News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
74
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60127b000577a96b516873c1/masya-allah-besok-malam-purnama-lurus-searah-kabah-di-makkah
Tanggal 29 Januari 2021 nanti akan ada fenomena spesial. Di mana saja kita melihat purnama, itu berarti kita tengah menghadap ke arah kiblat. Masya Allah! Hal ini diungkapkan langsung nih, detikers, oleh Kepala Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin. Ia menjelaskan dalam unggahannya di akun Facebook miliknya. "Purnama (fase bulan 100%) besok malam sangat istimewa. P
Lapor Hansip
28-01-2021 15:51

Masya Allah! Besok Malam Purnama Lurus Searah Ka'bah di Makkah

Masya Allah! Besok Malam Purnama Lurus Searah Ka'bah di Makkah


Tanggal 29 Januari 2021 nanti akan ada fenomena spesial. Di mana saja kita melihat purnama, itu berarti kita tengah menghadap ke arah kiblat. Masya Allah!

Hal ini diungkapkan langsung nih, detikers, oleh Kepala Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin. Ia menjelaskan dalam unggahannya di akun Facebook miliknya.

"Purnama (fase bulan 100%) besok malam sangat istimewa. Pada dini hari 29 Januari 2021 pukul 04.43 WIB bulan berada pada posisi kulminasi (di zenit, altitude 90 derajat) di atas Mekkah. Itu artinya, di mana saja kita melihat purnama saat itu berarti kita sedang menghadap ke arah kiblat/ka'bah di Mekkah," tulis Thomas sembari menyertakan sebuah tangkapan layar.

Unggahan Thomas ini pun disambut beragam komentar dari netizen. Kebanyakan merasa kagum dengan fenomena yang akan berlangsung pada dini hari nanti. Banyak juga yang berharap agar cuaca cerah sehingga bisa melihat Bulan dengan jelas.

"Luar biasa, Prof," kata salah seorang warganet.

"Semoga tidak mendung Prof... Terima kasih banyak infonya," sahut yang lainnya.

Tak hanya itu, warganet juga mengaku akan memanfaatkan momen ini untuk mengoreksi arah kiblat di rumah mereka.

"Pas waktu shalat subuh ya Prof. Insya Allah diamati. Juga untuk mengoreksi arah kiblat. Terima kasih infonya," ujar seseorang.

Momen ini merupakan salah satu fenomena yang spesial khususnya bagi umat muslim. Jadi, nanti kalau mau shalat Subuh jangan lupa untuk intip Bulan ya, detikers. Mumpung jarang-jarang, nih.

https://inet.detik.com/science/d-535...240.1579675154


Mantab betul nih gan emoticon-Matabelo


profile-picture
profile-picture
profile-picture
g4zza dan 9 lainnya memberi reputasi
6
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Masya Allah! Besok Malam Purnama Lurus Searah Ka'bah di Makkah
28-01-2021 17:46
sumbernya dikategorikan science njir
emoticon-Ngakak
profile-picture
qavir memberi reputasi
1 0
1
Masya Allah! Besok Malam Purnama Lurus Searah Ka'bah di Makkah
28-01-2021 19:10
Tetep aja bisa beda 1".
Kalo jarak Jakarta - Mekah 7911 km, maka :

Δd = 7911000 m x tan (1/3600)°
Δd ≈ 38 m

Jauh amat distorsinya.

Itu juga pake asumsi bumi datar loh ya... Klo pake acuan bumi bulat ya udah ngawur kemana-mana.

emoticon-Ngakak
Diubah oleh akumidtorc
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yp9nn dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Masya Allah! Besok Malam Purnama Lurus Searah Ka'bah di Makkah
28-01-2021 19:30
semoga bsk cuacanya bagus, jadi bisa lihat dengan indah. jarang jarang fenomena seperti ini.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Masya Allah! Besok Malam Purnama Lurus Searah Ka'bah di Makkah
28-01-2021 20:03
emoticon-Wakaka
0 0
0
Masya Allah! Besok Malam Purnama Lurus Searah Ka'bah di Makkah
28-01-2021 20:09
aer ujan tadi pagi juga lurus kearah genteng rumah aneemoticon-Ngakak
0 0
0
Masya Allah! Besok Malam Purnama Lurus Searah Ka'bah di Makkah
28-01-2021 21:49
oh...
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Masya Allah! Besok Malam Purnama Lurus Searah Ka'bah di Makkah
29-01-2021 05:26
Kalo gw liat bulan purnama, gw takut berubah
0 0
0
Masya Allah! Besok Malam Purnama Lurus Searah Ka'bah di Makkah
29-01-2021 05:34
{thread_title}
0 0
0
Masya Allah! Besok Malam Purnama Lurus Searah Ka'bah di Makkah
29-01-2021 08:12
Bangganya yah .. orang-orang yang namanya agamanya itu penyembah dewa dewi bulan. Wkwkwkwkk
0 0
0
Masya Allah! Besok Malam Purnama Lurus Searah Ka'bah di Makkah
29-01-2021 09:25
Fenomena alam biasa, mabok agama yang membuatnya berbeda
0 0
0
Masya Allah! Besok Malam Purnama Lurus Searah Ka'bah di Makkah
29-01-2021 10:08
Kalo searah gereja blenduk apakah bulan auto kafir ya akhi emoticon-Maaf Agan
0 0
0
Masya Allah! Besok Malam Purnama Lurus Searah Ka'bah di Makkah
29-01-2021 11:08
Kok purnama tanggal 29? Bukannya purnama udah lewat ya? Tgl 27 kemarin?
0 0
0
Masya Allah! Besok Malam Purnama Lurus Searah Ka'bah di Makkah
29-01-2021 11:40
bentar lagi ada yang ngeklaim tanda tanda kiamat hehe
0 0
0
Masya Allah! Besok Malam Purnama Lurus Searah Ka'bah di Makkah
29-01-2021 13:38
kaum cocoklogi penyembah bulan lagi buat thread
0 0
0
Masya Allah! Besok Malam Purnama Lurus Searah Ka'bah di Makkah
17-03-2021 11:54
Luwar biasa sekali, hebat
Belum pernah gw melihat hal setakjub itu.. luwar biasa sekali, sungguh luwar biasa, mencengangkan. Hebat sekali, benar2 momen yang ajaib sepanjang masa, luwar biasa emoticon-Leh Uga
0 0
0
Masya Allah! Besok Malam Purnama Lurus Searah Ka'bah di Makkah
17-03-2021 12:02
Wah martabak Terang bulan bakal rameh nich emoticon-Leh Uga
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia