Mikail0102Avatar border
TS
Mikail0102
Olahan Ayam Bakar Khas Nusantara, yang Cocok untuk Nasi Kotak Ayam Bakar

Indonesia memang populer sebagai salah satu negara yang memiliki kekayaan kuliner. Masing – masing daerah di Indonesia mempunyai beragam masakan olahan khas dengan citarasa lezat pastinya. Salah satu masakan olahan yang bisa ditemukan di berbagai daerah adalah menu makanan yang terbuat dari daging ayam. Rasanya yang enak dan harganya yang relatif terjangkau dibandingkan dengan daging sapi membuat ada banyak menu olahan ayam, mulai dari ayam dengan bumbu kuah, ayam goreng, hingga ayam bakar.

Jika berbicara mengenai ayam bakar, mungkin yang terlintas di pikiran Anda adalah ayam bakar khas Solo, dan ayam bakar khas Klaten. Kedua menu ayam bakar yang berasal dari kota di Jawa Tengah tersebut memang merupakan menu olahan yang sering kali dapat dijumpai dalam menu nasi kotak ayam bakar. Tapi tahukah Anda, selain olahan ayam bakar khas Solo dan Klaten, Jawa Tengah ada pula menu ayam bakar dari daerah lain yang tentunya memiliki citarasa autentik dan juga rasa yang lezat. Contohnya seperti beberapa ayam bakar khas dari beberapa daerah berikut ini.

Ayam Bakar Sapit Khas Palembang


Bagi sebagian besar orang mengenal Palembang sebagai kota pempek. Tapi selain pempeknya yang lezat, kota yang terletak di Sumatera Selatan ini juga memiliki panganan khas lezat lainnya yakni ayam bakar sapit atau yang juga biasa disebut dengan ayam sapit. Ayam bakar khas kota Palembang ini dibuat dengan menggunakan bumbu santan dan beragam bumbu rempah – rempah yang dihaluskan sehingga memiliki citarasa autentik yang lezat. Biasanya bumbu halus yang digunakan untuk menu olahan ayam bakar satu ini adalahbawang merah, bawang putih, cabe, kemiri, terasi matang, ketumbar, dan jintan.

Ada hal unik dalam proses pembuatan nasi ayam bakar sapit ini. Di mana saat proses pembakaran, ayam akan dicapit atau dijepit dengan alat khusus yang secara tradisional dibuat dari potongan bambu. Rasa pedas, gurih, dan lezat dari menu olahan dari Palembang ini sangat bisa dijadikan pilihan menu nasi kotak ayam bakar.

Ayam Bakar Taliwang Khas NTB


Ayam bakar khas Lombok, Nusa Tenggara Barat ini menjadi salah satu menu olahan ayam bakar yang cukup populer dan disukai banyak orang. Tak terkecuali masyarakat mancanegara yang berlibur ke Lombok. Bahkan tak jarang beberapa orang memilih menu satu ini untuk dijadikan menu nasi kotak ayam bakar.

Ayam bakar khas dari Indonesia satu ini dikenal dengan citarasa yang pedas dan kaya rempah. Menu olahan ayam satu ini memang dibuat dengan cara diungkep dengan menggunakan bumbu rempah dan juga cabai yang sudah dihaluskan. Proses ungkep yang digunakan untuk membuat ayam bakar Taliwang ini membuat bumbu menjadi meresap sempurna ke dalam daging, sehingga nantinya akan menghasilkan rasa ayam bakar yang lezat, serta aroma yang sedap saat proses pembakaran dilakukan.

Ayam Bakar Paniki Khas Manado


Mayoritas masyarakat Indonesia dikenal sebagai pecinta masakan bercita rasa pedas dan berbumbu. Nah, jika Anda ingin menu nasi kotak ayam bakar yang berbeda, bisa mencoba olahan ayam bakar asal kota Manado ini. Makanan asli Manado memang dikenal dengan makanannya yang bercitarasa pedas nan lezat seperti menu ayam bakar ini. Menu olahan ayam yang diberi nama ayam bakar paniki atau lebih dikenal dengan nama ayam paniki ini memiliki rasa pedas yang cukup menantang dan cocok dinikmati dengan seporsi nasi hangat pulen.

Ayam Bakar Kalasan


Beralih ke Pulau Jawa. Selain ayam bakar khas Solo yang dikenal dengan cita rasanya yang manis, juga ada ayam bakar Kalasan yang berasal dari Kalasan, Yogyakarta. Pada umumnya menu olahan ayam yang terkenal dari Kalasan adalah ayam goreng, namun Anda juga perlu mencoba menu ayam bakar khas Kalasan ini. Citarasa manis, gurih, dengan perpaduan aroma hasil proses pembakaran dari ayam bakar ini pasti akan membuat semua orang menyukainya. Rasa ayam bakar khas Kalasan yang tidak pedas inipun membuat menu ayam bakar satu ini sangat cocok dijadikan pilihan sebagai menu nasi kotak ayam bakar, karena pasti akan disukai semua kalangan baik anak – anak maupun orang dewasa.

Ayam Bakar Bumbu Bali


Bali menjadi salah satu daerah di Indonesia yang dikenal memiliki banyak makanan khas yang lezat. Selain ayam betutu, masakan yang dibuat dari daging ayam yang layak untuk dicoba adalah ayam bakar bumbu bali. Ayam bakar bumbu Bali ini memiliki citarasa pedas manis, gurih, dengan bumbu yang meresap hingga ke dalam daging sehingga menghasilkan rasa ayam yang nagih. Selain itu proses pembuatan ayam yang diungkep selama beberapa waktu juga menghasilkan tekstur daging yang empuk dan lembut tentunya.

Ayam bakar bumbu Bali ini sangat cocok untuk dihidangkan sebagai menu utama dalama nasi kotakayam bakar. Untuk menyempurnakan rasanya, bisa ditambahkan lauk lain seperti sayur urap dan bumbu urap khas Bali atau urap sayur pada umumnya, serta peyek kacang atau udang. Di jamin siapa saja pasti akan menikmati nasi kotak ayam bakar bumbu Bali tersebut.

Ayam Bakar Khas Padang


Selain rendang, menu favorit di Rumah Makan Padang yang menjadi favorit banyak pelanggan adalah ayam bakar. Siapa saja pasti mengakui kelezatan menu ayam bakar khas Padang. Berbeda dari beberapa ayam bakar yang biasanya menggunakan bumbu dasar kecap atau bumbu yang cenderung memiliki rasa manis. Rasa ayam bakar Padang menawarkan cita rasa gurih yang nikmat dengan kombinasi rasa pedas dan kaya rempah. Hampir sama dengan ayam bakar Sapit khas kota Palembang, ayam bakar Padang juga dimasak menggunakan santan, dan berbagai bumbu rempah. Beberapa contoh bumbu rempah yang digunakan untuk membuat nasi kotak ayam bakar khas Padang diantaranya adalah kemiri, cabai, bawang merah, kandis, dan juga jahe. Selain itu masih ada beberapa bumbu tambahan lainnya yang membuat masakan ayam bakar ini semakin terasa lezat dan nikmat tentunya. 


tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1.6K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)
icon
9KThread6.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.