• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • MAN TGS 40.440 6x6 - Truk yang Digunakan Untuk Mengangkut Vaksin Sinovac

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
MAN TGS 40.440 6x6 - Truk yang Digunakan Untuk Mengangkut Vaksin Sinovac
Beberapa waktu lalu Indonesia resmi menerima vaksin Covid-19 yang bernama Sinovac, vaksin ini pun sudah mulai di distribusikan ke beberapa daerah. Vaksin ini mulai datang pada akhir tahun 2020 kemarin, sekitar 1,8 juta dosis vaksin Sinovac tiba dari China di Terminal Kargo Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Vaksin tersebut kemudian diangkut menggunakan 4 unit truk, setiap truk membawa 3 box environtrainer, yang di dalamnya berisi vaksin Sinovac. Vaksin ini kemudian dikirim ke Laboratorium PT Bio Farma di Bandung. Keempat truk pembawa vaksin tersebut adalah MAN TGS 40.440 6x6. Pada kesempatan kali ini TS akan mengenalkan agan dan sista pada truk tersebut. Mari kita mulai pembahasannya.



MAN TGS 40.440 6 x 6


Truk yang digunakan untuk membawa vaksin Sinovac tersebut adalah truk dari Eropa, tepatnya dari Jerman. MAN disini bukan akronim dari Madrasah Aliyah Negeri gan sist,MAN adalah akronim dari Maschinenfabrik Augsburg-Nürnberg. Truk ini termasuk tractor head yang biasa digunakan untuk keperluan pertambangan, logging, serta geothermal.

Truk ini berkonfigurasi penggerak roda 6x6, MAN 40.440 memang cocok untuk keperluan angkut berat di Indonesia. Mengingat Indonesia sedang gencar membangun infrastruktur berupa jalan tol maupun bendungan. Meskipun ada merek truk Jepang yang bisa digunakan, namun untuk keperluan angkut berat, truk Eropa masih jadi pilihan karena menawarkan tenaga dan torsi yang lebih besar.




MAN TGS 40.440 6x6.

Foto: Liputan6.com


Kita mulai pembahasan kali ini dari eksterior dulu gan sist, dari bagian atas ada dua buah rotary lamp dan satu antena. Bergeser pada bagian bawah ada logo MAN yang sudah diberi aksen krom. Untuk spionnya sama seperti spion truk yang ada di Eropa, pengoperasiannya sudah menggunakan sistem elektrik.

Pada bagian bumper bawah terdapat lampu di kedua sisinya, lampu yang berada di bagian atas adalah lampu utama. Sementara dibawah lampu utama terdapat fog lamp dan lampu sein. Lampu depan truk ini juga dibekali grill cover, bagian grill cover ini juga bisa dibuka dengan mudah. Pada bagian sampingnya juga sudah dibuatkan 3 buah pijakan kaki.







Foto tampak depan.




Tampak samping.

Ilustrasi: Facebook AFT Trans.


Kita beralih ke sisi interiornya gan sist, ketika kita membuka pintu maka akan terdapat cup holder pada bagian sisi kedua pintunya. Cup holder ini juga terdapat di dashboard bagian tengah. Pada bagian kursinya juga terdapat pengaturan elektrik, artinya kursi sopir bisa diatur posisi tinggi atau rendahnya sesuai keinginan sopir.

Pada bagian pintu truk (dekat dengan kaca) juga dilengkapi dengan tombol elektrik mirror yang bisa digunakan untuk mengatur posisi spion, sehingga bisa memberi sudut pandang yang lebih luas kepada sopir. Elektrik mirror ini juga dilengkapi pemanas, sehingga sewaktu kondisi hujan atau kabut, spion tidak berembun (tetap jernih). Truk MAN 40.440 juga sudah dilengkapi power window untuk pengaturan kaca jendelanya, sama seperti sistem pada mobil pribadi kekinian.




Tombol pada kursi, bisa digunakkan untuk menaik turunkan posisi kursi.

Ilustrasi: Tangkapan Layar Chanel Youtube Mobil Gede.




Cup holder pada pintu.




Tombol power window dan elektrik mirror pada pintu sopir.

Ilustrasi: Tangkapan Layar Chanel Youtube Seputar Tambang.


Pada bagian dashboard terdapat setir dengan empat palang serta logo singa, setir ini juga bisa diatur tinggi atau rendahnya sesuai keinginan pengemudi. Di bagian bawah setirnya terdapat beberapa tombol seperti tombol untuk wiper dan lampu. Kabin truk ini juga sudah dilengkapi AC, selain itu terdapat fitur hiburan seperti radio serta mp3 player.

Ada dua konfigurasi dari truk ini, varian pertama adalah truk yang dilengkapi ruang sleeper, sehingga sopir bisa bergantian beristirahat saat perjalanan jauh. Sementara versi kedua adalah varian tanpa ruang sleeper. Untuk foto interiornya ada dibawah ini.




Truk dengan ruang sleeper.

Ilustrasi: Tangkapan Layar Chanel Youtube Mobil Gede.




Tampilan dashboardnya.







Panel pengaturan AC serta tombol on road dan off road.










Ilustrasi: Tangkapan Layar Chanel Youtube Seputar Tambang.



Dibekali Sistem Modern

Truk ini sebenarnya berkonfigurasi penggerak roda 6x6, namun truk juga bisa dirubah menjadi konfigurasi penggerak roda 6x4 jika penggerak roda depan tidak diaktifkan. Selain itu truk ini bisa melaju di medan on road maupun off road, sopir tinggal memutar tombol yang terletak dibawah panel AC untuk merubah mode ke off road atau pun on road.

Misalnya truk melewati jalan yang rusak, licin, becek dan gak ada ojek maka pengemudi bisa memilih mode off road. Jika sudah kembali ke jalan yang mulus semulus kulitnya Gisel Anastasia, maka sopir bisa kembali mengaktifkan mode on road. Konfigurasi ini juga membantu sopir saat membawa beban yang berat, jika merasa tenaga kurang saat mode on road, sopir bisa beralih ke mode off road.

Untuk memilih mode on road atau off road juga cukup mudah, pengemudi tinggal memutar tombol dibawah panel AC layaknya memutar switch pada radio. Sistem ini pada truk MAN juga biasa disebut sebagai rotary switch.




Tombol untuk beralih dari mode on road dan off road.

Ilustrasi: Tangkapan Layar Chanel Youtube Mobil Gede.


Kode 40.440 pada truk ini juga mudah untuk dibaca, angka 40 berarti truk ini memiliki Gross Vehicle Weight (GVW) 40 ton. Sementara 440, berarti tenaga maksimal yang bisa dihasilkan mencapai 440 horse power.

Yang unik gan sist, truk masih berkonfigurasi standard Euro II, itu artinya truk mewah dari Jerman ini masih bisa diberi minum solar busuk produksi lokal seperti B30 (horee ! emoticon-Big Grin). Meski sudah didukung teknologi 'Common Rail Engine', namun truk masih kuat diberi bbm dengan nilai Cetane Number rendah.

Tentu pemilik truk harus rajin mengecek sekaligus mengganti filter solarnya, agar mesin tetap berfungsi dengan baik. Karena kebanyakan truk ini dipakai perusahaan jasa ekspedisi atau logistik, maka BBM-nya sudah pasti memakai Pertamina Dex. Sebenarnya untuk mesin dengan teknologi common rail lebih baik memakai Pertamina Dex dengan angka cetane 55, sementara mesin diesel konvensional cukup dengan angka cetane 44.




Truk MAN saat sudah disambungkan dengan trailer.

Foto: afttrans.co.id


Beralih ke sistem pengereman, truk MAN ini sudah dibekali sistem modern seperti EBS, ABS serta retarder. Hal ini merupakan hal wajib bagi setiap truk modern buatan Eropa. Untuk sistem pengeremannya TS rasa sudah cukup bagus.

Sebagai tambahan, untuk tempat duduk sopir sudah dilengkapi air suspension, sehingga sopir tidak merasakan getaran saat lewat jalan nasional yang kebetulan belum sempat dapat jatah aspal. Sementara pada bagian kursi Co-Driver masih belum dilengkapi air suspension.




Foto: Twitter @aft_trans.


Truk MAN 40.440 dibekali mesin diesel common rail D2676 enam silinder in-line yang dilengkapi turbocharging dan intercooling. Untuk kapasitas mesinnya adalah 12.400 cc dengan tenaga maksimal yang bisa dihasilkan adalah 440 HP pada putaran mesin 1900 rpm. Untuk torsinya adalah 2100 Nm pada putaran mesin 1050-1200 rpm. Tenaga dari truk ini lantas dikimpoikan dengan transmisi manual 16 kecepatan.

Truk MAN 40.440 saat ini sudah dijual sebanyak 500 unit di Indonesia. Untuk harga per unitnya adalah Rp 2,5 Miliar (on the road, pelat kuning), kalau mau dirubah ke pelat hitam tambah 50% untuk BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor).

Truk MAN 40.440 yang TS tahu peggunaannya dipakai oleh AFT Trans yang merupakan perusahaan logistik, mereka punya armada MAN seri terbaru mencapai 20 unit. Beberapa unit diantaranya dipakai untuk membawa vaksin Sinovac kemarin.

Panjang truk ini tanpa trailer adalah 7,6 meter, jika disambung dengan trailer maka panjang keseluruhannya bisa mencapai 16-18 meter. Panjang maksimal truk trailer di Indonesia adalah 18 meter, sesuai aturan pemerintah. Biasanya truk MAN seperti ini kerap ditemui wara-wiri sebagai kendaraan di proyek geothermal untuk membawa alat berat seperti crane, excafator, maupun pipa baja dll.




Saat truk sudah disambung dengan trailer, panjanganya bisa mencapai 16-18 meter.

Foto: Facebook AFT Trans.


MAN TGS 40.440 6x6

Negara Asal: Jerman
Pabrik Pembuat: MAN
Mesin: Mesin diesel common rail D2676 enam silinder in-line yang dilengkapi turbocharging, intercooling, 12.400 cc
Tenaga dan Torsi: 440 HP pada putaran mesin 1900 rpm, untuk torsinya 2100 Nm pada 1050-1200 rpm
GVW: 40 ton
Kapasitas Tangki BBM: 400 liter
Harga: Rp 2,5 Miliar (on the road, pelat kuning)
Dipasarkan Oleh: PT Duta Putera Sumatera, Jl. DI Panjaitan No. 138, Jakarta Timur



Spoiler for Video Tambahan:



Demikian sedikit pembahasan soal kendaraan beroda banyak kali ini, semoga bisa menambah wawasan baru buat kita semua. Jika agan dan sista yang menyukai tulisan ini jangan lupa untuk rate 5, share, cendol serta komen. Terimakasih sudah membaca tulisan ini dari awal sampai akhir, sampai jumpa lagi dan tetap enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer


Referensi: 1.2.3
Ilustrasi: Seputar Tambang, Mobil Gede, afttrans.co.id
Diubah oleh si.matamalaikat 21-01-2021 15:13
selangbocor
terpencil
comrade.frias
comrade.frias dan 30 lainnya memberi reputasi
31
11.9K
119
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread14.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.