News
Batal
KATEGORI
link has been copied
509
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600a7d3110d295021e688e71/viral-video-siswi-non-muslim-smkn-2-padang-dipaksa-pakai-jilbab
Ilustrasi siswi SMK Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab POJOKSATU.id, JAKARTA – Media sosial digemparkan dengan cerita viral siswi non muslim SMKN 2 Padang yang dipaksa untuk memakai jilbab. Kisah ini pertama kali diunggah pemilik akun Elianu Hia, Kamis (21/1/2021). Sang pemilik akun mengunggah video siaran langsung saat orang tua dipanggil pihak sekolah. “Lagi di
Lapor Hansip
22-01-2021 14:22

Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab

Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
Ilustrasi siswi SMK Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab


POJOKSATU.id, JAKARTA – Media sosial digemparkan dengan cerita viral siswi non muslim SMKN 2 Padang yang dipaksa untuk memakai jilbab.

Kisah ini pertama kali diunggah pemilik akun Elianu Hia, Kamis (21/1/2021).

Sang pemilik akun mengunggah video siaran langsung saat orang tua dipanggil pihak sekolah.

“Lagi di sekolah SMK Negri 2 Padang. Saya dipanggil karna anak saya tidak pakai jilbab,” tulisnya.

“Kita tunggu aja hasil akhirnya. saya mohon didoakan ya,” sambung pemilik akun tersebut.
Dalam video itu, terlihat seorang guru yang memakai kemeja batik tengah menjelaskan duduk perkaranya.

Sang guru menjelaskan bahwa aturan di sekolah tersebut.

“Pakaian dan seragam, berkerudung untuk anak perempuan, celana panjang abu-abu,” katanya.

Ia juga mengingatkan kembali bahwa pada saat masuk, orang tua sudah mendantangani surat pernyataan bersedia mengikuti aturan di sekolah tersebut.

Namun orang tua siswi tersebut mengaku tak pernah menandangani surat keharusan kepada siswi agar memakai jilbab.

“Itu kan kalau ikut tawuran, di situ kan tidak ada disinggung soal pemakaian kerudung, pak,” tutur orang tua siswi tersebut.

Si guru menyatakan bahwa merupakan sebuah kejanggalan manakala ada siswi yang tidak memakai jilbab di sekolahnya.

“Bahwa jika tidak mengikuti aturan di sekolah, kita semua sepakat, itu makanya kita bicarakan,” kata sang guru.

Sang orang tua siswi kemudian menjelaskan bahwa berdasarkan cerita putrinya dipanggil pihak sekolah dan dijelaskan bahwa kewajiban memakai kerudung merupakan aturan dari Gubernur Sumater Barat.

Namun setelah dicari di google, ternyata tak ditemukan satupun aturan dimaksud. Demikian juga aturan dari Mendikbud atau Mendagri.

Ia lalu menjelaskan bahwa agama yang dianutnya adalah non muslim.

“Tapi ini kan agama saya, pak. Kalau (anak) saya memakai jilbab, ini seakan-akan membohongi identitas agama saya,” tuturnya.

“Di mana hak asasi saya? Seakan-akan dipaksa untuk masuk ke dalam agama Islam. Kalau yayasan saya enggak ada masalah. Tapi ini kan sekolah negeri,” sambungnya.

Dia lalu mempertanyakan apakah aturan ini hanya sebatas imbauan atau memang benar-benar aturan yang harus ditaati.

“Bagi SMKN 2, ini adalah kewajiban. Karena sudah tertuang dalam aturan,” tegas guru itu.

Sayangnya, tidak ada titik temu dalam pertemuan tersebut.

Sang guru juga menyatakan tetap berpegang teguh pada aturan sekolah dimana setiap siswi wajib memakai jilbab.

Selanjutnya, orang tua siswi non muslim itu diminta pihak sekolah untuk membuat surat pernyataan.

Isinya, menyatakan bahwa orang tua siswa tidak bersedia memakai kerudung seperti dalam aturan yang diberlakukan pihak sekolah.

Selanjutnya, bersedia untuk melanjutkan masalah tersebut dan menunggu keputusan dari pejabat yang lebih berwenang.

Sampai berita ini ditulis pada Jumat (22/1/2021) pukul 13.59 WIB, unggahan itu sudah 115 ribu lebih ditonton.

Sementara warganet yang memberikan komentar sudah mendapai 3,1 ribu lebih dan 2,2 ribu lebih dibagikan.


Berikut video siswi non muslim SMKN 2 Padang diwajibkan memakai jilbab sebagaimana diunggah akun Elianu Hia yang dikutip PojokSatu.id:

https://m.



https://pojoksatu.id/news/berita-nas...akai-jilbab/3/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
essholl dan 36 lainnya memberi reputasi
37
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 11
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
22-01-2021 21:27
Iclim mana bisa kayak gini


Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan aloha.duarr memberi reputasi
2 0
2
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
22-01-2021 21:27
seperti biasa apa yg kamu yakini harus ikut aturan apa yg kami yakini emoticon-Traveller
0 0
0
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
22-01-2021 21:28
Klo sekolah umum buat apa do wajibkan, kadang2 otaknya pada gak normal walaupun sebagai pengajar. .
0 0
0
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
22-01-2021 21:39
kasus beginian, bagus depdikbud menahan anggaran untuk sekolah itu serta mengganti seluruh jajaran pengajar dan kepseknya.
profile-picture
dreadbros memberi reputasi
1 0
1
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
22-01-2021 21:39
Jamanku sekolah muhamadiyah neng jogja ne wes muleh sekolah ki sing murid jeten² jilbabe malah nggo kalungan koyo dasi pramuka, jaman saiki wes angel wes.. bubar kabeh.. dab los dol..
0 0
0
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
22-01-2021 21:50
Kayanya kita memang dipaksakan untuk menerima perbedaan, tapi daripada berbeda mendingan jadi sama agar tidak ada perbedaan, saya sih yakin kedepannya Warga Indonesia akan menjadi 1 golongan dan 1 agama
profile-picture
smurf06 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
22-01-2021 21:53
Kawal trus gan, gemes kadang liat yg kyk gini
0 0
0
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
22-01-2021 22:04
parah bgt dah
0 0
0
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
22-01-2021 22:13
Klo gw yg di suruh, and gw bukan muslim, gw mah mau mau aja, soalnya gw mau nyaru dan jadi mata mata. emoticon-Big Grinemoticon-Ngaciremoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
22-01-2021 22:16
Kok fokus masalah jilbanya sih. Fokus ke sekolah Negeri yang se enak udelnya bikin peraturan.

Itu aja pointnya...
0 0
0
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
22-01-2021 22:23
Yang maksa otaknya isi fpi.
Diubah oleh WorldWimWeb
0 0
0
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
22-01-2021 22:31
Boleh komen rada kasar ga nih gaes...


Sekolah kwoontool
Guru kwoontool

Cabut anggaranya
Siapa saja guru2 tersebut sebutin aja biar malu (kalo emang punya malu)
Angkat terus berita seperti ini biar orang-orang pada tau

Da gt aja
Diubah oleh dreadbros
0 0
0
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
22-01-2021 22:37
Ga heran padang emoticon-Ngakak indomaret aj kaga ad emoticon-Big Grin
Aplg urusan bgni, kota nya lambat maju dan berkembang krn fanatik sekali aplg soal ras.
Ane udh pernah sekali ksn, susah cuy
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
22-01-2021 22:57
itu sekolah negeri apa sekolah islam sih.. embelnya aja smkn, tp maksa semua murid perempuan pake jilbab.. ganti aja namanya jadi smk islam kalo gitu.. biar yg non muslim kaga salah masuk tuh sekolah..
0 0
0
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
22-01-2021 22:58
Alasan kenapa banyak non muslim sekolah di swasta, masuk negeri kalo non muslim bakal banyak kendalany.

Udah jadi rahasia umum itu mah.
profile-picture
nyengatanlebah memberi reputasi
1 0
1
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
22-01-2021 23:04
Udah beberapa kali baca berita begini.....
Sekolah negeri lagi.....
Muak ane
0 0
0
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
22-01-2021 23:13
Quote:saat orang tua dipanggil pihak sekolah.

Apakah kejadian terjadi setelah kegiatan belajar mengajar berlangsung lama atau ketika tahun ajaran baru dan merupakan anak baru ?

Quote:bahwa pada saat masuk, orang tua sudah mendantangani surat pernyataan bersedia mengikuti aturan di sekolah tersebut "Pakaian dan seragam, berkerudung untuk anak perempuan, celana panjang abu-abu,” katanya.".

Apakah pihak sekolah bisa menunjukan berkas surat pernyataan yang telah ditandatangani dimana ada tertera peraturan yang dimaksudkan tersebut ?
Jika memang pada surat pernyataan terdapat aturan tersebut dan sudah ditandatangani, maka orangtua kurang teliti dalam membaca surat pernyataan dan berarti sudah menyetujui aturan tersebut terlepas dari hal hal lainnya.

Quote:Si gurumenyatakan bahwa merupakan sebuah kejanggalan manakala ada siswi yang tidak memakai jilbab di sekolahnya.

Si guru berarti mengatasnamakan pribadi, dan tidak seharusnya seorang guru mengatakan "sebuah kejanggalan" sebagai pernyataan terkait hal tersebut.

Quote:Sang gurujuga menyatakan tetap berpegang teguh pada aturan sekolah dimana setiap siswi wajib memakai jilbab.

Kembali lagi disebutkan "sang guru" yang berarti mewakilkan pribadi.

Mengapa tidak menunjukan surat keputusan terkait aturan sekolah dimana mewajibkan siswi memakai jilbab ? Dan menunjukan surat pernyataan persetujuan berisikan aturan tersebut yang telah ditandatangani orangtua tersebut ?

Apakah permasalahan hanya disebabkan karena oknum guru yang tidak bertanggungjawab mengatasnamakan sekolah dan peraturan gubernur dengan mengeluarkan aturan tersebut ?

Tahun 2021, butuh berapa tahun untuk bangsa kita terlepas dari orang" yang masih memaksakan kehendak untuk mengikuti aturan pada suatu agama tertentu terhadap orang lain ?
Hidup dan mati milik masing masing pribadi
Jika harus melakukan, maka itu karena kami menghargai, tetapi jika berupa paksaan, bagaimana kita bisa menghargai orang lain yang tidak menghargai kita ?
emoticon-Turut Berduka
emoticon-No Sara Please
emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
22-01-2021 23:17
Hahay..emang udh gak bisa selamat negara ini. Tunggu aja kedepannya pasti jadi indonistan dengan embel2 nkri bersyariah, Pancasila dengan syariat islam lah, dll. PNS aja banyak kok yg setuju jadi negara islam. Dulu diam2 sekarang mulai terang2ngan, pakaian dinas udh bersyarii dan gamis emoticon-Big Grin
0 0
0
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
22-01-2021 23:24
Paling ujung2 nya materai berbicara..
Badan pada ditutupin..hati tetep aja BUSUK
profile-picture
wen12691 memberi reputasi
1 0
1
Viral, Video Siswi Non Muslim SMKN 2 Padang Dipaksa Pakai Jilbab
22-01-2021 23:25
Anak anjing bapak yang rekam ini.
“Sudahlah tak usah dipermasalahkan. Terus terus aja”

Anjing kaow tau kau ikut sekolah ikut aturan sekolah kau pengen anak kau beda sendiri atau cari sensasi ahh??

Jelas ditulis. Sekolah seragam batik aja walau kau anak presiden mana boleh kou masuk kelas pakai seragam putih.

Anjing kau malo kau ya kusumpahi kau anjengg
0 0
0
Halaman 8 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia