GuinesshaAvatar border
TS
Guinessha
Jenis Phobia Ini Takut Akan Surga, Kok Bisa?

emoticon-Hot NewsYukk Simakk...

Hallo agan semua kali ini gue bakalan bahas mengenai salah satu phobia yang sedikit aneh, entah ada atau tidak yang menderita, tapi kita bakalan bahas tentang uranophobia atau ketakutan terhadap surga. So, langsung saja kita bahas.

Apa Itu Uranophobia?

Uranophobia adalah ketakutan akan surga atau langit. Asal kata urano adalah bahasa Yunani (artinya mengangkat) dan fobia adalah bahasa Yunani (artinya ketakutan). Uranophobia dianggap sebagai fobia spesifik, yang dibahas di halaman Jenis Fobia. Uranophobia juga disebut Ouranophobia.

 

Apa Penyebabnya?

Tidak banyak literatur tentang penyebab uranofobia, tetapi sebagian besar setuju bahwa penyebab uranofobia dapat memengaruhi situasi yang serupa dengan yang terjadi pada fobia lain. Misalnya, pengalaman traumatis masa lalu, yaitu kecelakaan, pengalaman mendekati kematian atau pendidikan agama yang sangat religius.

Mungkin saja, orang yang terkena dampak telah secara sistematis diancam akan masuk neraka atau tidak mendapatkan pijakan melalui perbuatan buruk moral selama masa kanak-kanaknya, baik oleh pendeta atau oleh sekolah atau guru agama. Hal ini membuatnya berpikir bahwa tidak ada yang dia lakukan akan cukup untuk naik ke surga ketika dia meninggal.

Penyebab lainnya adalah bahwa orang tersebut telah mengalami krisis kesedihan yang tidak terduga dan ini telah memicu ketakutan yang meluas akan kematian atau bentuk uranofobia lainnya. Kehadiran sebelumnya dari fobia serupa atau terkait lainnya juga mempengaruhi orang tersebut untuk menghadirkan fobia spesifik ini.

Akhirnya, akan ada beberapa kasus di mana orang tersebut tidak dapat mengingat asal-usul ketakutannya atau hal yang sama tergeser menurut logika. Misalnya, orang tersebut mungkin telah mengalami pelecehan seksual dan dari sana, karena mengungsi, mulai takut akan langit sebagai ruang kehidupan setelah kematian.

 

Apa Saja Gejalanya?

Seperti fobia lainnya, gejalanya berbeda-beda pada setiap orang tergantung pada tingkat ketakutan mereka. Gejala fobia yang paling umum adalah gemetar, nyeri dada, jantung berdebar-debar, tekanan darah tinggi, sesak napas, bicara cepat atau ketidakmampuan berbicara, mulut kering, sakit perut, mual, dan rasa panas atau dingin.

 

Cara Pengobatan

Perawatan uranofobia tidak berbeda dari fobia lainnya, dan mungkin termasuk penggunaan obat-obatan Psikotropika, Menurut penilaian spesialis dan kemauan atau minat pasien. Biasanya, konsumsi obat psikoaktif dapat dibenarkan bila ada serangan panik atau intensitas kecemasan fobia yang sangat tinggi.

Di bidang psikoterapi, sangat umum menggunakan terapi perilaku atau kognitif. Dalam terapi perilaku, tujuannya adalah untuk memaparkan orang tersebut pada situasi yang menakutkan. Tapi ini bisa dilakukan dengan pendekatan yang berbeda. Salah satu yang paling banyak digunakan, untuk keefektifan dan penghormatan terhadap ritme pasien, adalah desensitisasi sistematis.

Nah, itulah penjelasan mengenai phobia ini. Gimana menurut agan semua apa kira-kira Agan pernah menglami phobia ini?. So, sekian thread kali ini semoga bermanfaat dan menghibur.

Sumber referensi : Pribadi & Disini, Disini

Sumber gambar : Google Image

emoticon-2 Jempol

Terimakasih udah pada baca

 


Diubah oleh Guinessha 18-01-2021 04:39
doobey
m4ntanqv
liramarlinda
liramarlinda dan 15 lainnya memberi reputasi
16
5.1K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.