• Beranda
  • ...
  • Health
  • Rimpang Ini Digadang-gadang Dapat Mengurangi Mual Saat Hamil Muda. Fakta atau Mitos?

novikikirizkiaAvatar border
TS
novikikirizkia
Rimpang Ini Digadang-gadang Dapat Mengurangi Mual Saat Hamil Muda. Fakta atau Mitos?
Morning Sickness.
Mual di pagi hari saat hamil muda memang sudah menjadi rahasia umum karena adanya perubahan hormon.Mual dan muntah yang dialami di awal kehamilan biasanya disebabkan oleh bau makanan, cuaca panas dan masih banyak lagi.



Mual muntah di awal kehamilan memang cukup mengganggu aktivitas, terutama bagi wanita yang bekerja. Rasa tidak nyaman dan serba salah, apakah mau makan atau tidak. Ketika lambung di isi, tapi terasa semua yang di makan ingin dikeluarkan. Namun disisi lain jika sama sekali tidak makan, makan tubuh akan terasa lemas tak bertenaga.

Lalu, bagaimana solusinya? Bisakah dihilangkan?

Dihilangkan sepenuhnya sepertinya tidak akan bisa, Guys. Karena memang ini efek perubahan hormon di awal kehamilan, tapi masih bisa dikurangi dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki khasiat mengurangi rasa mual pada awal kehamilan. Misalkan dengan mengkonsumsi salah satu jenis rimpang untuk dijadikan minuman.



Rimpang yang digadang-gadangkan bisa mengurangi mual muntah saat kehamilan adalah jahe. Jahe memiliki kandungan senyawa alami gingerol dan shogaol. Menurut hasil penelitian para ahli di bidangnya, kedua senyawa ini bekerja pada reseptor sistem pencernaan dan efektif mempercepat pengosongan lambung, sehingga mengurangi keluhan mual dan muntah pada ibu hamil.

Sebagian besar para ahli mengatakan bahwa dosis yang aman untuk meredakan mual dan muntah adalah 1000-1500 mg. Jika jahe dikonsumsi berlebihan, bisa menyebabkan efek samping lainnya yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Konsumsi jahe yang disarankan adalah 3 gram jahe, atau setara dengan 3 sendok teh jahe perhari untuk mencegah timbulnya nyeri di ulu hati.

Ibu hamil bisa membuat minuman jahe atau lebih dikenal dengan wedang jahe sendiri di rumah. Caranya cukup mudah. Jahe dicuci bersih, lalu direbus dengan air sampai mendidih, bisa ditambah dengan gula aren,teh, madu, jeruk lemon atau lainnya sesuai selera.Atau bisa juga jahe di iris tipis lalu tuangkan air panas ke dalam gelas yang berisi irisan jahe, berikan sedikit gula aren sesuai selera, aduk sampai merata.



Cukup mudah, ya, Guys.

Selain dapat meredakan mual dan muntah pada ibu hamil, ternyata jahe juga memiliki manfaat lain bagi ibu hamil, lho, Guys.

Apa aja, sih?

Jahe dapat membantu mengembalikan nafsu makan, meredakan nyeri otot dan perut, membantu mengatasi dan melancarkan pencernaan, yang terakhir meningkatkan kekebalan tubuh.

Jadi, khasiat jahe dalam meredakan mual dan muntah di awal kehamilan bukan mitos ya, Guys. Karena sudah ada beberapa para ahli yang membuktikannya. Hanya saja, tidak semua ibu hamil suka dengan aroma jahe, atau tidak suka dengan rasa jahe yang pedas, sehingga ada beberapa ibu hamil yang justru menjadi semakin mual karena meminum jahe tersebut.



Tapi, hal ini tidak merubah khasiat di dalam jahe tersebut, secara ilmiah, jahe terbukti dapat meredakan mual dan muntah pada ibu hamil. Meredakan ya, Guys. Bukan menghilangkan, karena ini mual dan muntah memang efek dari perubahan hormon, meskipun tidak semua ibu hamil mengalami Morning Sickness.


Sumber : https://jovee.id/jahe-untuk-ibu-hami...dan-risikonya/
Gambar : Google
dhinyzfrn
fitrijunita
muyasy
muyasy dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.3K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.