News
Batal
KATEGORI
link has been copied
29
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600968955cf6c44b5f2a51fa/pertama-dalam-sejarah-indonesia-punya-pabrik-tempe-di-china
Indonesia untuk pertama kali dalam sejarah resmi mendirikan pabrik tempe di China. Pabrik tersebut dibangun di kawasan industri pengolahan makanan di distrik Songjiang, Shanghai, dan diresmikan pada Selasa (19/1). Pabrik itu nantinya akan memproduksi tempe dengan nama "Rusto Tempeh". Menurut keterangan resmi di situs Kementerian Luar Negeri RI, pabrik tempe tersebut didirikan untuk memen
Lapor Hansip
21-01-2021 18:42

Pertama dalam Sejarah, Indonesia Punya Pabrik Tempe di China

 Pertama dalam Sejarah, Indonesia Punya Pabrik Tempe di China

Quote:Indonesia untuk pertama kali dalam sejarah resmi mendirikan pabrik tempe di China. Pabrik tersebut dibangun di kawasan industri pengolahan makanan di distrik Songjiang, Shanghai, dan diresmikan pada Selasa (19/1).

Pabrik itu nantinya akan memproduksi tempe dengan nama "Rusto Tempeh".

Menurut keterangan resmi di situs Kementerian Luar Negeri RI, pabrik tempe tersebut didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia di China yang cukup besar.


Duta Besar Indonesia untuk China dan Mongolia Djauhari Oratmangun mengatakan keberadaan pabrik tempe itu menunjukkan kecintaan anak bangsa untuk mempromosikan kuliner Indonesia ke masyarakat China.

Namun jumlahnya masih sangat terbatas karena hanya dikenal di kalangan diaspora Indonesia dan warga setempat yang pernah tinggal atau mengunjungi Indonesia.

Kata dia, perusahaan tempe itu bukan hanya wujud dari kecintaan masyarakat Indonesia di China, melainkan juga akan menjadi salah satu alat diplomasi kuliner Nusantara di China.

Dia berharap pabrik tempe itu dapat menjadi salah satu jejak kuliner Indonesia di pasar China.

"Oleh karena itu kami berharap dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia di Shanghai, baik dari KJRI, para pengusaha dan perwakilan perusahaan Indonesia di Shanghai, para pelajar dan mahasiswa Indonesia, maupun kalangan diaspora," ujar Djauhari seperti dikutip dari Antara.

Tempe sendiri saat ini sudah banyak diperjualbelikan di pasar daring Negeri Tirai Bambu seperti Taobao dan Alibaba.com, di mana terdapat IDN Shop Indonesia yang menjual berbagai produk makanan Indonesia.


Kendati demikian, produk yang dijual masih dalam jumlah yang sangat terbatas dan hanya dikenal oleh penggemar tempe asal Indonesia yang merantau di China.


Sumber
https://www.cnnindonesia.com/interna...tempe-di-china

Indonesia mantap dan keren

China juga hebat

Salut dengan China

Be like China
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Pertama dalam Sejarah, Indonesia Punya Pabrik Tempe di China
22-01-2021 05:21
klo disini cina bikin usaha kan dimaki maki nih
klo orang indo bikin usaha di cina dimaki jg gk ya.?
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
1 0
1
Pertama dalam Sejarah, Indonesia Punya Pabrik Tempe di China
22-01-2021 12:53
Kalo uda ada yg jual di situs online alibaba dll, ya tinggal nunggu aja org Indonesia beli tempe dari situs2 tsb, ya makin defisit aja neraca perdagangan RI dgn RRC.
0 0
0
Pertama dalam Sejarah, Indonesia Punya Pabrik Tempe di China
22-01-2021 14:28
Halal ga tempe nya
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia