Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6000fbb8a72768558b51d7d0/kenali-penyebab-telat-menstruasi-salah-satunya-telat-makan-benarkah
Banyak wanita selalu kaget saat telat datang bulan karena apa? Karena telatnya menstruasi selalu di kaitkan dengan hamil, padahal bukan hanya hamil saja penyebab telatnya datang bulan, banyak faktor atau penyebab telatnya menstruasi.
Lapor Hansip
15-01-2021 09:19

Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?

Past Hot Thread
Seputar Wanita

Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?

Menstruasi sudah menjadi kodrat wanita di dunia, karena hanya wanita lah yang mengalami menstruasi para pria takkan pernah tahu gimana rasanya menstruasi.

Quote:Menstruasi atau haid atau kadang juga disebut sebagai datang bulan adalah perdarahan uterus secara periodik dan siklus yang normal terjadi pada wanita yang telah puber. Proses ini pun terjadi dengan disertai pelepasan endometrium. Umumnya, durasi siklus menstruasi adalah 28 hari, dengan lama menstruasi adalah 4 hingga 6 hari. Jumlah darah yang keluar pun rata-rata sebanyak 20-60 mililiter.
sumber


Datang bulan atau menstruasi yang tidak teratur memang menjengkelkan bagi perempuan, kenapa begitu?

Banyak wanita selalu kaget saat telat datang bulan karena apa?
Karena telatnya menstruasi selalu di kaitkan dengan hamil, padahal bukan hanya hamil saja penyebab telatnya datang bulan, banyak faktor atau penyebab telatnya menstruasi.

Karena telatnya datang bulan menyebabkan hormon-hormon dalam tubuh tidak teratur bahkan cepat emosi, lemas, lesu, tubuh pun menjadi cepat lelah walau hanya mengerjakan pekerjaan kecil.

Maka dari itu kita harus pintar-pintar menjaga kesehatan agar datang bulan pun lancar.

Menstruasi tidak lancar itu banyak penyebabnya.
Apa saja penyebabnya

1. Stres

Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?

Stres atau banyak pikiran akan membuat kesehatan tubuh menurun dan bahkan menjadi pemicu telatnya datang bulan.

Jadi untuk para sista jangan sampai stres apalagi banyak beban yang di pikirkan karena akan menghambat datangnya menstruasi.

Refreslah otak dan tubuh dengan hal-hal yang menyenangkan agar datang bulan lancar.

2. Olahraga Terlalu Banyak

Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?

Olahraga terlalu banyak juga tidak baik bagi kesehatan begitupun kurangnya olahraga pun tidak baik.

Olahraga terlalu banyak juga menyebabkan telatnya menstruasi karena terlalu lelah dapat menghambat keluarnya darah haid, darah haid menjadi tersumbat di dalam.

Jadi olahraga lah yang teratur agar tubuh menjadi sehat dan menstruasi pun lancar.

3. Terlalu berat Bekerja

Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?

Pemicu telatnya datang menstruasi juga di sebabkan oleh terlalu beratnya bekerja, seperti terlalu cape hingga tubuh tidak bekerja dengan baik.

Terlalu berat bekerja juga menyebabkan stres yang berlebih. Maka dari itu bekerjalah sesuai takaran jangan terlalu berlebihan. Ingatlah kesehatan lebih penting dari uang. Uang memang bisa membeli obat, Tapi obat belum tentu bisa membeli kesehatan.

4. Perubahan Jadwal Tidur

Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?

Jangan salah tidur gak konsisten juga dapat menyebabkan telatnya menstruasi loh!

Banyak orang selalu menyepelekan jadwal tidur, padahal jadwal tidur yang tidak konsisten akan menyebabkan telatnya menstruasi.

Sekreasi hormon tidak sekonsisten dan teratur seperti biasanya yang pada gilirannya mempengaruhi sekreasi hormon reproduksi.

5. Menyusui

Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?

Jangan heran ketika Ibu menyusui bayi secara eksklusif biasanya mengalami amenore atau tidak ada menstruasi selama menstruasi. Obgyn di memorial care orange coast medikal center fountain vallery California, G Thomas Ruiz Md mengatakan kondisi ini karena menyusui dikaitkan dengan tingginya tingkat hormon prolaktin.

Jadi gak perlu khwatir lagi ya jika sedang menyusui tapi tidak menstruasi.

Karena kebanyakan para sista selalu kwatir akibat keterlambatan menstruasi.

6. Telat Makan atau Makan Tidak Cukup

Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?

Nah penyebab menstruasi juga bukan hanya tidur tidak konsisten. Tapi akibat makan tidak konsisten atau telat makan juga bisa menjadi penyebab telatnya menstruasi loh! Apalagi kalau makan tidak cukup itu bisa jadi penyebabnya. Akibat kurangnya makan mengakibatkan turunnya berat badan sehingga menyebabkan telatnya menstruasi. Saat menurunnya berat badan, otak tidak mengeluarkan hormon pelepas gonadotropin (GnRH)

GnRH adalah hormon yang mengontrol sekresi hormon lain yang dilepaskan oleh kelenjar pituitari, termasuk hormon reproduksi seperti FSH dan prolaktin. Karena itu, kelenjar pituitari tidak akan menerima sinyal bahwa ia perlu mengeluarkan hormon reproduksi, dan ini akan mengakibatkan menstruasi yang telat.

Nah itulah sebagian penyebab telatnya Menstruasi.

Jadi jika para sista ingin menstruasi nya lancar jaga kesehatan, hindari penyebab-penyebab di atas. Karena lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Jika GanSist di sini mau menambahkan atau diskusi santai kuy di kolom komentar, jangan lupa cendol segar, rate dan share jika bermanfaat.


Belajar Bersama Bisa dan Terimakasih

Sumber: klik dan klik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?
15-01-2021 09:20
Nah gimana para sista pernah ngalamin?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?
15-01-2021 09:20
Atau mungkin sering?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?
17-01-2021 10:12
Iya tuh, paling berefek tuh ketika stres datang, nanti menstruasi pasti nelat walaupun berapa hari doang
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?
17-01-2021 14:15
Maksih infonya
0 0
0
Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?
17-01-2021 16:08
Stres bener sih dan akhirnya jatuh sakit. Akhirnya berusaha biar ga gini lagi, harus sehat!!!!
profile-picture
ben.cumberbatch memberi reputasi
1 0
1
Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?
17-01-2021 16:58
Stres nih yang paling sering dialami, dan ga sadar bikin telat mens.
0 0
0
Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?
19-01-2021 13:56
ya ini nih yg bikin cowo deg2an
0 0
0
Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?
20-01-2021 05:48
Nice info sist.. yang ane tahu selama ini sih biasanya telat menstruasi karena stres dan menyusui tapi pola makan dan hidup yang kurang teraturpun bisa menyebabkan telat datang bulan ya.. makasih infonya sist..
0 0
0
Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?
21-01-2021 17:37
stress tuhhh pasti ngaruh bgttt di ane deh bener2 ngerusakkkk jadwal mensss. sama telat makan2an tuh jgg
0 0
0
Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?
22-01-2021 17:16
hah telat makan bisa jadi penyebab ya sis
waaaah baru tau ane
0 0
0
Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?
22-01-2021 18:16
gue pernah sih ga mens 6 bulan ternyata hormon gue ga seimbang dan over weight, tapi semenjak ngatur makan dan minum air putih yang banyak akhirnya normal lagi.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?
26-01-2021 13:00
pernah gara gara kurang istirahat
0 0
0
Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?
30-01-2021 19:13
stress bener2 ngefek buat jadwal mens jadi telat emoticon-Frown
0 0
0
Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?
30-01-2021 19:14
sebelum mens h-7 pasti suka sakit demam dan mual-mual bikin ga nafsu makan dan akhirnya mens jd telat juga
0 0
0
Kenali Penyebab Telat Menstruasi Salah Satunya Telat Makan! Benarkah?
26-02-2021 02:49
dan bisa juga berat badan bertambah dengan cepat sis bisa buat telat menstruasi jadi hormon kita gak seimbang. baru terjadi sama ane nih terus ke dokter deh.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia