nabila978Avatar border
TS
nabila978
Cobain 5 Resep Olahan Sayur Kol yang Paling Mantap
Kol adalah salah satu sayuran yang tergolong kaya akan vitamin K. Manfaat vitamin K yang baik untuk membantu proses pembekuan darah, mencegah kanker, diabetes, dan masih banyak.

Untuk para kalian yang bingung karena mungkin Anda atau anak Anda tidak suka makan sayur tapi ingin tetap sehat, yuk kita membuat olahan menu sayur kol menjadi masakan yang lezat.


1. Tumis Kol – Resep sayur kol ala anak kostan
Kadang selain proses pembuatannya yang simple, mungkin Anda ingin mengolah kol dengan bahan yang mudah dicari atau bahkan suka menjadi stok di rumah. Seperti tumis kol dengan campuran telur orak arik saja sudah bisa menjadi hidangan yang lezat.

Cara membuatnya potong kol sesuai selera dan jangan lupa dicuci. Kemudian tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah halus, setelah beberapa saat masukkan telur yang sudah dikocok lalu orak arik. Setelah telur sudah dalam keadaan setengah matang, masukkan potongan kol kemudian aduk secara merata. Jika sudah dirasa matang, tumis kol siap dihidangkan.


2. Egg Scrambled Kol – Olahan sayur kol paling mudah
Sebenarnya egg scrambled kol hampir sama dengan tumis kol, yang membedakan hanya bumbu yang digunakan lebih banyak dan tidak hanya dengan campuran telur dan kol saja. Cara membuatnya siapkan irisan tipis kol, irisan bawang putih dan bawang merah, serta irisan tipis sosis. Siapkan juga scrambled telur kemudian sisihkan.

Setelah itu tumis semua irisan yang sudah disiapkan tadi, tambahkan sedikit minyak, garam, kaldu bubuk dan air secukupnya, lalu masukkan juga scrambled telur. Aduk terus hingga matang secara menyeluruh, egg scrambled kol siap disantap.

3. Mie Keriting Kol – Sayur kol dengan kombinasi mie yang bikin nambah
Sayur tidak hanya diolah sebagai makanan pendamping nasi. Ketika keluarga Anda ingin makan selain nasi, tetapi tetap mengandung karbohidrat juga tetap ingin diberi sayuran. Solusinya adalah membuat mie keriting kol yang mudah dan lezat.

Cara membuatnya haluskan kemiri, bawang putih dan bawang merah. Setelah halus, tumis bumbunya hingga beraroma harum lalu tambahkan kol serta daun bawang yang sudah diiris dan beri air secukupnya. Aduk hingga merata, kemudian masukkan mie yang sudah masak setengah matang tambahkan kaldu bubuk, kecap, garam, dan merica bubuk secukupnya. Masak hingga matang, mie keriting kol siap untuk disajikan.


4. Kol Sambalado – Olahan sayur kol ekstra pedas
Sambalado adalah bumbu yang berbagai rasa. Kenapa begitu? Karena hanya pada bumbu sambalado yang memiliki rasa manis, gurih, juga pedas. Cara membuatnya cuci kol hingga bersih dan iris sesuai selera Anda. Kemudian siapkan bumbu yang harus dihaluskan (bawang merah, tomat, cabe keriting, tambahkan cabe rawit jika menyukai pedas, dan air secukupnya).

Jika bumbu sudah benar - benar halus, tumis memiliki aroma yang harum. Tambahkan kaldu, garam, gula dan air sedikit lalu campurkan kol dan masak hingga merata dan matang. Kol sambalado yang lezat siap dimakan.

5. Bunga Kol Crispy – Resep olahan sayur kol yang rasanya kriuk
Bunga kol crispy bisa menjadi lauk favorit anak loh, cara membuatnya sangat mudah dan hanya membutuhkan bunga kol serta adonan yang akan menjadi selimut dari bunga kol itu sendiri. Cara membuatnya potong bunga kol dan cuci hingga benar - benar bersih. Siapkan adonan basah (telur, tepung terigu sekiranya cukup untuk bunga kol yang akan dimasak.

Lalu tambahkan garam dan merica sedikit saja serta air secukupnya, kira - kira tekstur adonan pas), siapkan juga adonan kering (hanya tepung terigu secukupnya dan garam sedikit saja). Kemudian celupkan bunga kol pada adonan basah lalu ke adonan kering dan goreng. Lakukan hingga bunga kol yang ingin dimasak habis. Setelah itu, bunga kol crispy siap dinikmati.

Banyak sekali ya resep olahan sayur kol yang mudah dimasak, dengan begitu Anda tidak perlu khawatir jika anak tidak mau makan sayur. Dengan menu resep olahan kol putih lezat seperti di atas dijamin anak - anak suka. Let’s cook this vegetable and make your life healthier.
wanitatangguh93
UriNami
siapika
siapika dan 9 lainnya memberi reputasi
10
3K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)
icon
9KThread6.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.