• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Udah Dari Dulu Ternyata, Inilah Awal Mula Berkembangnya Teori Bumi Datar

GuinesshaAvatar border
TS
Guinessha
Udah Dari Dulu Ternyata, Inilah Awal Mula Berkembangnya Teori Bumi Datar

emoticon-Hot NewsYukk Simakk...

emoticon-HaiHallo agan semua kali ini kita bakalan bahas mengenai satu hal yang masih bertahan hingga sekarang. Teori mengenai bumi datar sekarang sudah menjadi sebuah kepercayaan yang tidak bisa ditutupi lagi. Tapi dari mana teori ini berasal?. So, kalau penasaran tentang awal mula teori ini langsung kita bahas.

Gagasan bumi datar dihidupkan pada abad ke-18 oleh para pengikut sektarian dan penjahit Inggris yang eksentrik, Lodowick Muggleton. Asal usul ide-ide eksentrik biasanya sulit dijabarkan. Bagaimanapun, dari abad ke-18 hingga saat ini, kepercayaan bumi datar terikat dengan fundamentalisme agama.

Pada tahun 1800, masyarakat Zetetic berkembang pesat di Inggris. Zetetic berarti pencari atau skeptis. Kaum bumi datar menggunakan nama ini untuk melambangkan skeptisisme mereka terhadap pandangan ilmiah ortodoks tentang bentuk bumi. Namun, skeptisisme mereka terbatas pada sains. Dulu, dan sekarang, ide datar sejalan dengan fundamentalisme agama, dan interpretasi literal. 


Samuel Birley Rowbotham (1816-1884), seorang fundamentalis agama abad ke-19, mengepalai koloni Owenite, dan mempromosikan filosofi bumi datar. Dia sosok bayangan bagi sejarawan. Dia memiliki reputasi ketidakjujuran yang sinis, dan beberapa orang berpikir dia tidak benar-benar percaya dengan apa yang dia promosikan. Dia adalah pengajar keliling, dan menulis dengan beberapa nama samara Tryon, S. Goulden, Parallax, dan Dr. Birley. 

Rowbotham mengarang ide yang sangat cerdik tentang pembiasan cahaya di jalur melengkung untuk 'menyelamatkan hipotesis' dari bumi datar, untuk menjelaskan apa yang disebutnya 'ilusi optik' matahari terbit dan terbenam. Rowbotham adalah Bumi datar pertama yang memberikan ukuran matahari diameter 32 mil, angka yang diterima oleh penganut bumi datar saat ini. Namun, dia memberikan jarak ke matahari 700 mil, sebuah angka yang sulit untuk disesuaikan dengan nilainya untuk diameternya.

John Hampden (1819-1891) dengan penuh semangat mempromosikan gagasan bumi datar di Inggris. Ia mendirikan Truth-Seeker Oracle and Scriptural Science Review pada tahun 1876. Pada tahun 1870 Hampden membuat taruhan dengan naturalis Alfred Wallace tentang hasil pengujian kerataan air di Old Bedford Canal. Kedua belah pihak mengklaim bahwa pengujian tersebut menegaskan pandangan mereka, dan penganut bumi datar hingga hari ini menyatakan bahwa permukaan air terbukti datar.


Hampden mengira matahari hanya berjarak 600 mil, dan diameter 32 mil. Angka-angka ini berasal dari Rowotham, dan tidak menambahkan hal baru pada teori bumi datar. Setelah kematian Rowbotham pada tahun 1884 para pengikutnya melanjutkan perang salib. Universal Zetetic Society (UZS) didirikan pada tahun 1890. Penganut bumi datar lainnya sedang aktif saat ini. William Carpenter beremigrasi ke Baltimore dan menulis Seratus Bukti bahwa Bumi bukanlah Globe pada tahun 1885. Lady Blount, istri Sir Walter de Sodrington Blount, mempromosikan gagasan bumi datar. Dia mendirikan dan mengedit jurnal Earth dari tahun 1900 hingga 1904. John Alexander Dowie dari Skotlandia (1847-1907) belajar di Universitas Edinburgh, kemudian mendirikan pastor di dekat Sydney Australia, dan memasukkan dogma bumi datar dalam teologinya.

Sumber referensi : Pribadi & Disini, Disini

Sumber gambar : Google Image

emoticon-2 Jempol

Terimakasih udah pada baca

 


alifrian.
trifatoyah
tien212700
tien212700 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
13.4K
206
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.