wismanganAvatar border
TS
wismangan
Penanganan Banjir Jakarta Dinilai Baik, Tapi Warga Tetap Harus Waspada
Pemerinrah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meminta warga untuk waspada saat memasuki musim penghujan. Potensi banjir bisa saja terjadi, untuk itu warga diharapkan bersiap menghadapi kemungkinan terjadi musibah tersebut.

Kendati begitu, sejumlah kalangan menilai penanganan masalah banjir di Jakarta tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Aktivis Betawi Muhidin Muhtar, mengapresiasi penanganan masalah banjir di Jakarta di era Gubernur Anies Baswedan.

"Kita harus bersyukur penanganan masalah banjir di Jakarta tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, terbukti tidak terjadi banjir besar di Jakarta pada tahun ini. Kita terkejut ketika kemarin terjadi bencana banjir bandang di kawasan Puncak, Jawa Barat. Semua cemas arus air akan sampai ke Jakarta, setidaknya ke Bendungan Katulampa, tapi syukur Alhamdulillah itu tidak terjadi," ujarnya di Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Pria asli Tanah Abang ini mempunyai beberapa catatan penting dari penanganan masalah banjir yang dilakukan oleh dinas sumber daya air (SDA) Jakarta beserta seluruh jajarannya.

Pertama, lanjut Muhidin, di musim kering dinas SDA bersiap diri menghadapi musim hujan dengan penggerukan atau pendalaman kali atau sungai.

Kedua, pengecekan rumah pompa dan penambahan rumah pompa di kawasan rawan banjir.

Yang ketiga, normalisasi sungai dan pembuatan turap di beberapa sungai di Jakarta serta pembebasan lahan untuk normalisasi sungai di kali Jatikramat, Ciliwung, kali Angke dan kali Pesanggrahan.

"Keempat pembuatan sumur resepan, revitalisasi waduk atau embung/ folder. Kelima, pembangunan dan pembebasan lahan untuk waduk, seperti waduk Brigif, waduk Pondok Rangon serta revitalisasi danau Sunter," ujarnya.

Muhidin berharap, Dinas SDA dan seluruh jajarannya harus siap dengan segala resiko terburuk dengan program penanggulangan banjir yang tepat sasaran serta kesigapan seluruh jajarannya dengan satgas banjir serta perangkat tehnis yang lain.

"Untuk itu saya memberikan aspresiasi yang baik untuk jajaran dinas SDA mulai dari kepala dinas, kepala suku dinas, sampai ke satgas banjir dimasing-masing wilayah," tegasnya.

https://m.harianterbit.com/read/1275...-Harus-Waspada

Alhamdulillah ya akhi
0
713
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.