cintadine
TS
cintadine
7 Anime Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Naruto Tidak Termasuk
Selamat datang kembali di thread ane gan. Dalam thread ini ane akan kembali membahas tentang anime.

Apa anime yang sangat populer di jaman sekarang? Jawabannya ada Attack on Titan, Demon Slayer, Boruto, Food Wars, Boku no Hero Academia, dll. Di setiap era pasti selalu saja ada anime yang memiliki popularitas yang sangat tinggi dan mendunia. Sejarah industri anime dan manga di Jepang sudah berjalan puluhan tahun dan serang masih tetap berjaya.

Tapi tahukah agan dari sekian banyak anime yang telah ada beberapa di antaranya adalah anime yang paling berpengaruh dan membawa impact yang cukup besar setelahnya. Nah, langsung saja ini dia pembahasan singkat tentang deretan anime paling berpengaruh sepanjang masa.

1. Astro Boy (1963)

Astro Boy sebenarnya bukanlah anime pertama di dunia karena sejak 1917 anime sudah ada di Jepang. Akan tetapi Astro Boy adalah anime pertama yang benar-benar digarap secara serius dan mendapatkan kesuksesan yang luar biasa. Manganya dibuat oleh Osamu Tezuka pada 1952, Ozamu Tezuka sendiri dikenal sebagai Bapak Manga atau Godfather of Manga karena kontribusi dan pengaruhnya atas gaya penggambaran manga yang masih dipakai hingga sekarang.

Astro Boy berlatar di tahun 2000 di mana terdapat Kota Futuristik. Di sana seorang ilmuwan bernama Dr.Tenma berhasil membuat robot penjaga perdamaian bernama Atom. Wujud Atom sangat mirip dengan anak Dr. Tenma yang sudah tiada.

2. Mobile Suit Gundam (1979)

Pengaruh anime ini adalah turut mempopulerkan genre mecha yang setelahnya menjadi sangat populer. Bukan hanya itu, anime ini juga berhasil menciptakan budaya populer yang terus ada hingga sekarang. Hobi rakit Gundam plastik mungkin tidak akan ada jika Mobile Suit Gundam tidak pernah dibuat. Selain itu Gundam seolah menjadi kultur yang mendarah daging di Jepang. Terbukti, dengan dibuatnya figur Gundam dengan skala 1:1 di Jepang.

3. Dragon Ball

Ya, tentu saja. Inilah anime yang pertama kali mencapai popularitas dalam skala dunia dan menginvasi barat. Akira Toriyama selaku pengarang Dragon Ball juga didaulat sebagai salah satu mangaka legendaris dengan ciri khas gambarnya dan jelas mempengaruhi mangaka shounen lainnya. Salah satu yang terpengaruh oleh Dragon Ball tentu saja adalah Masashi Kishimoto dengan karyanya, Naruto. Perlu diketahui, Masashi adalah penggemar berat Dragon Ball. Tidak heran jika dirinya menyebut Dragon Ball sebagai salah satu inspirasi saat membuat Naruto.

4. Sailor Moon

Jika membicarakan mangaka perempuan, mungkin yang paling terkenal adalah Naoko Takeuchi yang merupakan kreator dari Sailor Moon. Pengaruhnya sudah jelas, Sailor Moon adalah pionir dari magical girl dan anime shoujo pertama yang mampu mendunia. Ya, Sailor Moon sebenarnya ditujukan untuk remaja perempuan tapi pada kenyataannya anime ini disukai oleh semua kalangan. Pengaruhnya sebagai anime magical girl dirasa cukup besar. Setelahnya bermunculan magical girl dengan gaya dan nuansa yang sama.

5. Neon Genesis Evangelion

Anime dan manga Hideaki Anno ini adalah salah satu anime yang cukup kontroversial. Anime juga adalah salah satu anime pertama yang berani menghadirkan tema dan cerita yang tidak biasa. Awalnya mungkin hanya anime mecha biasa, tapi lama kelamaan anime ini alurnya jadi "aneh" dan penuh filosofi. Evengelion dengan nyeleneh menghadirkan tokoh protagonis yang pesimis, pengecut, dan tidak percaya diri.

6. Spirited Away

Apa film Studio Ghibli yang paling sukses? Tentu saja adalah Spirited Away yang tayang pertama kali pada 2001 silam. Pengaruh dari film anime karya Hayao Miyazaki ini adalah mampu memenangkan Piala Oscar. Ya, Spirited Away meraih penghargaan Academy Awards 2002 untuk kategori Film Animasi Terbaik. Film ini menyajikan kualitas animasi yang sangat halus di masanya. Memang, ada banyak karya Hayao Miyazaki lainnya, tapi Spirited Away memang yang paling berpengaruh.

7. Akira

Di Indonesia mungkin film anime ini kurang terkenal sebagai anime mainstream. Tapi Akira adalah anime dan manga yang cukup berpengaruh di Jepang dan juga di Amerika serta negara lainnya. Anime dan manga karya Katsuhiro Otomo ini disukai oleh beberapa sineas film dan juga mangaka lainnya. Film Akira sendiri adalah film yang bertemakan fiksi ilmiah berlatar Cyberpunk di tempat bernama Neo Tokyo dan penuh dengan angka kriminalitas yang tinggi.

Gimana gan, menurut agan? emoticon-Ngakak

Quote:
sunshii32ElviHusnatien212700
tien212700 dan 40 lainnya memberi reputasi
41
17.3K
426
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga Haven
icon
6.5KThread8.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.