Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
218
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60102df297751342c102c7ed/utang-indonesia-rp-6074-triliun-so-what
Jika mendengar kata "utang" persepsi apakah yang sekiranya muncul di benak teman-teman? Apakah persepsi positif atau negatif? Saya tidak menyalahkan jika ada yang mempunyai persepsi negatif tentang utang mengingat stigma masyarakat mengenai utang ini bisa dibilang masih negatif. Stigma ini muncul bisa jadi karena pengalaman dan cerita-cerita yang beredar baik secara langsung maupun melalui berbaga
Lapor Hansip
26-01-2021 21:57

Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??

Jika mendengar kata "utang" persepsi apakah yang sekiranya muncul di benak teman-teman? Apakah persepsi positif atau negatif? Saya tidak menyalahkan jika ada yang mempunyai persepsi negatif tentang utang mengingat stigma masyarakat mengenai utang ini bisa dibilang masih negatif. Stigma ini muncul bisa jadi karena pengalaman dan cerita-cerita yang beredar baik secara langsung maupun melalui berbagai media mainstream dan online. Bagi yang mempunyai persepsi yang positif mengenai utang saya pastikan sebagian teman-teman di kelompok ini mengetahui bahwa tidak semua utang buruk untuk kondisi keuangan, tergantung kebijakan pengelolaannya seperti apa. Kalau pengelolaan utangnya bagus maka hal itu justru menyehatkan kondisi keuangan tapi kalau sebaliknya ya game over.


Saya dulu kuliah di jurusan Pendidikan Akuntansi. Pernah ketika mata kuliah Akuntansi Perpajakan dosen saya memberikan sebuah nasihat.

Quote:Jika kamu punya anak gadis kemudian anak gadismu dilamar oleh seorang pengusaha maka coba tanyakan kepadanya berapa utang yang dimiliki. Bila dia tidak bisa menyebutkan berapa utangnya atau bilang bahwa perusahaanya tidak mempunyai utang, suruh anak gadismu untuk memutuskan hubungan dengannya karena dia adalah pembohong.


Nasihat tersebut secara tidak langsung menguatkan persamaan dasar akuntansi dimana aset sebuah entitas terdiri dari utang dan ekuitas. Dengan kata lain utang adalah bagian dari aset entitas pelaporan.

Quote:
Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??


Berarti utang Indonesia yang banyak itu termasuk bagian dari aset juga? Jawabannya adalah iya jika mengacu pada persamaan dasar akuntansi diatas. Permasalahannya adalah jumlah utang Indonesia yang banyak itu termasuk wajar atau tidak. Jadi per akhir Bulan Desember 2020 posisi utang Indonesia berada di angka Rp 6.074,56 triliun. Data saya ambil dari laporan APBN Kita Bulan Januari 2021 yang dirilis oleh Kementerian Keuangan, bukan dari portal berita ecek-ecek atau dari sumber lain yang kurang valid. Angka Rp 6.074 triliun ini tentu bukan angka yang kecil apalagi di rekening kita tidak pernah tertulis angka sebanyak itu sehingga ketika mendengar utang Indonesia ribuan triliun langsung pada teriak negara sedang darurat utang. Lalu bagaimana cara mengetahui kewajaran utang Indonesia?


Perlu dipahami bahwa utang sebanyak itu konteksnya adalah untuk sebuah negara yang luasnya 6 kali luas negara Jepang dan jumlah penduduknya terbanyak nomor 4 di dunia. Akan menjadi pandangan yang salah jika mengambil kesimpulan utang Indonesia dalam kondisi gawat namun tidak bisa menunjukkan pembanding yang obyektif. Sebenarnya undang-undang sudah mengatur tentang kewajaran utang negara di UU Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara dimana rasio utang harus tetap terjaga kurang dari 60% dari jumlah Produk Domestik Bruto (PDB). Di dokumen APBN Kita Bulan Januari 2021 pada bagian Pembiayaan Utang disitu dijelaskan bahwa rasio utang pemerintah terhadap PDB adalah 38,68%. Persentasenya masih jauh dari batas yang diamanatkan dalam undang-undang sehingga bisa dikatakan utang Indonesia memang banyak tapi masih dalam koridor yang diatur.

Quote:
Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??


Utang sebanyak itu jangan dikira untuk hal-hal yang tidak produktif lho ya. Presiden dalam setiap pidatonya sudah berkomitmen untuk ngegas pembangunan di semua sektor agar tidak tertinggal dengan negara lain. Aktivitas ngegas yang digagas presiden tentunya membutuhkan biaya yang lebih besar dari biasanya dan sayangnya pendapatan negara yang terdiri dari penerimaan perpajakan, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dan hibah belum cukup menutupi pengeluaran tersebut sehingga defisitlah APBN. Ditambah lagi kondisi pandemi Covid-19 yang sangat memukul perekonomian negara sejak awal tahun 2020 semakin memperparah defisit neraca keuangan. Untuk menutup defisit APBN ini opsi yang paling memungkinkan adalah menambah utang walaupun dengan risiko diserang haters dari kubu sebelah. emoticon-Hammer


Pada akhirnya judul tulisan ini bukan merefleksikan apatisme terhadap kondisi keuangan negara. Ketika saya tahu informasi bahwa utang negara sebesar Rp 6.074 triliun dan saya bilang "so what" itu karena saya mengetahui bahwa hal itu masih dalam batas yang wajar sesuai undang-undang yang seharusnya tidak perlu dibesar-besarkan atau digoreng-goreng sampai gosong. Ungkapan "so what" yang saya pakai juga berfungsi untuk melawan ekspresi lebay sebagian saudara-saudara kita yang mendadak concern terhadap utang negara tapi amnesia terhadap utang tetangga.

Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??

Quote:



Quote:



profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 32 lainnya memberi reputasi
17
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 7
Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??
28-01-2021 00:29
Iya so what, ngapain pusing. Ntar tinggal cekik rakyat pake pajak tinggi, pungutan2 ini itu, asuransi2 wajib yg ga kepake tapi musti bayar.
B4ngs4t lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bigbuncit dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??
28-01-2021 00:29
Pernyataan dan permohonan sederhana ane juga kita rakyat Indonesia, semoga pemerintah kita tetap bisa menjaga stabilitas ekonomi, serta bisa melunasi hutang2 secara bertahap dan pasti, dan juga semoga pandemi cepat berlalu.
0 0
0
Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??
28-01-2021 00:37
........
Diubah oleh bagusjanarko
0 0
0
Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??
28-01-2021 00:40
Yah utang juga buat masyarakat indo, emang yg koruptor warga luar negeri, kan enggak,
emoticon-Bingung emoticon-Bingung
profile-picture
andrerain5 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??
28-01-2021 00:40
jedjak... emoticon-Paw
0 0
0
Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??
28-01-2021 00:56
Gimana cara bayarnya... Dan siapa yg bakal lunasin..
profile-picture
profile-picture
haschwald dan andrerain5 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 24 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 24 balasan
Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??
28-01-2021 01:15
coba rinci ekspor impornya om
biar agak jelas kemana arahnya gk jadi negatip tingking
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??
28-01-2021 01:34
Berapa persen masuk ke kantong pejabat dan kroco2nya? Ngutang boleh asal pengelolaannya bener, ga amburadul.
0 0
0
Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??
28-01-2021 01:38
Bikin kartu anti utang aja min ... emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??
28-01-2021 02:05
Utang indonesia sbnrya bisa lunas asal kita sbg org indo bantu sumbang...

contohnya ya kalau ada keluarga kita sakit, kita ga py uang.. kita bs minta bantuan melalui kitabisa.com dan web sejenisnya lah ya..

dlm hal ini kalau Indonesia buka rekening buat org indo nyumbang baik tuk covid atau buat byr hutang..g ykin mslh keuangan bs slsai walaupun ga cepat ya..

ayo dkung terus indonesia✊
profile-picture
redtardip memberi reputasi
1 0
1
Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??
28-01-2021 02:05
Udh ga ngurus , bodo amat
profile-picture
fragbite memberi reputasi
1 0
1
Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??
28-01-2021 02:13
Yaudah ayok ngutang lagi
0 0
0
Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??
28-01-2021 02:16
Semoga pembangunan infrastruktur duit dri ngutang dapat berfaedah memajukan perekonomian warga negara indonesia...
0 0
0
Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??
28-01-2021 02:30
utang 6000T , apbn 2000T.
so what???
gaji 2jt utang 6jt.
so ???
0 0
0
Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??
28-01-2021 02:45
Hutang dalam pengelolaan negara itu emang sangat wajar, asalkan penggunaan nya yg bermanfaat. Bangun infrastruktur bakalan membuat negara semakin produktif, bangun fasilitas pendukung untuk kawasan industri ataupun lain nya.

Perekonomian semakin produktif otomatis pajak yang di terima oleh negara jg makin bertambah jadi buat yg pesimis sah2 aja. Tapi buat yang udah terjun ke dunia bisnis ngerasa masih wajar kok.

Karena untuk berkembang buat mendapatkan nilai lebih pasti butuh modal. Kalo misal nya nabung2 terus sampe modal terkumpul baru bangun agar tidak punya utang, mo sampe kapan? Trus apakah gak makin ketinggalan dengan negara2 lain?

Kecuali uang utangan nya di pake buat hal2 yang tidak berfaedah. Negara berhutang juga demi kemajuan produktifitas walaupun bukan short term ini mirip2 seperti perusahaan mo expansi pabrik besar2an modal gak cukup ya berhutang terlebih dahulu tp giliran pabrik nya udah jadi dan bisa menghasilkan lebih banyak bakalan lunas juga tuh hutang dan jadi lebih maju kan?
profile-picture
redtardip memberi reputasi
1 0
1
Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??
28-01-2021 03:30
Nyimak ae lah
0 0
0
Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??
28-01-2021 04:11
dulu ada pepatah di kampung awak,kalau kau mau hutang kau lunas sama rentenir...kau bunuh dia nanti hutang kau lunas sendiri.wkwkwk
profile-picture
Helm.Proyek memberi reputasi
1 0
1
Utang Indonesia Rp 6.074 Triliun, So What??
28-01-2021 04:31
sok pusing
yg digaji buat kerjain ini aja
engga peduliemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk

mending goyang kopad kopidemoticon-Leh Uga
nambah bini mudaemoticon-Leh Uga

indon
indon
0 0
0
Halaman 3 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia