• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mobil Listrik Itu Lebih Murah Dari Pada Mobil Konvensional, Ya?

qonidioAvatar border
TS
qonidio
Mobil Listrik Itu Lebih Murah Dari Pada Mobil Konvensional, Ya?


Teknologi Mobil Listrik Akan Menjadi Alternatif Baru


Quote:



Indonesia apakah sudah siap dengan adanya mobil listrik?

Kemarin ane sempat chit chat dengan teman-teman untuk menanyakan tanggapan mereka tentang mobil listrik. Sebagian besar merasa ingin memilikinya, terlebih beberapa teman ane yang tinggal di Jakarta.

Sebut saja teman artis azab Adri Austin atau penulis yang memasok novel teenlit di berbagai perpustakaan sekolah Mbak Bisri. Keduanya ingin beralih kepada mobil listrik kalau Indonesia sudah benar-benar siap dengan konsekuensinya.

sumber

Kiranya apa yang perlu disiapkan untuk itu, ya?

Kemungkinan besar adalah tempat charger mirip pom bensin, jalanan yang mulus, dan pengetahuan dasar bagi pengguna mobil listrik. Pengetahuan ini seperti penyuluhan gitu Gansist, soalnya kebanyakan masih meragukan atau memiliki ketakutan tentang konsleting saat berkendara.


Saat ane membaca beberapa komentar di akun you tube riview mobil listrik yang sudah masuk ke Indonesia misalnya, mereka benar-benar exited akan kehadiran kendaraan roda empat tersebut. Garansi yang ditawarkan pihak pemgembang Hyundai atau Tesla rata-rata 8 tahun, hingga ini pun juga disorot sebab warga Indonesia belum ada yang menggunakan mobil listrik selama 8 tahun.

Quote:



Sepertinya Indonesia semakin bersungguh-sunggguh akan menggunakan mobil listrik di masa depan. Hal ini mungkin saja benar, terlebih konon katanya mobil listrik itu irit biaya.

Yang ane tahu, mobil listrik kerap diklaim lebih murah, hingga 5X lebih irit dari pada mobil konvensional atau mobil biasa yang menggunakan bahan bakar minyak sebagai energi penggeraknya.


gambar pengisian daya dari sumber Shutterstock


Sebut saja ketua GAIKINDO yang pernah mengatakan kalau mobil listrik jauh lebih irit jika dibandingkan dengan mobil konvensional.

Orang Indonesia ketika mendengar sesuatu yang murah, maka mereka akan berbondong-bondong untuk stalking. Terlebih bapak presiden juga pernah menjajal mobil listrik, hingga rakyat pun mulai memahami dan berpikir 'mungkin itu gunanya dibangun jalan tol' termasuk ane pribadi.


Menteri BUMN, pak Erick Thohir juga mendukung penuh pengembangan mobil listrik, karena irit biaya dan mengurangi impor BBM untuk Indonesia.

Kenapa Indonesia memilih mobil listrik untuk penunjang berkendara?

Sebab Indonesia harus menjaga ketahanan energi yang sudah dimilikinya dan harus digunakan sendiri agar keuangan negara juga stabil. Hal ini ane mendukung penuh mobil listrik di Indonesia .


Kita ketahui bersama, kalau negara kita yakni Indonesia telah mencukupi kebutuhan akan BBM mencapai 1,3-1,5 juta bph tiap harinya. Ane yakin, Indonesia akan semakin meningkatkan kebutuhan BBM ini, jika mobil listrik tidak lekas menggantinya. Sebaiknya kita Gansist turut mendukung keberlakuan mobil listrik, ya ini sekedar saran dari ane yang belum tahu banyak tentang penghematan biaya negara. Hingga besar harapan ane kalau Indonesia bisa bebas hutang dan bertapak pada kakinya sendiri.


Sejak pelajaran IPA masuk ke tingkat SD, sejak saat itu pula anak-anak sudah dikenalkan dengan keberlimpahan energi alam yang dimiliki Indonesia dan akan sangat sia-sia jika tidak dimanfaatkan secara maksimal. Hingga mobil listrik, sekali lagi menunjang penuh kemanfaatan energi domestik Indonesia.


Apakah mobil listrik bisa terjangku dikantong atau mobil listrik apa yang paling murah?


gambar


Senenarnya ada mobil listrik paling murah, yakni produksi dari negara China. Mereka adalah mobil listrik Wuling E100 dan E200 yang konon bisa diisi daya hanya dengan melakukan pencolokan di rumah saja. Namun, konon pihak China mengklaim kalau jenis mobil ini agak kurang cocok dengan masyarakat Indonesia, karena ukurannya yang mini dan hal lainnya. Harga mobil tipe Wuling buatan China ini hanya Rp. 200 jutaan.

Menurut beberapa artikel yang ane baca pun, termurah kedua dibintangi oleh Hyundai. Namun, untuk lebih jelasnya Gansist bisa mengkofirmasinya pada dealer penyedia mobil listrik.


Murah apa dibarengi nilai yang bagus?

gambar

Bisa jadi benar, sebab estimasi penggunaan mobil listrik elektrik ini ada yang tipe 2, yaitu tenaga hybird, di mana ada sumber daya tambahan dari angin surya, batu bara, dan lain sebagainya.

Kapan mobol listrik benar-benar murah di Indonesia?

Kemungkinan besar sekitar 2 tahun lagi, teelebih banyak orang berkompeten mengatakan kalau Indonesia akan menggunakan SDM-nya untuk membuat cadangan baterei sendiri dan merakitnya sendiri.


Akhirnya, dengan perasaan senang ane mengatakan turut mendukung pemerintah yang mencanangkan mobil listrik untuk Indonesia lebih tahan terhadap tanah dan sumber daya alam yang dimilikinya. Selain dari pada mobil listrik juga banyak digaungkan hemat biaya alias murah meriah.

Besar harapan ane, thread ane lolos seleksi dari pihak juri event kreator. Terimakasih dan terima saran dari Gansist semua. Selamat Pagi!


Sumbernya di 1, 2, 3, 4, 5 6ditambah oponi pribadi dari @qonidio
Diubah oleh qonidio 18-01-2021 22:16
orangemonkey
ningka
lianasari993
lianasari993 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.1K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread14.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.