uray24Avatar border
TS
uray24
[COC Suka Duka Berburu Badge] Kaleidoskop Hunting Badge 2020 Dalam Balutan Cerita
Assalamualaikum, Salam Sejahtera, Shalom
Om Swastiastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan


Mengawali Tahun 2021 di jagad perkaskusan domestik, Nubie Awam kembali untuk mencoba berpartisipasi dalam event-event Kaskus dengan trit-trit ala kadarnya, dan harap dimaklumi Nubie sendiri merupakan pemain baru di dunia perkaskuskan, istilahnya masih hijau, awam, beginner, amateur, dan yang terendah lah pokoknya, jadi masih meraba-raba seluk beluk berkaskus-ria atau mencoba meramaikannya.

Syahdan pada awal 2020 yang baru berjalan 3 bulan, dunia terhenyak dengan wabah Covid-19 yang awalnya epidemi di daratan RRC sana, berubah menjadi pandemi global yang mengharuskan penerapan protokol kesehatan ketat di berbagai negara yang berimbas pengetatan kegiatan di luar dan optimalisasi WFH, sehingga Nubie pun awalnya menyiasati salah satunya dengan iseng-iseng menjamah dunia Kaskus.

Kebetulan pada saat itu Kaskus ada Event Cendolin yang menurut Nubie waktu itu sangat spektakuler sih karena waktu itu Nubie nggak sengaja ikutan komen malah banyak dihujani cendol bahkan selama event Nubie malah jadi full bar Kulkas Cendolnya, terlebih mulai ada event-event Ramadhan yang berbonus badge dengan persyaratan ikut serta yang cukup mudah didapat bahan atau foto-fotonya.

Spoiler for Event Kaskus Cendolin:

Alkisah jadilah Nubie waktu itu tiba tiba menjadi antusias menunggu setiap event berbadge dari Kaskus baik melalui komen di trit cerita bersambung si Panjul, challenge posting foto berbau Ramadhan, dan berbalas komen di trit bervolume, yang menurut Nubie bisa mengisi waktu luang sembari menunggu bedug atau menunggu Imsyak, meski beberapa event waktu itu deadline nya cukup singkat.

Pasca Lebaran Nubie pun mulai tertarik terus untuk mantengi event-event lain yang berbonus Badge tetapi waktu itu masih terbatas di event-event challenge karena cukup mudah hanya penyertaan foto dan posting, tetapi lama-kelamaan terusik juga untuk mencari tahu dan ikut serta event lain seperti CoC dari Regional yang membahas seluk beluk daerah/provinsi tertentu.

Kini Tahun 2020 telah terlewati dan hari-hari selama kemarin di rumah aja dan WFH sedikit banyak cukup terisi dengan kehadiran event berbadge dari Kaskus sambilan Nubie juga bantu anak belajar daring, dan setelah hampir satu tahun cukup aktif dalam mengikuti event Kaskus berbadge, tidak ada salahnya jika Nubie mencoba mereviu sekaligus kesan dan pesan atas penyelenggaraan Kaskus Badge di 2020.

Spoiler for Motto Kaskus Badge Hunter:

1.  Kesan dan Pandangan

Dari keikutsertaan Nubie mulai event Cendolin 2020, ada kesan yang cukup baik terhadap Kaskus dan Nubie lihat event tersebut membuktikan Kaskus masih banyak peminat walau akun klon atau bukan setidaknya partisipasinya luar biasa waktu itu bahkan Nubie jadi nggak mau ketinggalan setiap volume event terlebih Badge yang turun cukup cepat waktu itu.

Setelah event cendolin, Nubie mencoba ikut serta di event lain tetapi Nubie bukanlah tipikal pemburu Badge militan atau ultras, hanya untuk keluangan waktu terutama dan event yang memang passion-nya cocok dan Nubie bisa mencari bahan tulisan dan dokumentasi, jadi tidak sekedar serampangan ikut serta karena mengejar Badge yang akhirnya rawan mengesampingkan kualitas trit bahkan sekedar copas sumber.

Untuk event CoC Regional menurut Nubie yang paling menarik karena dengan tipikal Nubie berusaha menghadirkan dan menyuguhkan trit yang informatif walaupun sumber tetap dari googling, tetapi Nubie berusaha untuk berbeda karena khawatir jika mengulas makanan/kuliner/oleh-oleh, spot wisata, tempat ibadah, malah akan duplikasi dengan peserta lain atau kesulitan mencari sudut reviu yang berbeda.

Jadi dengan ikut serta Event CoC Regional, akan ada nilai lebih bagi Nubie yaitu terpacu mencari informasi yang berbeda yang mungkin akan sulit terutama pada daerah/provinsi tertentu yang kebanyakan identik dengan makanan dan pariwisata, jadi seperti ada tantangan tersendiri dan disisi lain Nubie juga dapat wawasan atas daerah tersebut terutama jika yang Nubie ulas soal sejarah.

Spoiler for Koleksi Badge Nubie yang Ala Kadar:

2. Kendala dan Hambatan

Terhadap keikutsertaan dalam event Kaskus berbadge, Nubie sendiri kurang setuju dengan tema panitia mengenai "Suka-Duka" karena sudut pandang Nubie dalam hunting badge tidak ada yang namanya Duka karena sekali lagi ini hanya dunia maya tetapi lebih tepat adanya kendala dan hambatan dari peserta terutama Nubie untuk partisipasi dalam event tersebut.

Seperti yang Nubie utarakan di angka 1, tidak semua event berbadge baik CoC atau Challenge bisa Nubie ikuti karena beberapa bukan passion Nubie atau susah untuk menggali informasi karena bukan bidangnya misal waktu event penyanyi Niki, karena Nubie memang awam jadi belum bisa partisipasi, dan beberapa event challenge lain yang memang nubie tidak punya sarana seperti waktu event mobil pribadi.

Selain kendala di atas tentunya keikutsertaan dalam event berbadge lebih kepada waktu luang karena dunia sudah mulai mencoba perimbangan WFO-WFH bahkan ada yang WFO lebih banyak dari WFH sehingga event tertentu misal CoC kadang terkendala pencarian bahan informasi dan bahan tulisan yang disaat bersamaan aktivitas dan rutinitas perkantoran sudah mulai menggeliat.

3.  Badge yang paling berkesan ?

Kembali ke tipikal Nubie yang bukan Badge Hunter jajaran elite (jumlah Badge Nubie semenjana saja di bawah puluhan sepertinya, hehe.), bagi Nubie setiap Badge yang didapat tentunya sangat berkesan apabila kita menikmati proses memperolehnya misal dengan perjuangan mencari literatur dan sumber atau mencoba menyajikan yang berbeda, pastinya hasilnya memberi kepuasan tersendiri.

Akan tetapi jika harus memilih Badge yang paling berkesan sebagai salah satu poin syarat dalam keikutsertaan, Nubie akan coba pilih karena memang Badge Nubie ga seberapa tentu mudah memilih salah satu he.he..dan Nubie paling senang dengan Badge bertema Olahraga karena disatu sisi ada yang berbau keberuntungan, dan disisi lain butuh analisis seperti Tebak Skor.

Spoiler for Badge yang Paling Berkesan:

4. Evaluasi dan Saran Masukan

Dari berbagai event Kaskus berbadge yang pernah Nubie ikuti, kritikan kalaupun ada ya soal kelambatan Badge turun (wajar jika ada tuntutan Hak, he.he..) tetapi saran masukan untuk perbanyak Badge bertema Olahraga misal skor Basket NBA, Badminton, Tennis Grandslam, Tinju sebagai penambah wawasan dan tantangan untuk mencari informasi literatur.

Setidaknya ada apresiasi tertentu untuk peserta yang mencoba menghadirkan sisi penulisan berbeda terutama untuk CoC Regional yang terkadang dijejali trit-trit soal makanan/wisata yang nyaris mirip diantara peserta yang justru menjadi pemenang padahal sumber tersebut cukup banyak tersaji di google, dibanding harus menulis soal olahraga atau sejarah suatu daerah/provinsi yang nggak mudah tentunya, tetapi ini hanya masukan saja bukan untuk mempengaruhi apalagi menggurui pada suhu.

5. Penutup

Demikian cerita Nubie terkait kilas balik keikutsertaan dalam Hunting Badge selama tahun 2020, yang sebenarnya menjadi potensi bagi official Kaskus untuk mengemas dan membuat lebih menarik, karena evaluasi Nubie event berbadge lebih banyak peminat dan malah diisi oleh akun-akun kalem yang bisa menjadi titik balik mengembalikan kepercayaan akun senior untuk partisipasi dan meramaikan.

Karena di era persaingan media sosial yang saling menyuguhkan konten kreatif, tentunya harus membuat Kaskus mencari peluang di bagian mana keunggulan yang bisa dioptimalkan untuk menjaring viewers (bukan malah akun kloningan pembawa Hoaks) dan membuat tertarik kembali para Kaskuser Legendaris, walaupun tidak dipungkiri forum seperti BP, Lounge, dan DebateClub masih penyumbang terbesar.

Setidaknya adanya event Kaskus berbadge terutama penjaringan member Badge hunter membuktikan ada peluang baik yang bisa dikemas dan diramu secara kreatif dan inovatif untuk membuat sisi menarik lain dari Kaskus yang tidak melulu politik dan akun rusuh, tetapi lebih kepada event yang merangsang pesertanya tertantang menyuguhkan yang terbaik dan diganjar dengan yang terbaik pula seyogianya.

Spoiler for Penutup:

Tak lupa apresasi dan terima kasih atas kinerja panitia event Kaskus berbadge yang pernah memberikan Nubie kepercayaan merasakan podium juara, mudah-mudahan bisa memotivasi Nubie dan juga peserta lainnya untuk menyuguhkan trit berkualitas, dan kiranya dengan Event Kaskus Badge Hunter bisa menjadi salah satu momen untuk Make Kaskus Great Again.

Terima Kasih dan mohon maaf atas kesalahan dan gaya penulisan Nubie yang kurang berkenan, serta Salam Sehat Selalu Untuk Kita Semua.

s3r4hf3
Papa.T.Bob
evywahyuni
evywahyuni dan 8 lainnya memberi reputasi
9
425
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kaskus Badge Hunter
Kaskus Badge Hunter
349Thread965Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.