebih lengkap, Agan Sista bisa mengunjungi website dan sosial media OPPO Indonesia.

Jadi buruan yukk Gan Sist, segera bersiap untuk merasakan konektivitas 5G super cepat di Indonesia.

Disclaimer :

- OPPO Reno5 5G mendukung penggunaan jaringan 5G, fitur ini dapat digunakan tergantung pada dukungan provider & lokasi tertentu yang sudah mendukung jaringan 5G.

Jaringan 5G bergantung pada penyedia layanan (operator) di masing - masing wilayah. Untuk menghormati hukum yang berlaku di wilayah Indonesia, OPPO  mengunci jaringan 5G sementara waktu hingga ditetapkannya izin penggunaan jaringan 5G oleh pemerintah


Diubah oleh kaksus10 29-01-2021 07:51
nyol21
atmajazone
tien212700
tien212700 dan 42 lainnya memberi reputasi
33
14.3K
203
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.