bukaninfobiasaAvatar border
TS
bukaninfobiasa
136 Perusahaan Asing Siap Relokasi Ke RI


PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) telah menyiapkan diri untuk menerima investor asing yang bakal melakukan relokasi di tahun ini.

Sekretaris Perusahaan KIJA, Muljadi Suganda, menjelaskan kesiapan infrastruktur dan lahan yang dimiliki Jababeka siap menampung para investor tersebut sehingga dapat diharapkan memberikan pertumbuhan penjualan khususnya di tengah pandemi Covid-19.

"Saat ini, sudah ada beberapa investor yang berminat investasi baik di Cikarang maupun Kendal dan masih melakukan komunikasi. Namun kami belum dapat menyampaikan nilai dan jumlah investornya," jelas Muljadi

Seperti diketahui, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengumumkan ada sekitar 136 perusahaan yang akan melakukan relokasi investasi di Indonesia.
Diketahui ada sebanyak 14 perusahaan masuk dalam daftar perusahaan yang memiliki intensi relokasi senilai US$ 19,68 miliar dan sisanya sebanyak 122 masuk dalam daftar perusahaan potensial dengan nilai investasi US$ 40,5 miliar.

Investor ini berasal dari Amerika Serikat (AS), Taiwan, Korea Selatan, Jepang dan Hongkong.

Muljadi menambahkan, Kawasan Industri Jababeka merupakan kawasan yang sudah sangat matang (matured) dengan faktor-faktor utama yang dibutuhkan oleh industri telah dimiliki Jababeka seperti infrastruktur yang berkualitas internasional termasuk kehandalan tenaga listrik dan pelayanan Cikarang Dry Port yang dapat mendukung layanan logistik lebih efisien dan kompetitif.

Kemudian juga fasilitas kawasan yang lengkap serta dukungan existing tenant lebih dari 30 mancanegara baik skala UMKM dan besar seperti Unilever, Loreal, Nissan, Samsung, dan Komatsu yang saat ini terus melakukan ekspansi di Kawasan Industri Jababeka. Hal ini diyakini akan menarik investor asing termasuk dari China, AS, Eropa, Taiwan, Jepang dan Korea.

"Selama ini, banyak perusahaan multinasional yang telah menjadikan Jababeka sebagai salah satu pilihan utama untuk berinvestasi," imbuhnya.

Selain itu, Jababeka mempunyai Pelayanan One Stop service untuk Investor baru maupun existing tenant dalam hal investasi.

Demikian halnya, Kawasan Industri Kendal (KIK) yang merupakan usaha patungan antara Jababeka dan Sembcorp yang berlokasi di Jawa Tengah dengan lokasi yang strategis dan akses yang berada di tengah pulau Jawa serta biaya tenaga kerja yang kompetitif menjadikannya sebagai pilihan investasi yang merupakan padat karya.

Selain itu, ditetapkannya KIK sebagai Kawasan Ekonomi Khusus yang memberikan insentif bagi perusahaan yang berorientasi ekspor menambah daya tarik bagi investor asing untuk menanamkan investasinya di Kendal. Sudah lebih dari 60 tenant yang bergabung di KIK sampai dengan saat ini dan mereka juga berasal dari manca negara.

Adapun saat ini jumlah ketersediaan lahan milik KIJA mencapai 5.085 hektar (ha) yang tersebar di Cikarang, Kendal, Tanjung Lesung dan Morotai.
Lebih lanjut, Muljadi menjelaskan realisasi pendapatan pra-penjualan (marketing sales) di semester II-2020 sudah hampir mendekat level penjualan dalam kondisi normal.

Namun untuk realisasinya, Muljadi belum dampat menyampaikan. Melihat kondisi tersebut, KIJA optimistis marketing sales di tahun ini akan lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

Didukung oleh perbaikan kinerja pada semester II-2020, pertumbuhan ekonomi 2021 yang lebih baik, pelaksanaan vaksinasi dan dampak dari omnibus law.

Sama halnya dengan target marketing sales 2021, KIJA juga belum dapat menyampaikan guidance 2021. Namun sebagai gambaran, dalam kondisi normal KIJA mengalokasikan belanja modal alias capital expenditure (capex) untuk akuisisi lahan sekitar Rp 300 miliar. "Dan untuk tahun ini tentunya akan lebih kecil dari itu," jelasnya.

Sumber dana capex untuk akuisisi lahan berasal dari kas internal dan sifatnya diskresioner tergantung dari kebutuhan dan ketersediaan kas.


investasi.kontan.co.id
0
427
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.