• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ternyata Ini Cara Tunanetra Bermain Rubik, Sekarang Terungkap Rahasianya!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Ternyata Ini Cara Tunanetra Bermain Rubik, Sekarang Terungkap Rahasianya!


[ HT# 692 ]

Rubik, benda kubus yang terbagi dalam pecahan yang harus disusun senada dengan warnanya memang tidak mudah bagi orang normal menyelesaikannya terlebih bagi mereka yang terlahir istimewa karena keterbatasan penglihatannya.

Tapi rubik ini istimewa, Gan. Rubik ini bisa dimainkan oleh para tunanetra yang ingin mencoba dan merasakan bermain rubik ini.

Rubik ini secara garis besar terbagi dalam sembilan bagian permukaan terluar, kalau rubik normal dibedakan dengan warna maka rubrik ini di bedakan permukaannya dengan unsur bahan dasar yang berbeda-beda.

Permukaan setiap anak kubus ini memiliki bahan dasar dan permukaan yang terdiri dari dari; kayu, logam, karet, plastik, batu, permukaan tekstil.


Ternyata 3 kelompok bagian anak kubus (Spherical) ini memiliki konsep yang jelas. Anak kubus dari bahan kayu sebagai rasa hangat, anak kubus dari bahan logam untuk sentuhan dingin, anak kubus dari bahan karet untuk sensasi lembut, anak kubus dari bahan plastik untuk sesuatu yang keras datar, anak kubus berbahan dari batu dan permukaan tekstil untuk sensasi sentuhan yang lebih kompleks.


Ke enam permukaan anak kubus yang berbeda menggantikan fungsi Braille ini masing-masing memiliki bahan dan permukaan yang berbeda tentu akan mempermudah pemain tunanetra membedakan dan menyusun balok-balok kecil pada tempatnya yang tepat.

Tentu saja ini menjadi pengalaman dan sensasi baru yang mengasikan buat mereka. Dan bagi mereka tunanetra kini bisa bermain berdampingan dengan orang normal berlomba memainkan rubik dan bisa saja memenangkannya!

Zhiliang Chemembuat "Mod" sebagai rubik yang bersahabat dan ramah bagi tunanetra yang ingin bermain rubik. Meskipun begitu Zhiliang Che tidak serta merta menjualnya ke pasar karena dia sendiri tidak berniat memasarkan buatannya ini untuk di komersilkan.

Entah apa ada di benak Zhiliang Che, padahal buatan dan idenya bisa jadi peluang baru yang menguntungkan baginya. Meskipun begitu menurut saya cepat atau lambat laun dipasaran akan ada rubik semacam "Mod" ini.

Ya, meskipun bukan orisinil buatan Zhiliang Che sendiri tapi buat kita setidaknya ide Zhiliang Che sangat bagus bagi mereka yang ingin mencoba mencari peruntungan dan berguna bagi para tunanetra untuk mengenal permainan rubik ini.

Jadi apakah buatan "Mod' rubik buatan Zhiliang Che benar-benar menarik, sampaikan pendapatmu kawan. Terimakasih.

Referensi. TKPeh!
Img.google img





Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Diubah oleh iskrim 30-01-2021 06:48
indramamoth
Junmai92
tien212700
tien212700 dan 23 lainnya memberi reputasi
22
3.8K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.