dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Israel Bakal Jadi Negara Pertama yang Lolos Covid, RI Kapan?
Israel Bakal Jadi Negara Pertama yang Lolos Covid, RI Kapan?
Tech - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
20 January 2021 17:57
SHARE

1. Israel Bakal Jadi Negara Pertama yang Lolos Covid, RI Kapan?
1 dari 2 Halaman

Foto: AP/Kamran Jebreili



Jakarta, CNBC Indonesia - Israel digadang-gadang bakal menjadi negara yang pertama kali lepas dari jeratan pandemi Covid-19 karena program vaksinasi masalnya yang berjalan sangat agresif.
Pada minggu kedua Januari, 1,9 juta orang di Israel telah menerima dosis pertama vaksin Covid-19 atau setara dengan 22,34 dosis yang diberikan per 100 orang. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan 2,82 dosis per 100 orang di AS. Program vaksinasi cepat Israel, yang dimulai pada 19 Desember 2020. 



Total kasus Covid-19 kumulatif yang tercatat di Israel mencapai 570.085 atau setara dengan 6,3% dari populasi yang mencapai 9 juta orang. Israel beruntung karena luas geografisnya yang kecil dan penduduknya yang juga relatif sedikit jika dibandingkan dengan negara lainnya. 




Hal ini memungkinkan Israel untuk secara agresif menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada seluruh warganya. Kecil kemungkinan negara-negara lain terutama yang memiliki wilayah geografis yang luas dan penduduk banyak bisa mengejar laju vaksinasi di Israel.

[table][tr][td]Baca:
Ini Efek Samping yang Dirasakan Penerima Vaksin Sinovac di RI[/td]
[/tr]
[/table]

Kecepatan laju vaksinasi di Israel ini diharapkan dapat mengendalikan pandemi Covid-19 yang sudah masuk ke gelombang keempat tersebut. 
Israel memasuki lockdown nasional ketiga pada 27 Desember dalam menghadapi infeksi yang meningkat pesat dan deteksi varian baru Covid-19 yang sangat menular. Pembatasan ketat ini harus tetap diberlakukan sampai sebagian besar penduduk menerima dua dosis vaksin.
Jika Israel mulai melihat dampak vaksinasi, tanpa munculnya kembali kasus Covid-19 dalam beberapa bulan mendatang, ini akan memberikan contoh dan standard bagi negara lain di seluruh dunia. Israel akan menjadi negara pertama di dunia yang mencapai status kekebalan komunal (herd immunity).

2. RI Kapan Menyusul?
2 dari 2 Halaman

Foto: Ariel Noah mengikuti penyuntikan vaksin COVID-19 di Jawa Barat (Dok. Pemprov Jabar)



Sebagai negara dengan wilayah yang luas dan penduduk yang besar, rasanya susah untuk Indonesia bisa mengejar Israel. Kendati program vaksinasi Covid-19 sudah dimulai pekan lalu, tetapi jumlah dosis yang disuntikkan masih tergolong sangat rendah.
RI baru mengamankan 3 juta dosis vaksin dari Sinovac yang memiliki tingkat keampuhan 65,3%. 
Indonesia memang sudah resmi memulai program vaksinasi Covid-19 sejak pekan lalu. Tepat pada 13 Januari 2021 Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi orang pertama yang disuntikkan vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Prosesinya pun disiarkan secara virtual agar publik bisa langsung menyaksikan momen bersejarah itu.


Setelah Jokowi, jajaran pejabat tinggi hingga publik figur pun mendapatkan gilirannya. Setidaknya saat ini RI sudah mengantungi 3 juta dosis vaksin Sinovac dan 15 juta bahan baku vaksin yang diimpor dari China untuk diproduksi oleh perusahaan farmasi pelat merah PT Bio Farma (Persero).





[table][tr][td]Baca:
Bos Bio Farma: RI Bisa Dapat 663 Juta Dosis Vaksin Covid-19[/td]
[/tr]
[/table]

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin (BGS) menuturkan bahwa Indonesia juga menjajaki kerja sama dengan pengembang lain seperti AstraZeneca dan Pfizer untuk mencoba mengamankan 400 juta vaksin Covid-19.
Pemerintah juga mematok target yang ambisius yakni menggratiskan vaksin Covid-19 untuk masyarakat RI. Program vaksinasi masal ditargetkan rampung dan butuh waktu kurang lebih 15 bulan.
Namun bukan berarti vaksinasi yang sudah dilakukan bisa membuat pemerintah mengendurkan 3T (testing, tracing, dan treatment) dan masyarakat boleh lepas dari 3M (menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).
Apalagi saat ini tren kenaikan kasus terus terjadi. Dalam sehari Indonesia sudah melaporkan 11 ribu kasus baru infeksi Covid-19 dan dengan tingkat positif yang sangat tinggi di atas 25%. 
Melihat kondisi yang memprihatinkan, akhirnya pemerintah menetapkan untuk memperpanjang PPKM selama dua pekan terhitung mulai dari 25 Januari nanti. 
Well, masih butuh waktu yang semoga saja agak lama dan tidak kelamaan untuk Indonesia bisa lepas dari jeratan wabah Covid-19.

https://www.cnbcindonesia.com/tech/2...vid-ri-kapan/2
nomorelies
nomorelies memberi reputasi
1
2.8K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.