GuinesshaAvatar border
TS
Guinessha
Ternyata Darah Hewan Ini Penting Banget Dalam Pembuatan Vaksin!
emoticon-Hot NewsYukk Simakk...

emoticon-HaiHallo agan semua kali ini gue bakalan bahas mengenai hewan yang sangat penting saat ini. Darah yang dihasilkan oleh hewan ini dapat digunakan dalam pembuatan vaksin yang sangat diperlukan saat ini. So, kalau penasaran langsung saja kita bahas.

Kepiting tapal kuda lebih tua dari dinosaurus. Mereka telah ada selama 450 juta tahun, yang berarti mereka menyaksikan naik turunnya jutaan spesies lain dan bertahan dari zaman es.

Selain menjadi fosil hidup yang luar biasa, mereka juga membantu sebagian besar dari kita tetap hidup. Jika Aganpernah mendapatkan vaksin, kemungkinan besar vaksin itu diuji keamanannya dengan menggunakan darah kepiting tapal kuda. Mereka akan menyelamatkan lebih banyak nyawa, karena mereka memainkan peran mereka dalam pembuatan injeksi vaksin.


Darah kepiting tapal kuda berwarna biru cerah. Ini mengandung sel-sel kekebalan penting yang sangat sensitif terhadap bakteri beracun. Ketika sel-sel itu bertemu dengan bakteri yang menyerang, mereka menggumpal di sekitarnya dan melindungi seluruh tubuh kepiting tapal kuda dari racun.

Para ilmuwan menggunakan sel darah pintar ini untuk mengembangkan tes yang disebut Limulus Amebocyte Lysate atau LAL, yang memeriksa vaksin baru untuk kontaminasi. Teknik ini telah digunakan di seluruh dunia sejak tahun 1970-an untuk menghentikan para profesional medis memberikan suntikan penuh bakteri jahat yang dapat membuat manusia sakit parah.  

Ada empat spesies kepiting tapal kuda. Tiga di antaranya hidup di Asia, di sekitar pantai India, Vietnam, Cina, Kalimantan, dan Jepang bagian selatan. Ini adalah kepiting tapal kuda tulang belakang (Tachypleus tridentatus), kepiting tapal kuda pesisir (Tachypleus gigas) dan kepiting tapal kuda bakau (Carcinoscorpius rotundicauda).Yang keempat adalah kepiting tapal kuda Amerika (Limulus polyphemus) yang hidup di sepanjang pantai timur Amerika Utara, dengan jumlah yang sangat besar pergi ke pantai Teluk Delaware untuk kimpoi setiap tahun.


Kepiting ini mungkin terlihat prasejarah, tetapi mereka melakukan tugas penting dalam mendukung hewan lain di sekitarnya telur mereka adalah makanan ringan bergizi untuk burung yang bermigrasi. Mereka juga baik untuk nelayan karena membantu menjaga sedimen di sekitar garis pantai tetap sehat.

Tapi hidup berdampingan dengan manusia bisa jadi sulit bagi kepiting tapal kuda. Mereka sering digunakan sebagai umpan memancing. Di Asia, mereka juga dirugikan oleh polusi, kenaikan permukaan laut, dan pekerjaan pembangunan.Beberapa meninggal setelah berdarah untuk pengujian medis, meskipun tidak tahu berapa banyak. Ditambah lagi, banyak yang mati karena terdampar terbalik di pantai setelah datang ke darat untuk kimpoi.

 

Kepiting tapal kuda Amerika tidak dianggap terancam punah dan jumlah kepiting yang ditangkap dipantau.Regulator dan produsen Amerika juga membuat panduan tentang cara mengurangi jumlah kepiting yang mati selama proses pendarahan, yang sangat membantu. Beberapa populasi kepiting kini meningkat, meski yang lain masih berjuang.

Beberapa perusahaan obat telah memulai program keberlanjutan yang menyelamatkan telur dari kepiting yang ditangkap untuk dijadikan umpan. Telur dibuahi, dibesarkan di tempat penetasan dan dilepaskan kembali ke laut untuk mencoba menjaga agar jumlah populasi tetap stabil.

Nah, gimana menurut agan semua?. Alam memainkan peran besar dalam obat-obatan yang kita andalkan setiap hari. Dan dalam hal vaksin, kitamemiliki kepiting tapal kuda dan darah mereka untuk berterima kasih karena telah menjaga kita tetap aman. Sekian thread kali ini semoga bermanfaat dan menghibur agan semua.

Sumber Referensi : Pribadi & Disini, Disini

Sumber Gambar : Google Image

emoticon-2 Jempol

Terimakasih Udah Pada Baca

 

 


indramamoth
kipek
tien212700
tien212700 dan 39 lainnya memberi reputasi
40
25.1K
164
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.