News
Batal
KATEGORI
link has been copied
55
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6013ddc0f0bdb24cb7328135/sri-mulyani-kenakan-pajak-harga-pulsa-bakal-naik
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati resmi memberlakukan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) bagi penjualan pulsa. Pengenaan pajak ini akan mulai berlaku pada 1 Februari 2021 mendatang. Hal ini tertuang dalam PMK No 6/PMK.03/2021 tentang penghitungan dan pemungutan PPN dan PPh terkait dengan penjualan pulsa, kartu perdana, token, dan voucher. Lalu, apakah harga pulsa jadi sem
Lapor Hansip
29-01-2021 17:04

Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?

Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati resmi memberlakukan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) bagi penjualan pulsa. Pengenaan pajak ini akan mulai berlaku pada 1 Februari 2021 mendatang.

Hal ini tertuang dalam PMK No 6/PMK.03/2021 tentang penghitungan dan pemungutan PPN dan PPh terkait dengan penjualan pulsa, kartu perdana, token, dan voucher.

Lalu, apakah harga pulsa jadi semakin mahal?

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Hestu Yoga Saksama mengatakan, pemberlakuan PPN ini belum tentu mengubah harga pulsa. Baik ada kenaikan maupun penurunan harga.

"Kalau masalah harga menurut saya tak ada pengaruhnya di situ ya," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Jumat (29/1/2021).

Menurutnya, dalam hal ini Pemerintah hanya memberikan kepastian terkait pemajakannya. Di mana dalam aturan saat ini pengenaan PPN berlapis dari penyedia layanan telekomunikasi ke distributor tingkat satu, kemudian ke tingkat dua dan ke tingkat tiga hingga ke pengecer.

Namun, dengan PMK terbaru ini pengenaan PPN nya dibatasi hingga hanya sampai ke distributor tahap II.

Selain itu, PPN yang dikenakan adalah selisih harga jual dan harga nominal pulsa yang dibeli. Misalnya beli pulsa Rp 100 ribu dengan harga Rp 103 ribu, maka yang dikenakan PPN adalah Rp 3 ribu nya.

"Karena PPN 10% dari selisih harga. Jadi harganya tetap saya menurut saya. Hanya saja pengenaan PPN nya yang kita batasi sampai distributor tingkat dua," jelasnya.

"Jadi dengan PMK ini diberikan kepastian bahwa pengenaan PPN hanya sampai distributor tingkat dua. Jadi tak perlu sampai pengecer karena mereka selama ini kesulitan," tegasnya.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...lsa-bakal-naik
profile-picture
profile-picture
simsol... dan nomorelies memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
29-01-2021 19:03
Loh gembar gembor dengan amnesti pajak, negara akan dapet 11 ribu trilyun...mana ?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
koruptor.1 dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
29-01-2021 19:10
Mending nyinyir aja yang dipajak.
Oops, 'menteri negara urusan nyinyir' bisa sewot entar...
emoticon-Ngakak
0 0
0
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
29-01-2021 19:35
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
profile-picture
koruptor.1 memberi reputasi
1 0
1
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
29-01-2021 19:35
{thread_title}
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
profile-picture
koruptor.1 memberi reputasi
1 0
1
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
29-01-2021 19:42
pajak hanya di tingkat distributor
tidak di tingkat konsumen
apakah ini pembodohan publik lagi?
distributor emang mau nanggung selisih pajak utk konsumen?
otomatis di bebankan ke konsumen lah
tapi pemerintah bisa ngeles itu bukan salah mereka, karena yg naikin distributor, mereka berdalih cuma malak sampai di tingkat distributor doank
logika yang aneh, sekaligus menampar kita, karena kita dianggap bodo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cosmoflip dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
29-01-2021 19:53
Pajak untuk pajak ntar lagi diberlakukan.. emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
panglima.cendol dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
29-01-2021 20:43
Semua di pajakin sama nih orang
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
29-01-2021 20:55
yang penting harganya ga naek aja..
0 0
0
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
29-01-2021 21:16
Lama2 toilet umum kena pajak
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
29-01-2021 21:51
kalo token listrik rencana aturannya bakal kaya gmn, uda ada bocoran blm?
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
29-01-2021 22:33
Selain itu, PPN yang dikenakan adalah selisih harga jual dan harga nominal pulsa yang dibeli. Misalnya beli pulsa Rp 100 ribu dengan harga Rp 103 ribu, maka yang dikenakan PPN adalah Rp 3 ribu nya.

kan yg di pajakin hanya selisih harganya

emang dikira yg dipajakin itu harga tertera + 10 % ???
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
29-01-2021 22:47
cara menkeu mengakali pendapatan negara.. hehehe
0 0
0
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
29-01-2021 23:41

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati resmi memberlakukan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) bagi penjualan pulsa. Pengenaan pajak ini akan mulai berlaku pada 1 Februari 2021 mendatang.

Ini bunyi siaran pers nya:
Jakarta, 29 Januari 2021 – Menteri Keuangan menerbitkan peraturan untuk memberikan kepastian hukum dan penyederhanaan atas pemungutan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penghasilan (PPh) atas penyerahan pulsa, kartu perdana, token listrik, dan voucer. Perlu ditegaskan bahwa pengenaan pajak (PPN dan PPh) atas penyerahan pulsa/kartu perdana/token listrik/voucer sudah berlaku selama ini, sehingga tidak terdapat jenis dan objek pajak baru.

Wkwkwk
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
29-01-2021 23:56
Quote:Original Posted By adekgantengom
Jingan. emoticon-fuck3


Quote:Original Posted By vikoadi
Kalau pulsa 100000 harganya 99500 di olshop bu mentri ngasih kita pajak nggak?


Quote:Original Posted By Betjanda
Kalau masalah harga menurut saya tak ada pengaruhnya di situ ya," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Jumat (29/1/2021).

emoticon-Smilie

matamu picek coooookk jingan emoticon-Marah

untung gw belinya lewat olshop atau lewat apss jadi agak murah


Quote:Original Posted By Xevu.Pots
Idih, mosok ngitung PPN gitu yah, ya lama dapet duit nya pemerentah


Quote:Original Posted By rajin.meremas
gw dari dulu bilang, sapa suruh milih menkeu alumni beng beng.

semua dipajakin khan.

ujungnya palingan konsumen dibebanin.

emoticon-Leh Uga

fanboynya lenyap semua

emoticon-Belgia

fanboy ga tau kalo yang pinter itu staff ahli, bukan menterinya

emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By suromenggolo
Loh gembar gembor dengan amnesti pajak, negara akan dapet 11 ribu trilyun...mana ?


Quote:Original Posted By jual.parfum.ori
pajak hanya di tingkat distributor
tidak di tingkat konsumen
apakah ini pembodohan publik lagi?
distributor emang mau nanggung selisih pajak utk konsumen?
otomatis di bebankan ke konsumen lah
tapi pemerintah bisa ngeles itu bukan salah mereka, karena yg naikin distributor, mereka berdalih cuma malak sampai di tingkat distributor doank
logika yang aneh, sekaligus menampar kita, karena kita dianggap bodo


Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?

emoticon-Traveller
profile-picture
2pic memberi reputasi
1 0
1
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
30-01-2021 00:44
Mentri keuangan rasa preman kompeni, bisanya malak doang

Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
Diubah oleh wen12691
profile-picture
susutehmanis memberi reputasi
1 0
1
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
30-01-2021 03:11
pulsa dari dulu udah di pajakin kali 🤣🤣
0 0
0
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
30-01-2021 05:43
nyari pajak dari rakyat kecil luar biasa gaes
0 0
0
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
30-01-2021 07:44
Pulsa 100rb, dijual 103rb. Maka yang dikenakan ppn 3rb nya.
Ya benar menurut saya. Karena seharusnya kelas operator resmi di Indonesia pasti sudah PPN semua sejak dahulu kala (era hape jaman dinosaurus). Kalau yang 3rb ya benar dikenakan ppn karena keuntungan dari selisih harga.
0 0
0
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
30-01-2021 10:12
ributin PPN pulsa.. udah dari dulu 20thn lalu pulsa ada PPN 10%

katrok bener
0 0
0
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?
30-01-2021 13:16
Quote:Original Posted By simsol...
Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?

emoticon-Traveller


Sri Mulyani Kenakan Pajak, Harga Pulsa Bakal Naik?

alhamdulillah ya akhi semoga beneran tarif kartu perdana, kuota, pulsa dll. yg di jual kang konter gak di naikin emoticon-Bedug emoticon-Salaman
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia