• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kisah Pilu Blanche Monnier Gadis Cantik dan Sosialita yang Terkurung Selama 25 Tahun

hvzalf
TS
hvzalf 
Kisah Pilu Blanche Monnier Gadis Cantik dan Sosialita yang Terkurung Selama 25 Tahun


gambar

Cinta merupakan sebuah perasaan yang diciptakan untuk membuat manusia agar hidup saling memberikan kasih sayang dan ketenangan. Namun, terkadang juga cinta membuat orang tak bisa lagi berpikir jernih hingga perbuatannya dapat merugikan orang lain. Berapa banyak kasus kriminal yang terjadi karena persoalan cinta. Nyawa pun kadang seolah tak berharga sebab kecemburuan yang dilandasi atas nama cinta. Atau mereka yang rela memberikan kehormatannya demi cinta. Maka dari itu, perasaan cinta itu mesti diarahkan kepada hal-hal yang baik, jangan sampai berujung sebuah penyesalan.

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya mendapatkan jodoh yang baik, mencintai tidak hanya kepada sang anak saja namun juga kepada keluarga. Maka tak heran jika ada orangtua yang benar-benar posesif untuk urusan jodoh. Karena tentu mereka tak ingin buah hatinya mendapatkan pasangan hidup yang jauh dari kriterianya. Namun, di satu sisi ada juga orangtua yang masih berpikir tentang bahwa menikah juga dilihat dari segi strata sosialnya. Jika sang anak kedapatan mencintai lawan jenis yang tak sepadan dari segi sosial maka tanpa ampun mereka langsung menolak. Tradisi semacam ini nampaknya masih berlaku hingga sekarang.



gambar

Pada tahun 1874, seorang wanita cantik bernama Blanche Monnier asal Prancis harus mengalami peristiwa tragis karena mencintai seorang laki-laki dengan strata sosial rendah. Sedangkan di satu sisi, ia merupakan keturunan bangsawan yang sangat dihormati di tanah kelahirannya Poitiers. Perasaan cinta Blanche rupanya tak main-main, ia bahkan bersedia menikah dengan kekasihnya tersebut. Keputusan itu sontak langsung ditentang oleh sang ibu Louise Monnier. Pasalnya laki-laki yang dicintai oleh putrinya merupakan pengacara tua dan tak memiliki banyak uang.

Madam Monnier coba membujuk anak kesayangannya itu, namun perasaan cinta yang sudah tumbuh di dalam hati Blanche tak mengubah keputusannya untuk terus merajut hubungan dengan sang kekasih. Merasa putus asa, sang ibu langsung mengunci anak gadisnya itu di sebuah ruangan kecil dan pengap, tujuannya hanya satu agar darah dagingnya tersebut berubah pikiran. Namun, nampaknya rasa cinta kepada sang kekasih sudah tumbuh kuat. Hingga hukuman yang diberikan oleh ibunya masih tak mengubah keputusannya.



gambar

Sejak peristiwa itu, Madam Monnier berpura-pura berduka akan kehilangan sang putri. Hingga seiring berjalannya waktu, ia pun dilupakan dari kehidupan di kota Paris. Kemudian pada tahun 1885, kekasih Blanche meninggal dunia. Sementara di balik kamar gelap, nasib gadis cantik itu semakin memprihatinkan. Di tahun 1901 Jaksa Agung di Prancis menerima sebuah surat dari orang yang tak dikenal. Isi dari catatan tersebut menginformasikan bahwa ia menemukan seorang perawan tua yang hidup di dalam ruang gelap rumah Madam Monnier dalam keadaan kurus dan tak terurus.

Surat tersebut mengejutkan Jaksa Agung, bersama polisi mereka langsung menuju tempat di mana Blanche dikurung. Dan benar saja mereka mendapati seorang wanita kurus dalam keadaan tak berbusana sedang berbaring di atas kasur jerami. Di sekitarnya terdapat kerak bekas kotoran, dading, sayuran, serta roti busuk hingga menimbulkan bau yang sangat menyengat. Ketika ditemukan berat badan Blanche hanya sekitar 23-25 kg saja. Setelah penyekapan itu terbongkar, ibu Blanche ditangkap bersama pamannya. Namun, Madam Monnaire meninggal ketika harus jatuh sakit 15 hari sesudah penangkapan. Sementara sang paman yang juga turut andil atas peristiwa tersebut sempat dipenjara walau akhirnya dibebaskan karena bandingnya diterima pengadilan.



gambar

Keadaan Blanche Monnier sendiri setelah keluar dari penyekapan tersebut, ia mengalami gangguan mental dan dipindahkan di rumah sakit jiwa. Pada tahun 1913, Blanche menghembuskan napas terakhirnya.

Sumber :

1
latte~indramamothtien212700
tien212700 dan 46 lainnya memberi reputasi
45
21K
147
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.