DailyBugleAvatar border
TS
DailyBugle
Pindah Agama Hingga Jadi Pendeta, Perjalanan Hidup Junaedi Salat

Junaedi Salat [YouTube/Thoms Hallyess TV]

Matamata.com - Pada Senin (18/1/2021) kemarin, aktor senior Junaedi Salat meninggal dunia dalam usia 70 tahun. Potret lawas Junaedi Salat diunggah oleh Yati Octavia, sahabat sekaligus lawan mainnya di film Ali Topan Anak Jalanan . "Selamat jalan sahabat," tulis Yati Octavia dikutip dari Unstagramnya, Selasa (19/1/2021).

Junaedi Salat lahir di Lampung pada 1 September 1950. Junaedi pindah ke Jakarta dan melanjutkan pendidikan hingga SMA setelah menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Menengah Pertama (SMP),


Yati Octavia dan Junaedi Salat (Instagram/@yatioctaviapangky)


Kariernya sebagai aktor berawal saat di Taman Ismail Marzuki dia bekerja sebagai pengurus gedung. Dia kemudian mendapat tawaran untuk bermain film dan langsung mendapat peran utama di film Aku Tak Berdosa bersama aktris Dewi Puspa.

Junaedi beradu akting dengan aktris Yenny Rahman, untuk membintangi film kedua, berjudul Susana dua tahun berselang, tepatnya pada 1974.

Nama Junaedi Salat makin wangi setelah bintangi film Ali Topan Anak Jalanan pada 1977. Film tersebut sukses besar.Selain menjadi aktor, Junaedi Salat juga terampil menulis lagu. Ia ikut menciptakan lagu Sabda Alam dan Juwita bersama almarhum Yockie Suryoprayogo dan dinyanyikan oleh almarhum Chrisye.

Junaedi Salat juga pernah berduet dengan Guruh Soekarno Putra dalam lagu 'Dambaanku Lukisan Dewata'. Kemudian, bersama Gitto Rollies lewat lagu Kupu-Kupu Malam.

Sepanjang hidupnya, musisi sekaligus aktor tersebut sukses menelurkan beberapa album musik, di antaranya, Burung Camar, Joni Teler, Vonny Sumlang, album Guruh Soekarno Putra Gilang Indonesia Gemilang, dan album Chrisye Percik Pesona.

Sedangkan beberapa film yang pernah ia bintangi diantaranya berjudul Pacar Pilihan (1975), Ali Topan Anak Jalanan (1977), Puber (1978), Mencari Cinta (1979), Colak Colek (1979), Gita Cinta dari SMA (1979), Remaja di Lampu Merah (1979), Gadis Kampus (1979), dan Di Ujung Malam (1979).

Junaedi Salat kemudian menjalani pernikahan beda agama dengan Mauli, sang istri yang beragama Kristen. Kehidupan pribadi Junaedi mulai dirundung masalah mulai dari perceraian hingga kecanduan narkoba.

Junaedi Salat memutuskan untuk masuk Kristen pada tahun 80-an. Dia lantas pensiun jadi seniman dan memilih menghabiskan sisa hidupnya sebagai seorang pendeta.


https://www.matamata.com/seleb/2021/...-junaedi-salat
kakekane.cell
jims.bon007
Jazed
Jazed dan 6 lainnya memberi reputasi
7
3.6K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.