izhmashtomoeAvatar border
TS
izhmashtomoe
Patung Lenin. Tersebar dimana-mana dan membawa banyak kontroversi


Monumen Lenin di Kolkata, India


Vladimir Lenin adalah salah satu tokoh revolusioner yang paling terkenal di seluruh dunia. Saking terkenalnya, dia memiliki banyak sekali patung untuk menghormati jasanya. Bahkan setelah Uni Soviet runtuh. Patung Lenin masih tersebar di seluruh dunia, termasuk di Antartika. Lantas mengapa orang-orang membuat banyak sekali patung Lenin? 

Lenin adalah salah satu tokoh penting dalam sejarah Revolusi Rusia. Dia dan bersama Kaum Bolshevik lainnya melengserkan pemerintahan Tsar dan mengganti ideologi negara menjadi komunis. Wajar saja sih jika Lenin dibuatkan patung sebagai tanda menghargai jasanya. 

Sebenarnya, tidak hanya Lenin yang memiliki banyak sekali patung untuk mengenang jasanya. Stalin juga memiliki banyak sekali patung yang dibuat untuk mengenangnya. 

Walaupun begitu, patung Lenin lah yang paling terkenal karena hampir di seluruh dunia kita bisa melihat patung Tokoh Bolshevik ini. 

Patung ini tersebar luas di negara yang dulunya adalah negara boneka Soviet, dan negara bagian Soviet. Beberapa patung Lenin juga bisa ditemukan di negara blok NATO.

Seperti contoh, di Inggris terdapat sebuah Monumen Lenin untuk menghargai aliansi mereka dengan Soviet untuk melawan Nazi Jerman. Namun monumen ini disimpan di Museum Islington supaya tidak dihancurkan. 



Monumen Lenin di Inggris untuk menghargai aliansi antara inggris dan soviet


Di Antartika, terdapat Monumen Lenin yang terbuat dari plastik yang terletak di titik terpencil yang terletak di Antartika. Singkatnya, ada beberapa peneliti asal Soviet pada tahun 1958 memasang patung tersebut di tempat tersebut. Sejak 2014, patung tersebut telah dikunjungi selama kurang lebih 5 kali. 



Monumen Lenin di stasiun titik terpencil milik Uni Soviet


Di Amerika Serikat, terdapat sebuah Patung Lenin yang terletak di Seattle, Washington. Patung ini dibawa oleh seseorang berkebangsaan Amerika. Dia berencana meletakkan patung ini didepan restorannya. Namun dia meninggal sebelum memamerkan patungnya itu. Kemudian, seseorang bernama Peter Brevis membawa Patung tersebut ke Fremont. Dimana dia dipamerkan di tempat tersebut. Patung tersebut menjadi target vandalisme warga setempat. Bahkan menimbulkan beberapa kontroversi dikalangan para pejabat. 



Patung Lenin di Seattle, Amerika Serikat


Ukraina adalah salah satu negara yang mengambil serius patung-patung ini. Sejak runtuhnya Uni Soviet, Ukraina seringkali meruntuhkan patung ini. Penghancuran Patung Lenin terjadi dalam 4 bagian. Pada 1990, lebih dari 2000 Patung Lenin dihancurkan di Galicia dan Volyn. Pada pergantian tahun dari 1990-2000, lebih dari 600 Patung Lenin dihancurkan di daerah barat dan perkotaan. Tahun 2005-2008, lebih dari 600 patung dihancurkan di daerah perkotaan. Dan pada tahun 2013-2014, 552 patung telah dihancurkan. Salah satu patung yang memiliki tinggi 19,8 meter dihancurkan di Zaprizhia. Setelah itu pada tanggal 28 September 2014, salah satu monumen dengan tinggi 20,2 meter dirubuhkan di Kharkiv. 



Patung Lenin yang dijatuhkan di Khmelnytskyi


Sejak tahun 1991, Ukraina memiliki 5500 Patung Lenin. Namun, pada November 2015 sekitar 1300 Patung Lenin masih berdiri di Ukraina. Langkah ini dilakukan Ukraina dalam menghapus ideologi komunis di negaranya. Beberapa Patung Lenin masih berdiri di Ukraina. Seperti dua Patung Lenin di Chernobyl.

Lenin adalah salah satu tokoh penting dalam penyebaran ideologi komunisme. Dia dan bersama tokoh lainnya dikenang di berbagai negara komunis. Tak heran jika orang-orang berlomba membuat Patung Lenin untuk menghormati jasanya dalam menyebarkan ideologi komunis.

sekian, wassalammualaikum wr wb

yusuf2210
go.gone
indramamoth
indramamoth dan 23 lainnya memberi reputasi
24
6.3K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.