• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengenang Kembali Internet di HP Pada Saat Jaman WAP, Lambat Bukan Main

cintadine
TS
cintadine
Mengenang Kembali Internet di HP Pada Saat Jaman WAP, Lambat Bukan Main
Sejak smartphone menjadi barang yang umum, akses internet pun menjadi lebih mudah dan lebih canggih karena telah menggukanakan teknologi 4G. Tarif internet di perangkat smartphone pun termasuk terjangkau walaupun sebenarnya di Indonesia masih agak mahal.

Akses internet lewat ponsel memang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Mulai dari sekedar browsing, bermain game, streaming, hingga untuk aktivitas belajar online, semuanya membutuhkan koneksi internet.

Namun di masa lalu, internet di ponsel tidak secanggih sekarang. Dulu teknologinya masih menggunakan WAP dan GPRS dengan kecepatan yang lambat dan tarif yang mahal. Selain itu tidak semua orang bisa mengakses internet lewat ponsep. Nah, sekedar untuk mengingat kembali. Berikut ini adalah 5 hal yang ada pada masa internet WAP dan GPRS di masa lalu.

1. Tarif Mahal

Memang sih, tarif data internet di masa sekarang juga tidak murah-murah amat. Tapi jika dibandingkan dengan jaman dulu, jelas tarifnya terasa berbeda. Dulu tarif internet termurahnya adalah Rp. 1/KB. Sekilas memang terdengar murah, tapi coba hitung kembali. Artinya dengan data unduhan 1GB, berarti membutuhkan tarif sebesar Rp. 1000.000. Dulu paket internet Axis 15MB harganya Rp. 1500 dan itu termasuk murah meriah. Sekarang data 15MB bolak balik sebentar di Instagram juga langsung habis.

2. Setting GPRS

Smartphone jaman sekarang nyaris semuanya sudah disetting otomatis agar semua provider bisa langsung digunakan untuk internetan sehingga pengguna tak perlu mengubah setelan APN. Dulu, untuk bisa internetan dengan lancar, harus setting GPRS dulu berdasarkan pengaturan yang diberikan oleh provider. Biasanya caranya adalah dengan menelepon customer care terlebih dahulu.

3. Waptrick.com

Pengguna internet di hape jaman dulu belum mengenal Whatsapp dan Instagram. Salah satu situs yang paling sering dikunjungi adalah situs yang menyediakan konten gratisan seperti Waptrick dan Gratisindo. Situs tersebut bisa dikunjungi dengan fitur GPRS. Biasanya penggunanya mengunduh beraneka konten seperti wallpaper, ringtone, hingga lagu beformat MP3. Khusus untuk lagu, perlu waktu lebih lama untuk mengunduhnya.

4. Kecepatan Alakadarnya

Di jaman Wireless Aplication Protocol (WAP), kecepatannya hanya sebatas GPRS dan Edge yang masih di bawah 3G. Sehingga kecepatannya dipastikan melaju sangat pelan. Untuk bisa mengunduh lagu dengan size 2MB saja bisa memakan waktu hingga 10 menit bahkan lebih. Maka, situs WAP yang bisa dibuka juga masih sederhana dan belum bisa membuka dan memutar video.

5. Mengunduh Game Java Gratisan

Dulu, game tentu saja tidak seperti era Android seperti sekarang. Game masih banyak menggunakan format Java dengan size kecil. Ada cukup banyak situs yang menyediakan game Java gratisan. Padahal saat itu kebanyakan game Java tidak gratis dan harus dibeli melalui layanan SMS premium. Game Java yang paling banyak diunduh saat itu salah satunya adalah Asphalt, Assassin's Creed, dan King King.

Gimana gan, buka situs apa aja agan pada saat masih jaman WAP/GPRS? emoticon-Ngakak

Quote:
Diubah oleh cintadine 19-01-2021 04:34
vhyziviqririatraofficialthoriq
officialthoriq dan 78 lainnya memberi reputasi
77
14.3K
328
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.