• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 7 Acara Komedi Indonesia Terbaik Sepanjang Masa dan Paling Berkualitas

cintadineAvatar border
TS
cintadine
7 Acara Komedi Indonesia Terbaik Sepanjang Masa dan Paling Berkualitas
Selamat datang kembali di thread ane gan. Ane pernah membuat thread tentang acara sitkom terbaik Indonesia sepanjang masa nah kali ane akan membahas acara komedi Indonesia yang bukan termasuk sitkom karena kalau sitkom ada ceritanya layaknya serial tv pada umunnya. Sedangkan kali ini yang akan dibahas adalah acara komedi murni. Nah, langsung saja gan ini dia beberapa daftar acara komedi Indonesia terbaik sepanjang masa versi ane.

1. Ngelaba
Program komedi yang melambungkan nama grup komedian Patrio (Parto, Akrie, Eko). Acara komedi ini pertama kali disiarkan di TPI (sekarang MNC TV) di tahun 90an. Patrio sendiri sudah meniti karir cukup lama dan menjadi terkenal secara nasional lewat Ngelaba yang singkatan dari Ngerumpi lewat banyolan. Setiap episodenya berdurasi tiga puluh menit dan berisi sketsa-sketsa komedi dengan cerita yang random dan tingkah kocak Parto, Akrie, dan Eko. Acara ini berakhir pada 2008, sejak saat itu anggota Patrio sibuk dengan kesibukannya masing-masing.

2. Stand Up Comedy Indonesia (SUCI)
Sebuah acara pencarian bakat yang telah melahirkan banyak komika terbaik di Indonesia. Pertama kali diadakan pada 2011 di Kompas TV dan saat itu mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Melalui SUCI, stand up comedy mulai dikenal dan menjadi populer di Indonesia. Banyak komika-komika sukses yang muncul lewat acara ini. Mulai dari Ernest Prakasa, Babe Cabita, Dodit Mulyanto, dan masih banyak lagi. Dengan kata lain SUCI jelas menjadi acara komedi yang begitu berpengaruh besar di Indonesia.

3. Chatting Cagur
Acara komedi yang melambungkan nama grup lawak Cagur. Acara ini tayang di TPI pada sekitar awal 2000an. Awalnya Cagur berisikan Narji, Denny, dan Bedu. Namun Bedu mengundurkan diri dan digantikan oleh Wendy. Format Chatting sama dengan Ngelaba yaitu sketsa komedi dengan cerita yang random. Selain itu Chatting juga punya lagu pembuka layaknya Ngelaba. Acara ini memperkenalkan grup Cagur (canda gurau) yang para anggotanya masih tetap eksis hingga sekarang.

4. Audisi Pelawak TPI (API)
Pertengahan 2000an sedang berjaya acara pencarian bakat. TPI dengan kreatifnya mengambil kesempatan dengan membuat Audisi Pelawak TPI (API) pada 2005. Acara ini membuka pendaftaran bagi orang yang merasa punya bakat komedi. Salah satu jebolan paling terkenal dari acara ini siapa lagu kalau bukan Sule yang saat ini menjadi salah satu komedian tersukses di Indonesia. API juga terkenal dengan alumni lainnya seperti Rina Nose dan juga trio Bajaj.

5. Opera Van Java (Format Lama)
Jelas ane bukan memasukan OVJ era sekarang (pasca mundurnya Andre dan Sule) melainkan OVJ dengan format asli dari 2008-2014 yaitu berisikan Andre, Sule, Azis Gagap, Nunung, dan Parto. OVJ pertama kali tayang pada 2008 di Trans 7. Acara ini langsung menjadi fenomenal karena mampu mengocok perut para penonton dengan stetsa konyol dan cerita yang tidak jelas. Bahkan dulu grup OVJ pernah menggelar tur ke berbagai kota dan penontonnya selalu membludak. OVJ format baru menurut ane kurang begitu menghibur gan, entah kenapa.

6. Extravaganza
Sebuah program komedi yang cukup unik karena justru mayoritas pengisi acaranya bukanlah komedian. Namun Extravaganza disukai oleh para pemirsa dan mendapat rating yang tinggi ketika masa penayangannya di Trans TV dari 2004 hingga 2009. Acara ini berisikan banyak segmen termasuk segmen sketsa komedi hingga parodi talkshow yang mampu membuat para penonton terpingkal.

7. Spontan
Inilah dia acara yang menjadi pionir dan sesepuhnya prank di Indonesia. Tidak seperti prank zaman sekarang yang sering dilakukan Youtuber yang kerap memicu masalah. Prank dalam acara Spontan adalah prank yang sangat sederhana. Spontan melambungkan nama Komeng yang kini jadi salah satu komedian termahal dan masih eksis. Spontan yang tayang pertama kali pada 1996 tidak hanya berisi prank namun juga video parodi Charlie Chaplin oleh Septian Dwi Cahyo hingga dubbing para hewan yang kocak.

Nah, barangkali agan yang mau nambahin daftarnya? Silahkan gan di komentar aja. emoticon-Ngakak

Quote:
0
4.3K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.