Indriaandrian
TS
Indriaandrian
Bagaimana Merawat Bayi Kucing Tanpa Induk
Saat Induk Kucing Abai Setelah Melahirkan Anaknya



Jumpa lagi gansis, hari ini ane lagi bahagia si empus kemarin sore melahirkan 5 anak kucing yang lucu-lucu. Ini adalah kelahiran yang ke 3, setelah sebelumnya Empus melahirkan satu ekor dan 3 ekor anak kucing.


Dok.pri


Awalnya si Empus kucing liar yang kebetulan tiap hari datang ke rumah, saking seringnya dia datang ane bela-belain sediain makanan kucing, eh lama-lama betah banget di rumah ane, bahkan lemari samping jadi tempat dia lahiran. Sekarang makanan kucing buat si empus dan anak-anaknya menjadi salah satu yang masuk dalam daftar belanja bulanan ane. Melihat kucing-kucing itu terlihat sehat dan lucu bagi ane merupakan hiburan teraendiri.

Sering kita liat kucing liar yang melahirkan anaknya di semak atau di pekarangan rumah, terkadang beberapa anak kucing itu bernasib malang dibiarin begitu saja dan ditinggal pergi oleh induknya, selain kucing liar ada juga kucing rumahan yang bernasib sama entah karena induknya tidak mau mengurus/menyusui anak-anaknya atau bisa juga induk kucing mati atau hilang.

Kita tentu tak bisa ikut abai melihat bayi-bayi kucing yang tak terawat, karena kemungkinan bayi kucing akan mati bila dibiarkan begitu saja. Berikut beberapa tips untuk merawat bayi-bayi kucing tanpa induk.

Pertama kita lihat apakah bayi kucing sudah bersih atau belum, beberapa induk mungkin sempat membersihkan bayinya, tapi ada juga yang ditinggal langsung sesaat setelah lahir. Bila masih terdapat plasenta/ ari-ari yang menempel, bersihkan agar tidak menimbulkan bau selain itu plasenta juga membuat anak kucing sulit dalam bernafas. Gunakan perlengkapan yang bersih dan higienis, dianjurkan memakai sarung tangan.


• Tempat yang nyaman
Bayi-bayi kucing seperti halnya bayi manusia membutuhkan kehangatan lebih, bila induk tidak ada untuk menghangatkan dengan bulunya, maka kita harus menyediakan tempat yang kering dan hangat. Sediakan kotak dengan lapisan kain/selimut/handuk yang bersih dan kering agar bayi kucing merasa nyaman dan hangat, bila perlu tambahkan lampu untuk menambah kehangatan.


• Susu


Setiap bayi membutuhkan susu dari ibunya demikian juga bayi kucing. Namun hati-hati dalam pemberian susu untuk anak kucing, usahakan memberikan susu khusus kucing. Jangan pernah memberikan susu kental manis pada kucing karena bisa merusak pencernaan si kucing kecil. Bila sulit mendapatkan susu kucing dapat menggunakan susu bayi, diutamakan susu bayi baru lahir.

Berikan susu dengan dot khusus kucing atau dengan kapas basah, bisa juga dengan pipet yang diteteskan perlahan melalui samping mulut, memberikan minum dari depan lurus ke rongga mulut kucing dapat menyebabkan air masuk ke paru-paru.


• Bersihkan
Bayi kucing mempunyai siklus tidur yang panjang, oleh karena itu penting untuk membersihkan mata kucing dari kotoran yang menumpuk. Kotoran mata membuat kucing susah/tidak bisa membuka matanya.
Gunakan kapas yang diberi air hangat kuku, usapkan perlahan pada mata kucing. Selain mata bersihkan juga hidung dan bagian belakang.
Bisa juga gansis usap badan kucing dengan waslap dan air hangat lalu lekas keringkan.


• Pijat perut



Mungkin banyak yang belum paham kalau induk kucing menjilat perut anaknya selain untuk membersihkan juga untuk merangsang pencernaannya. Jadi dianjurkan untuk memijat perut bayi kucing secara perlahan juga pada bagian genital untuk memperlancar bayi kucing membuang kotoran, bisa menggunakan kapas dengan air hangat untuk memijat- mijat dan merangsang pembuangan kotoran.

Usahakan langsung membersihkan kotoran kucing agar sarangnya tetap bersih dan nyaman.

Untuk tambahan bisa menjemur anak kucing pada pagi hari sekitar jam 8n sebagai asupan vitamin D, dianjurkan pula membawa ke dokter hewan untuk vaksin.

Demikian gansis beberapa hal yang bisa dilakukan dalam merawat bayi kucing tanpa induk, yang terpenting adalah ketelatenan dan kesabaran terutama untuk beberapa minggu pertama. Kasih sayang dan kepedulian bisa jadi penentu kelangsungan hidup anak-anak kucing yang terlantar.


Dok.pri ( anaknya empus)


Si empus


Terimakasih kunjungannya
emoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss


Sumber:
Pendapat pribadi
bayi kucing
Diubah oleh Indriaandrian 28-01-2021 09:38
sunshii32Demonaz666tien212700
tien212700 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
3.1K
63
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mamalia
Mamalia
icon
3.2KThread1.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.