News
Batal
KATEGORI
link has been copied
251
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60138a979775134f154e1e90/transaksi-dinar-dirham-di-pasar-muamalah-depok-dilaporkan
Jakarta, CNN Indonesia -- Lurah Tanah Baru, Kota Depok Zakky Fauzan melaporkan keberadaan Pasar Muamalah yang bertransaksi menggunakan koin dinar dan dirham. Laporan dibuat ke Kecamatan Beji dan Satpol PP Kota Depok. "Tapi sudah dilaporkan secara berjenjang ke kecamatan dan Satpol PP kota untuk tindakan lebih lanjut," kata Zakky kepada CNNIndonesia.com, Kamis (28/1). Zakky mengaku baru
Lapor Hansip
29-01-2021 11:09

Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan

Jakarta, CNN Indonesia --

Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan

Lurah Tanah Baru, Kota Depok Zakky Fauzan melaporkan keberadaan Pasar Muamalah yang bertransaksi menggunakan koin dinar dan dirham. Laporan dibuat ke Kecamatan Beji dan Satpol PP Kota Depok.
"Tapi sudah dilaporkan secara berjenjang ke kecamatan dan Satpol PP kota untuk tindakan lebih lanjut," kata Zakky kepada CNNIndonesia.com, Kamis (28/1).

Zakky mengaku baru mengetahui informasi tersebut pada Rabu (27/1) lalu. Menurutnya, kepolisian saat ini masih melakukan pendalaman terkait aktivitas di pasar tersebut.

Dia menyebut Pasar Muamalah beroperasi setiap Minggu per dua pekan sekali di Jalan Raya Tanah Baru, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok.
Pasar Muamalah dibuka di sebuah ruko milik seorang warga bernama Zaim (60) dan beroperasi mulai pukul 7.00-11.00 WIB.

Menurutnya, setiap transaksi di pasar tersebut menggunakan koin dinar dan dirham. Pasar tersebut menjual sejumlah barang seperti sendal nabi, parfum, makanan ringan, madu, hingga pakaian.
"Yang saya ketahui untuk proses pembayaran pada transaksi jual beli di Pasar Muamalah dengan menggunakan koin dinar dan dirham," kata Zakky.
Lebih lanjut, Zakky mengatakan bahwa Zaim sempat meminta warga sekitar tak merasa terganggu dengan aktivitas Pasar Muamalah.
"Tadi telah dilakukan pendalaman lebih lanjut oleh intel dari kejaksaan didampingi oleh kasi pemerintahan kelurahan, sementara masih menunggu arahan pihak berwenang," ujarnya.

Sementera Bank Indonesia (BI) menegaskan setiap orang yang tidak menggunakan rupiah dalam bertransaksi dapat dijatuhi sanksi pidana kurungan atau penjara paling lama satu tahun. Selain itu, orang tersebut dibebankan denda maksimal Rp200 juta.
Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menuturkan ketentuan itu tertuang dalam UU Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang.
Ia menuturkan Pasal 21 UU tentang Mata Uang menyebutkan rupiah wajib digunakan dalam setiap transaksi yang mempunyai tujuan pembayaran, penyelesaian kewajiban lainnya yang harus dipenuhi dengan uang, dan transaksi keuangan lainnya.
"Dengan demikian kalau ada transaksi menggunakan denominasi non rupiah melanggar Pasal 21 UU tentang Mata Uang, dengan sanksi pidana kurungan paling lama satu tahun dan pidana denda paling banyak Rp200 juta," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (28/1).
(thr/fra) 


sauce : https://www.cnnindonesia.com/nasiona...pok-dilaporkan

------------------------------------------------------------------------------------------------------
ya akhi ya ukhti setelah kita beli di fasar fake dirham & dinar jangan lufe beli juga rumah di kamfung turki ... niscaya farokah ente2 pade jamaah defok yg makannya selalu fake tangan qhanan

Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan
Diubah oleh kinonotabi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 21 lainnya memberi reputasi
18
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 6
Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan
29-01-2021 16:57
Depok lagi... Depok lagi...

Suram amat emoticon-Leh Uga
0 0
0
Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan
29-01-2021 16:58
Ya ampun. Orang2 itu bodohnya emang kebangetan. Dinar sama Dirham itu adalah mata uang yang dipakai sama orang2 Romawi dan Kekaisaran Sassanid (Persia) dulu. Ketahuan kalau geblek, gak pernah baca buku tentang sejarah agamanya sendiri. Lagian juga pakai mata uang selain mata uang yang berlaku di suatu negara bisa dipidana gila !!!!!. Sama aja kayak buat uang palsu...
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan
29-01-2021 17:12
uda umur 60thn masih aneh2 aja..temabk amti buang mayatnya di yaman sana
0 0
0
Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan
29-01-2021 17:20
Lah iyalah.... Transaksi yg biasa2 ajalah.... Lo tinggal di Indonesia, pakai Rupiah... Begaya2an lu....
0 0
0
Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan
29-01-2021 17:30
dulu dollar sering dipakai di mangga dua. setelah dilarang, transaksi lebih praktis. ga ada komplenan duit lecek segala... emoticon-Hammer2

eh skrg coba jualan pake dinar....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan
29-01-2021 17:32
ya biarkanlah mereka yang bayar pakai dollar juga banyak
0 0
0
Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan
29-01-2021 17:40
Pemuka agama yg menggaungkan pemakaian dirham bs kena pasal g? .

Kan nyeritain dibenua sebelah sana nilai ny skrng sama dgn yg dlu..contoh ny hrg telur..ap domba gt

Di yutub prnh ntn bgtu sih
0 0
0
Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan
29-01-2021 17:43
menuju indonesa yg ke arab2an.. emoticon-Ngakak
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan
29-01-2021 17:48
sebetulnya biarin aja, anggap aja seperti karnaval, beli kupon untuk belinya. nanti juga bosen sendiri.
wong makin kesini uang muternya cuma di angka rekening
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan areszzjay memberi reputasi
2 0
2
Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan
29-01-2021 17:54
Semua transaksi mata uang asing kan mng gak boleh.. Lucunya koruptor sering tertangkap transaksi pake SGD tp hukuman dari UU ini ga pernah dipake
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lukmanrents dan 3 lainnya memberi reputasi
2 2
0
Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan
29-01-2021 18:01
kayaknya udah lama ada yg model gini, pernah diliput juga ama tv berita dulu
0 0
0
Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan
29-01-2021 18:07
agar nasionalis, pancasilais tidak radikal ane mau coba pake yuan
0 0
0
Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan
29-01-2021 18:09
yaa kalo kayak pasar apung yang transaksi pake koin khusus yang dibeli pake rupiah dulu mah sah-sah aja.. toh lakunya cuma di situ doang hehehe emoticon-Shakehand2

jadi repot kan kalo ngotot duit itu dipake transaksi di tempat lain.. belum lagi keasliannya emoticon-Bingung
0 0
0
Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan
29-01-2021 18:10
buat germo/mucikari yang ngebaca ini, pliss kontak ane. ane nyari budak futih mulus. transaksi bisa fake dinar/dirham/riyal, ane siap. fokoknya budak wanita muda yang futih.
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
1 0
1
Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan
29-01-2021 18:14
Arab banget
0 0
0
Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan
29-01-2021 18:49
Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan
profile-picture
lukmanrents memberi reputasi
1 0
1
Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan
29-01-2021 19:08
barter hasil kebun bisa dipidanakan ini karena berarti tidak menggunakan rupiah ?
0 0
0
Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan
29-01-2021 19:12
alhamdulillah, makin dekat indonesia bersyariah, biar halal toyiban. emoticon-Ngakak
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan
29-01-2021 19:15
emoticon-Wakaka

saking pengennya jadi budak
0 0
0
Transaksi Dinar Dirham di Pasar Muamalah Depok Dilaporkan
29-01-2021 19:52
masalahnye, ntu asli ga?
jangan2 koin isi coklat lagi emoticon-Leh Uga
0 0
0
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia