• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Kendaraan Listrik Pilihan Bagus Demi Indonesia Lebih Ramah Lingkungan di Masa Depan!

fiapermAvatar border
TS
fiaperm
Kendaraan Listrik Pilihan Bagus Demi Indonesia Lebih Ramah Lingkungan di Masa Depan!


Kendaraan Listrik Pilihan Bagus Demi Indonesia Lebih Ramah Lingkungan di Masa Depan


Assalamualaikum GanSis!


Halo! Di zaman yang semakin maju ini, tentu manusia akan berusaha menciptakan penemuan-penemuan yang menguntungkan sekaligus mengurangi dampak negatif di masa depan. Penemuan itu tidak luput juga dilakukan dalam bidang otomotif. Menurut Ane, otomotif ini penting banget buat dikaji lebih dalam, mengingat efeknya yang luar biasa berpengaruh pada alam sekitar. Dalam hal ini, kendaraan listrik bisa menjadi salah satu solusinya saat ini. Berikut, Ane mau berbagi opini terkait hadirnya atau penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.




Kendaraan listrik adalah kendaraan yang memanfaatkan sumber daya tenaga listrik sebagai asupan energinya. Kendaraan listrik mempunyai beberapa keunggulan dan kelemahan tersendiri. Diantara keunggulan dari kendaraan listrik ialah, ramah terhadap alam sekitar, lebih irit, lebih maju dan aman dengan tingkat kecelakaan minim karena didukung dengan teknologi Intelligent Transport System/ITS atau rem otomatis ketika akan menabrak sesuatu, lebih mudah dirawat karena tak perlu ganti oli dsb, dan lebih praktis serta minimalis karena tak membutuhkan body mobil yang besar sehingga ukuran mobil lebih minimalis dan praktis.




Di samping keunggulan, ada pula kelemahan dari kendaraan listrik ini. Diantara kelemahan tersebut ialah, keterbatasan waktu dan jarak isi ulang karena kendaraan listrik punya kapasitas maksimal berkendara yakni 120 km. Selain itu, kendaraan listrik pun mempunyai kelemahan dalam waktu isi ulang, hal ini bisa diukur saat ingin menempuh jarak 120 km, dibutuhkan paling tidak 6 jam waktu pengisian. Kelemahan berikutnya, kecepatan berkendaranya terbatas sebab mesin milik mobil listrik tidak dapat dioprek, jika saja salah oprek maka dapat berakibat korsleting hingga kebakaran. Lalu, ia juga lebih mahal dalam segi harga kendaraan dan terakhir, belum terlalu familiar di masyarakat sehingga menyebabkan harga kendaraan bekasnya sangat berpengaruh.




Nah, setelah mengetahui info tentang kekurangan dan kelebihan dari kendaraan listrik, tentu GanSis sudah tau sedikit gambaran mengenai jenis teknologi canggih satu ini. Menurut Ane pribadi, selain terdapat beberapa kelemahan dari kendaraan listrik, ada pula kelebihan lain ditinjau dari dampaknya terhadap lingkungan sekitar. Apabila kendaraan listrik ini dipakai di Indonesia, maka otomatis udara pun akan lebih bersih serta bahan bakar dari alam juga akan berkurang pemakaiannya alias tidak bergantung lagi pada sumber bahan bakar alam yang semakin hari kian menipis. Jadi, pemanfaatan teknologi kendaraan listrik ini diharapkan dapat mengurangi efek gas kaca.





Sudah ada beberapa negara yang mendukung adanya teknologi baru ini dengan melakukan pengembangan teknologi kendaraan listrik seperti Negara Malaysia, India, Jepang, Thailand, dan Hongkong. Maka dari itu, melihat dari beberapa negara berkembang maupun maju tersebut, bisa disimpulkan bahwa kendaraan listrik ini sudah memasuki tren model terbaru di masa depan. Dengan menerapkan penggunaan kendaraan listrik, negara juga dapat berhemat karena tidak harus impor BBM dari luar negara. Namun, cukup dengan isi daya listrik yang bahkan dapat dilakukan di rumah masing-masing, kendaraan sudah bisa dipakai untuk beraktivitas.


Sekian pendapat dari Ane tentang kendaraan listrik yang pada intinya bisa diterapkan di Indonesia. Bagaimana menurut Agan Sista? Siapkah Agan Sista beralih ke kendaraan listrik? Tulis pendapat GanSis di kolom komentar di bawah ini ya...


Nama Penulis: Fia Permatasari
Sumber Referensi: Link 1Link 2 Link 3
Diubah oleh fiaperm 26-01-2021 17:16
0
246
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.