Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Lihat, Aksi Gurita Merayap Keluar Dari Dalam Plastik Ini Bikin Geli!

istijabahAvatar border
TS
istijabah
Lihat, Aksi Gurita Merayap Keluar Dari Dalam Plastik Ini Bikin Geli!




Assalamualaikum ....

Apa kabar pagi ini? Sudah pada bangun pastinya, ya.

Oia, agan dan sista pasti tahu dan pernah melihat gurita, kan meskipun mungkin hanya melihat gambar atau videonya saja. Hewan yang masih memiliki ikatan dengan cumi-cumi ini rasanya lumayan nikmat saat diolah, tidak jauh berbeda dengan cumi-cumi, sih kalau menurutku.

Gurita adalah makhluk laut yang memiliki senjata tinta untuk mencegah para predator yang hendak memangsanya. Tentakel yang terdapat pada tubuhnya juga berfungsi sebagai senjata karena di bawah lengan-lengan panjangnya itu terdapat cangkir hisap yang kekuatan menghisapnya sangat kuat.


Tentakel atau lengan-lengan yang ada pada tubuhnya itu mempunyai rasa sentuhan yang kuat, sehingga bisa merasakan apa-apa yang disentuhnya.

Ketika laut surut di malam atau siang hari biasanya itu adalah waktu yang tepat memburu gurita. Karena gurita bertempat tinggal di dasar laut di sekitar terumbu karang. Tapi lebih seru berburu pas malam hari, sih.

Musim-musim air laut surut itu kalau di desaku musimnya orang-orang Nyolo (bahasa di daerahku). Nyolo adalah mencari hewan laut seperti gurita, kepiting dan kerang/siput laut di malam atau siang hari ketika air laut surut sampai ke tengah.

Berburu gurita tidak boleh dengan tangan kosong kalau tidak mau terjadi apa-apa. Biasanya kalau di desaku orang-orang yang berburu gurita itu membawa tembakau (tembakau irisan besar yang berwarna hitam) bekas pakai yang direndam dengan sedikit air.

Tembakau yang terendam air itu nantinya akan diperaskan ke dalam lubang/rumah gurita agar gurita mabuk. Saat sudah mabuk gurita akan keluar dengan sendirinya sebelum pingsan. Namun, jika gurita itu besar dia lebih kuat meskipun sudah keluar dia lama yang akan pingsan, dia akan melawan saat diambil dengan melilitkan lengan-lengannya dengan hisapan yang kuat sampai yang dililitnya itu patah.



Seperti pengalaman pamanku dulu saat dia berburu gurita, lengannya pernah dililit oleh gurita saat menarik gurita dari lubangnya, tapi tidak sampai patah, sih cuma lumayan bengkak dan gak bisa bergerak beberapa hari.

Kata pamanku hisapan dan lilitannya sangat kuat, dia bisa terlepas itu karena lengan gurita itu segera dipotongnya dan lengan yang melilit itu segera dibuka paksa. Karena meskipun sudah terpisah dari badannya, lengan gurita itu tetap melilitnya, tapi kekuatannya berkurang.

Saat dimasukkan ke dalam plastik atau ember pun lengan-lengan gurita pun akan tetap merayap, berusaha lepas. Bahkan saat dimasukkan ke dalam toples tertutup pun lengan-lengan gurita itu masih bisa membukanya.



Seperti dalam video yang diunggah Instagram @manaberita ini, di situ terlihat seekor gurita besar yang dibungkus plastik dalam keadaan hidup dan digantungkan di gantungan motor. Lengan-lengan gurita tersebut keluar dari dalam plastik dan merayap di sekitar saku motor.

Spoiler for gurita:


Biasanya kalau yang pernah aku lihat di desaku, untuk membuat gurita tak berdaya orang-orang yang memburunya itu akan membanting hewan berkepala bulat dengan delapan lengan ini dengan cara membantingnya ke pasir. Nah, untuk membantingnya itu yang butuh tenaga, karena hewan ini pasti melawan.

Akan tetapi saat ini sudah ada racun khusus untuk berburu gurita ini, jadi racun itu langsung membuat si gurita keluar dari sarangnya dalam keadaan tak berdaya. Kekuatannya berkurang, tapi rasa sedapnya juga berkurang kalau memakai racun khusus itu, menurutku, sih ya.

Mungkin agan dan sista sudah pernah ada yang merasakan sedapnya olahan gurita ini, tapi pernahkah ada yang mempunyai pengalaman menangkap atau memburunya?

Kalau aku pribadi belum pernah, cuma aku pernah melihat orang yang memburunya saja. Karena selain aku gak kuat pastinya, aku juga gak tahu ciri-ciri lubang atau sarang gurita tersebut. Karena bukan hanya lubang gurita saja yang ada, tapi juga ada sarang hewan laut lainnya yang tinggal di dasar laut. Jadi pemburu harus jeli dan tahu ciri-ciri sarang gurita ini.

Oke sampai di sini dulu thread untuk hari ini, semoga bermanfaat dan selamat pagi, selamat beraktifitas semoga sehat selalu. :terimakasih



@istijabah
Referensi dan sumber gambar: @manaberita

Diubah oleh istijabah 27-01-2021 22:27
Cahayahalimah
tien212700
cor7
cor7 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
175.1K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.