News
Batal
KATEGORI
link has been copied
334
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600a48b4f4d69542a443b03e/coc-edu-sekolah-daring-yang-kadang-kala-membuat-kepala-emak-pening
Hai, sobat kaskuser dimana pun berada. Bagaimana kabar semuanya? Saya harap kalian dalam kondisi yang baik lahir juga batin. Terlebih di era pandemi semacam ini. Yang benar-benar menguras emosi, eh.
Lapor Hansip
22-01-2021 10:38

[COC Edu] Sekolah Daring yang Kadang Kala Membuat Kepala Emak Pening

Past Hot Thread
icon-verified-thread
[COC Edu] Sekolah Daring yang Kadang Kala Membuat Kepala Emak Pening

Assalamu'alaikum warahmatullahi Wabarakatuh

Hai, sobat kaskuser dimana pun berada. Bagaimana kabar semuanya? Saya harap kalian dalam kondisi yang baik lahir juga batin. Terlebih di era pandemi semacam ini. Yang benar-benar menguras emosi, eh.

Tanpa terasa bulan Januari di 2021 sudah masuk pekan ketiga. Itu tandanya hampir satu tahun kita di rumah saja, bukan?! Hmm, tadinya saya kira jika tahun berganti, pandemi juga akan turut pergi. Tetapi, sepertinya kita mesti bersabar lagi untuk semua ini.

Pandemi ini tak pandang bulu. Semua aspek disikat. Salah satunya pendidikan. Akibat pandemi ini juga, mau tidak mau, suka tidak suka para siswa dan guru harus melewati sistem belajar secara daring. Tapi itu pun tidak semua daerah menerapkannya. Kebetulan kota saya tinggal masuk dalam daftar red zone tidak lama setelah pandemi ini melanda. Jadi, dua setengah semester telah dilalui anak-anak saya juga teman-temannya dengan bersekolah online.

Sistem belajar online yang dilalui anak-anak tak jauh berbeda dengan sistem belajar ketika mereka masih bersekolah di saat pandemi belum melanda. Setiap hari, guru memberikan tugas sesuai jadwal pelajaran via WAG kelas. Hanya saja setelah selesai mengerjakan, anak-anak mesti mengirimkan laporan. Berupa foto ataupun video hasil belajar. Dan foto ketika mereka mengerjakan tugas. Dan yang paling bikin nganga adalah sebagai orang tua mau tidak mau saya harus menjadi seorang guru di semua mata pelajaran. Baik SD maupun TK.

Setiap hari mendampingi kedua anak (TK dan SD) yang bersekolah online cukup memberatkan bagi saya. Pada anak yang masih TK masih ringan lah. Hanya mengarahkan sesuai tugas yang diberikan. Namun untuk yang sulung, setidaknya saya mesti memberikan perhatian lebih lagi. Terutama ketika ada materi pelajaran yang belum dipahami betul-betul. Nah, di situlah tugas saya sebagai guru dadakan diuji. Menjelaskan hal-hal di luar kuasa saya dengan ilmu yang tidak seberapa. Alangkah nikmatnya, bukan?!
Mulanya semua ini meriweuhkan. Tapi makin kesini, biasa aja. Mungkin ini lah yang dinamakan bisa karena terbiasa, hahaha.

Quote:
Ketika si sulung mengerjakan PJOK, sementara itu si bungsu mewarnai dan menebali.
[COC Edu] Sekolah Daring yang Kadang Kala Membuat Kepala Emak Pening
[COC Edu] Sekolah Daring yang Kadang Kala Membuat Kepala Emak Pening


Tapi semua tidak selalu berjalan mulus. Adakalanya ketika bertemu dengan mata pelajaran yang benar-benar tidak saya pahami, kepala saya mendadak pening tiada kira. Bertemu dengan pelajaran Bahasa Jawa, contohnya.

Pernah kejadian belum lama ini.
Dari semalam badan sudah terasa tak enak.Tapi dipaginya tetap saja tugas harian sebagai ibu wajib dilakukan: mencuci dkk-nya. Nah, kebetulan anak sulung saya di hari itu sedang belajar Bahasa Jawa. Ada satu tugas yang dia tidak pahami. Bertanyalah pada ibunya ini. Sebagai guru dadakan tentu saya mesti ada untuk muridnya. Tapi apa yang terjadi? Setelah tahu tugasnya apa, keringat dingin seketika membanjir. Menguyupkan baju yang saya pakai. Pada akhirnya, saya memilih angkat tangan, hahaha. Daripada nantinya kepala makin berdenyut-denyut.

Selama pandemi ini, anak-anak sama sekali belum pernah belajar tatap muka lagi. Entah itu hanya masuk beberapa siswa saja atau apa. Seperti halnya di tempat-tempat lain. Jadi kedua anak saya full belajar dari rumah. Kalaupun ada hal yang mengharuskan untuk ke sekolah, misalnya mengambil buku paket semester baru, pihak sekolah meminta orang tua yang mengambilnya sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Ini demi menghindari kerumunan, begitu kata guru kelas anak saya. Jika wali murid tidak memungkinkan untuk datang, siswa diperolehkan mengambilnya sendiri. Itupun hanya bagi siswa yang sudah duduk di kelas 6.
Dan, semua yang datang ke sekolah pun wajib menerapkan protokol kesehatan.

Sebenarnya sistem belajar dari rumah ini banyak merubah kebiasaan sehari-hari. Saya jadi hampir tidak pernah mencuci seragam lagi. Karena mereka tidak diwajibkan berseragam saat SFH berlangsung. Cukup berpakaian rapi saja. Waktu yang diberikan oleh guru untuk anak-anak setor tugas lebih longgar. Asal tidak lewat dari jam dua siang. Anak-anak pun masih bisa belajar sambil ngemil ataupun minum. Malah anak saya yang TK sambil lihat kartun. Coba bayangkan jika itu dilakukan saat belajar di sekolah. Mustahil terjadi, bukan.

Akan tetapi bagi saya, ada satu hal yang tak boleh berubah mau dalam kondisi pandemi ataupun tidak yaitu, bangun pagi. Anak-anak saya wajibkan bangun pagi. Paling telat jam
05.00 wib mereka harus sudah melek. Entah itu tanggal merah, hijau, hitam bahkan ungu sekalipun. Karena saya berpikir, itu akan sangat berdampak ke depannya buat mereka.

Begitulah sekelumit kisah saya tentang bagaimana rasanya mendampingi anak-anak belajar daring. Yang kadang bikin pening. Tapi jangan sampai jadi darting, hiii jauh-jauh deh.

Tugas si sulung saat disuruh membuat poster mengenai cinta lingkungan[COC Edu] Sekolah Daring yang Kadang Kala Membuat Kepala Emak Pening

Quote:Mendapat apresiasi macam ini dari guru kelas adalah salah satu mood booster bagi siswa. Juga sang emak tentunya😍.
[COC Edu] Sekolah Daring yang Kadang Kala Membuat Kepala Emak Pening



Wassalamu'alaikum warahmatullahi Wabarakatuh

ditulis: rirandara
Opini pribadi
Foto: dokumen pribadi
Diubah oleh rirandara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gagalproduk dan 62 lainnya memberi reputasi
63
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 6
[COC Edu] Sekolah Daring yang Kadang Kala Membuat Kepala Emak Pening
31-01-2021 21:01
Jangan lupa makan bund jangan sampe tugas sekolah bikin bunda pada types emoticon-Leh Uga
profile-picture
rirandara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Edu] Sekolah Daring yang Kadang Kala Membuat Kepala Emak Pening
31-01-2021 21:10
wah bagus itu anak disuru bangun paling telat jam 5, mau itu tanggal item merah ijo emoticon-Ngakak semangat emak emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
rirandara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Edu] Sekolah Daring yang Kadang Kala Membuat Kepala Emak Pening
31-01-2021 21:33
gw guru, (meski guru smk sih)
sedih juga semasa korona begini, karena tau guru mapel muatan nasional dan penjurusan ga kira2 banyaknya, makanya gw jarang ngasih tugas (gw ngajar bahasa jepang). tugas pun ringan2 aja kayak quiz yg bakal jadi kisi2 pts/pas/pat nanti.
Diubah oleh daisukeasakura
profile-picture
rirandara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[COC Edu] Sekolah Daring yang Kadang Kala Membuat Kepala Emak Pening
31-01-2021 21:51
Bner bnget.pljran online bkin psing.dri pndftaran smpai mau kenaikan blm prnah ttap muka.cma tgas dan tugas trus.apa lgi ank sya jga blm bsa bca.tmbah psingnya.
profile-picture
rirandara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[COC Edu] Sekolah Daring yang Kadang Kala Membuat Kepala Emak Pening
31-01-2021 22:13
segi positif dari pandemi ini
biasanya emak² bikin pusing pengguna jalan raya
sekarang emak² jadi pusing di rumah
emoticon-Wakaka
profile-picture
rirandara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Edu] Sekolah Daring yang Kadang Kala Membuat Kepala Emak Pening
31-01-2021 22:23
Lulus jalur covid...
profile-picture
rirandara memberi reputasi
1 0
1
[COC Edu] Sekolah Daring yang Kadang Kala Membuat Kepala Emak Pening
31-01-2021 22:55
kreatif pisan gan
profile-picture
rirandara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Edu] Sekolah Daring yang Kadang Kala Membuat Kepala Emak Pening
31-01-2021 22:58
Banyak orang yang gak peduli gan ama belajarnya anak via online.

Ada juga sekolah yang sampe dibubarin polisi.
{thread_title}


Orang bogor pasti tau ini sekolahnya di mana... emoticon-Ngakak

TK, SD, SMP, mah santai aja keles, murid SMK noh yang celingak-celinguk.

Guru juga paham kok, seberapa repotnya, toh gurunya juga punya anak yang seumuran. Kecuali untuk SMK yaa, muridnya udah bisa sadar sendiri. Gw juga guru SMK, muridnya gak minta tugas, juga gak gw beri tugasnya. Kecuali dia minta tugas, nah baru gw kasih, untuk kemajuan dianya juga.

Tetap tabah, jangan pendek akal emak-emak terbaik di kaskus.. emoticon-2 Jempol
Diubah oleh wy2312
profile-picture
rirandara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Edu] Sekolah Daring yang Kadang Kala Membuat Kepala Emak Pening
31-01-2021 23:29
enaknyaa belajar daring bisa dipantau sama orangtua langsung emoticon-Wow
profile-picture
rirandara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Edu] Sekolah Daring yang Kadang Kala Membuat Kepala Emak Pening
01-02-2021 06:25
Setelah setahun nemenin anak belajar di rumah,ane jadi tau kalo belajar di rumah kurang efektif.
Karena ga ada nama nya kompetisi antar siswa,anak jadi kurang semangat belajar,ngerasa belajar sendiri emoticon-Hammer
profile-picture
rirandara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[COC Edu] Sekolah Daring yang Kadang Kala Membuat Kepala Emak Pening
01-02-2021 06:59
Tetap semangat ya oara Emak
profile-picture
rirandara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Edu] Sekolah Daring yang Kadang Kala Membuat Kepala Emak Pening
02-02-2021 10:52
mantab punya nyokap bisa kaskusan. selangkah jadi ortu terdepanemoticon-Ultah . terbukti kn anaknya dapat pujian dari bu guru. hehehe.
profile-picture
rirandara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Edu] Sekolah Daring yang Kadang Kala Membuat Kepala Emak Pening
03-02-2021 14:58
Don't underestimate the power of emak-emak emoticon-Ngakak
profile-picture
rirandara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Edu] Sekolah Daring yang Kadang Kala Membuat Kepala Emak Pening
04-02-2021 05:45
Ane penasaran kalo sekolah internasional yang mahal itu sekolah daringnya lebih memudahkan emak2 nya gak ya?
profile-picture
rirandara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Edu] Sekolah Daring yang Kadang Kala Membuat Kepala Emak Pening
04-02-2021 13:25
Yaaaa gitu deh, jadi guru gak gampang
profile-picture
rirandara memberi reputasi
1 0
1
[COC Edu] Sekolah Daring yang Kadang Kala Membuat Kepala Emak Pening
07-02-2021 10:34
Ini lama² gurunya kaga ngapa²in gan 😂, semua diserahin ke ortunya masing² 😁
0 0
0
Halaman 6 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia