Zeroo236Avatar border
TS
Zeroo236
MENGENAL DE JAVU DAN PENYEBABNYA!!!


Haloo agan-agan semua. Balik lagi dengan ane zeroo236. Pada thread kali ini ane ingin membahas suatu hal yang umum. Apakah hal tersebut?? Sesuai judul yang ane angkat, ane akan membahas tentang de javu dan penyebab terjadinya. De javu merupakan sensasi luar biasa kuat ketika agan-agan pernah merasakan mengalami hal tersebut, seolah-olah hal tersebut sudah pernah dilihat/dialami sebelumnya. Contohnya seperti ketika agan-agan menjelajahi suatu tempat tetapi agan-agan seolah-olah merasa pernah menyusuri tempat tersebut bahkan merasa pohon dan jalan di tempat tersebut terasa familiar.

P E N Y E B A B

Terkait penyebab de javu, sudah banyak teori-teori dari para ahli bermunculan. Berikut beberapa teori yang mungkin bisa diterima terkait de javu

1. Teori Split Perception


Teori split perception adalah keadaan dimana agan-agan melihat sesuatu pada dua waktu yang berbeda. Teori split perception terjadi ketika pikiran kita sedang terganggu dan tidak dapat berkonsentrasi secara penuh terhadap suatu peristiwa. Dengan kata lain ketika konsentrasi terganggu maka bisa menyebabkan terjadinya efek de javu.

2. Teori Memory Recall


Banyak para ahli percaya bahwa de javu ada hubungannya dengan agan-agan memproses dan mengingat ingatan. Penelitian yang dilakukan oleh anne cleary melalui karyanya dia menemukan bukti yang menunjukan bahwa de javu dapat terjadi sebagai respon terhadap peristiwa yang pernah agan-agan alami tetapi tidak di ingat, mungkin itu terjadi jauh di masa lalu agan-agan sekalian. Meskipun agan tidak bisa mengakses ingatan itu, otak agan masih tahu agan pernah mengalami peristiwa yang sama.

3. Teori Malfungsi Sirkuit Otak Minor


Teori ini menyatakan bahwa de javu terjadi ketika otak agan-agan sekalian mengalami gangguan dan mengalami kerusakan listrik singkat layaknya serangan epilepsi. Malfungsi ini bisa terjadi sebagai semacam campur aduk antara bagian otak yang melacak peristiwa saat ini dan bagian otak yang mengingat ingatan.


Sumber
Gambar : Google Images
Tulisan : https://www.healthline.com/health/me...deja-vu#causes


Anonytuneee305
Herbalcovid24
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.