Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
249
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6008a780f0bdb279165045cd/viral-satu-keluarga-lepaskan-dua-karung-besar-berisi-ikan-lele-ke-sungai-biar-apa
Heboh satu keluarga melepaskan dua kantong besar berisi ratusan ikan lele ke sungai! Netizen berdebat antara berbuat kebaikan dan merusak ekosistem Ikan lele, adalah ikan air tawar yang memiliki rasa gurih dan murah. Dapat dibeli di pasar ikan atau memancing di kolam maupun empang ikan! Ikan lele sendiri memang lumayan mudah dipelihara, cukup hanya dengan menyiapkan kolam berisi air tawar dan memb
Lapor Hansip
21-01-2021 04:58

Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?

icon-verified-thread
Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?

Heboh satu keluarga melepaskan dua kantong besar berisi ratusan ikan lele ke sungai!
Netizen berdebat antara berbuat kebaikan dan merusak ekosistem

Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?


Ikan lele, adalah ikan air tawar yang memiliki rasa gurih dan murah.
Dapat dibeli di pasar ikan atau memancing di kolam maupun empang ikan!

Ikan lele sendiri memang lumayan mudah dipelihara, cukup hanya dengan menyiapkan kolam berisi air tawar dan memberi makan rutin berupa pelet ikan, maka ikan dapat tumbuh besar dan dipanen setiap beberapa bulan sekali.

Mungkin Agan dan Sista sendiri pernah memelihara ikan lele di rumah atau membelinya di pasar untuk kemudian di konsumsi saat memang sudah memiliki ukuran yang pas dikonsumsi.
Tapi apakah GanSis pernah melepas liarkan ikan lele ke sungai agar mereka dapat hidup bebas?
Sepertinya tidak pernah ya, selain karena buang-buang uang juga pasti kita menganggapnya sebagai tindakan yang mubadzir.


Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?


Namun pemikiran kita sangat berbeda dengan satu keluarga yang sedang viral di media sosial ini GanSis.
Beredar sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan satu keluarga tengah melepaskan dua buah karung besar berisi ratusan ikan lele ke sebuah sungai!

Video tersebut dibagikan oleh akun Instagram @smart.gram hasil repost dari akun Tik Tok @babythaliii, yang dipostingan aslinya tertulis caption "semoga semua makhluk hidup berbahagia".

Melihat apa yang dilakukan oleh keluarga ini, netizen+62 pun mengalami perdebatan.
Ada yang mendukung apa yang dilakukan keluarga ini dengan alasan sikap respect terhadap makhluk hidup lain, ada juga kubu yang menganggap apa yang dilakukan oleh keluarga tersebut merusak ekosistem!


Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?


Mungkin Agan dan Sista ada yang penasaran dengan apa yang dilakukan oleh keluarga tersebut sampai viral dan memancing perdebatan netizen+62?
Silakan lihat videonya di bawah ini!


Lepaskan Dua Karung Ikan di Sungai


Jika melihat dari caption yang ditulis pada postingan video di Tik Tok, nampaknya keluarga ini memang mempunyai niat baik atas apa yang mereka lakukan ya GanSis. Yaitu untuk memberikan kebebasan pada ikan-ikan lele tersebut, agar mereka dapat hidup di habitat aslinya!

Namun karena lele yang dilepas terlalu banyak, beberapa orang netizen memperkirakan bahwa jumlah ikan tersebut akan merusak ekosistem sungai.
Jika terlalu banyak ikan lele di sungai, akan ada beberapa populasi yang berkurang karena menjadi santapan ikan lele!

Wah benar-benar sebuah perbuatan baik yang membuat dilema banyak orang ya GanSis.
Memang dua sudut pandang yang berbeda juga bisa menghasilkan sebuah penilaian yang berbeda, seperti kejadian viral ini!


Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?


Bagaimana menurut pendapat Agan dan Sista melihat kejadian viral di atas?
Apakah GanSis sepakat dengan netizen yang pro dengan keluarga baik tersebut, atau mungkin kontra dengan apa yang mereka lakukan?
Silakan berikan tanggapan Agan dan Sista dengan meninggalkan jejak komentar di bawah!

Terima kasih telah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain


Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?


Penulis: @masnukho©2020
Narasi: opini pribadi
Referensi dan gambar:
di sini


Kunjungi Blog Komunitas KOMPAK Dengan Klik Gambar Di Bawah Ini!

Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?


emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Staremoticon-Keep Posting Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rainy.mist26 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 7
Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?
21-01-2021 09:28
Quote:Original Posted By bek0n
Niat baik insyaallah hasilnya baik juga. Semoga semua makhluk berbahagia.

emoticon-2 Jempol aamiin semoga ya

Quote:Original Posted By anggeo
biar apa??
biar mandiri lah cari makan sendiri, masa mau empanin mulu?

emoticon-Matabelo nah hok o ya

Quote:Original Posted By assassin.xin
ajaran Buddha kan, melepaskan binatang ke tempat asalnya, biar dpt rejeki melimpah,

Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta : Semoga Seluruh Mahluk Hidup Berbahagia

emoticon-Matabelo owh gitu ya gan

Quote:Original Posted By jamilhebat
salah kaprah masyarakat emoticon-Wkwkwk
disangkanya lele itu pengurai, jelas bukan, dia predator

emoticon-Ngakak kayaknya niatnya veda deh

Quote:Original Posted By Jamaludin45
Apresiasi aja,

Sekalian lepasin yg lain juga😂

emoticon-2 Jempol lepasin beban
0 0
0
Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?
21-01-2021 09:31
wah penasaran bentuk depannya cici
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?
21-01-2021 09:38
kalau adat orang Tionghoa namanya fang sen.
saya sendiri beberapa tahun lalu selama 2-3 tahun tiap bulan melepas 300-500 ekor ikan nila di selokan depan rumah. dengan harapan membasmi jentik nyamuk dan melepaskan mahluk hidup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pulaukapok dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?
21-01-2021 09:47
Justru bagus sih. Budidaya alami. Setau ane lele begini juga hitung2 bersihin air karena juga makanin tai ikan lain.

emoticon-Traveller

Yang bahaya itu yang mancing lelenya balik dari sini trus dijual.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?
21-01-2021 09:53
mantap
good idea nih

berikan contoh nyata berwelas asih
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?
21-01-2021 09:55
Semua2 jadi konten ya? Hehe
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?
21-01-2021 09:57
yang pasti bakal banyak joran nanti di pinggiran emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?
21-01-2021 10:02
lele siluman..
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?
21-01-2021 10:04
gw jadi terinspirasi buat melepas liarkan berkarung-karung ikan piranha di sungai Ciliwung... biar orang yg kecemplung sungai langsung wafat... emoticon-Shutup
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?
21-01-2021 10:09
Quote:Original Posted By hensemjek
Justru bagus sih. Budidaya alami. Setau ane lele begini juga hitung2 bersihin air karena juga makanin tai ikan lain.

emoticon-Traveller

Yang bahaya itu yang mancing lelenya balik dari sini trus dijual.

emoticon-Matabelo makan ikan lele yang makan tai

Quote:Original Posted By green_hoho
mantap
good idea nih

berikan contoh nyata berwelas asih

emoticon-2 Jempol bener banget

Quote:Original Posted By bucek1990
Semua2 jadi konten ya? Hehe

emoticon-Ngakak gak boleh suudzhon

Quote:Original Posted By robotomax
yang pasti bakal banyak joran nanti di pinggiran emoticon-Ngakak

emoticon-Matabelo iya, mancing

Quote:Original Posted By calmlet2mg
lele siluman..

emoticon-Ngakak kok siluman

Quote:Original Posted By tuhan666
gw jadi terinspirasi buat melepas liarkan berkarung-karung ikan piranha di sungai Ciliwung... biar orang yg kecemplung sungai langsung wafat... emoticon-Shutup

emoticon-Cape d... buset, pemikiran ekstream
0 0
0
Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?
21-01-2021 10:11
ane dulu juga pernah ngelepasin lele dari kolam di rumah ke danau deket rumah karena lelenya udah terlampau gede. warga tak ada yang protes malah skr banyak yang mancing dan dapat lele disana.
di setiap sungai di Indonesia pasti ada lele nya ane rasa tak masalah sih ngelepas lele lokal ke alam liar.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?
21-01-2021 10:14
kaga bakalan ngerusak ekosistem lah.. karena ga lama dari itu jg banyak yg mancing pasti.

salut buat mbaknya.. ane juga suka beli kelomang di mamang2, terus ane bawa k laut sepi, ane lepasin d sana..

biar anak cucu nnti masih ketemu dengan kelomang emoticon-Wowcantik emoticon-Wowcantik
profile-picture
profile-picture
masnukho dan gargantuar89 memberi reputasi
2 0
2
Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?
21-01-2021 10:19
mungkin ikan2 kecil yg sebelumnya ada bisa jadi menghilang namun tergantikan oleh pecel lele yg nikmat.. emoticon-Big Grin
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?
21-01-2021 10:19
Predator itu lele
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?
21-01-2021 10:28
mungkin tujuannya, disungai banyak orang buang hajat maka banyak taik disana.

nah makanya dilepas dah tuh lele 2 karung biar taik taiknya dimakan para lele. alhasil sungainya jadi bersih dari taik.
emoticon-Jempol
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?
21-01-2021 10:28
berbuat baik ke smua makluk hidup...ajaran yg bener
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?
21-01-2021 10:29
gini gan, jd kebetulan bokap ane tuh buddha (ane bukan), dia kepercayaannya ini dinamakan fangshen (gak tau bener gini ga penulisannya), pada intinya ini tuh berbuat kebaikan lah (binatang nya bisa apa saja, tapi umumnya binatang yg tadinya akan dimatikan atau dipelihara tidak layak), melepas mahluk yg tadinya akan dimatikan menjadi dibebaskan
terlepas dari ketidak tahuan si orangnya klo lele bisa merusak ekosistem ya
Diubah oleh bebemania
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?
21-01-2021 10:34
Jangan mizone dulu ah...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?
21-01-2021 10:42
Namany ajuga netizen, ahlinya ahli,

Expertnya expert,

Si paham...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Viral Satu Keluarga Lepaskan Dua Karung Besar Berisi Ikan Lele Ke Sungai! Biar Apa?
21-01-2021 10:42
kalau jenis lele yang dilepas emang hewan asli sungai itu ya gpp.

Jadi masalah kalo bukan hewan asli sungai itu, yang ada bisa jadi invasive species yang ngerusak ekosistem sungai.

nggak percaya? silahkan cobain lepas ikan aligator garr atau arapaima gigas di danau toba, liat 5-10 tahun lagi, ikan mas di sana bakal punah dan bakal banyak ikan raksasa.... hehehe
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 2 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia