News
Batal
KATEGORI
link has been copied
34
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6004d9a8c820841949504d11/bio-farma-bantah-ribka-soal-vaksin-polio-bikin-lumpuh
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir membantah pernyataan anggota DPR Komisi IX dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Ribka Tjiptaning mengenai fenomena lumpuh yang dialami oleh sejumlah warga usai mendapatkan vaksin polio. "Perlu kami jelaskan juga terkait ada kejadian di 2005 di mana yang isunya ada yang setelah di vaksin polio lumpuh.
Lapor Hansip
18-01-2021 07:43

Bio Farma Bantah Ribka soal Vaksin Polio Bikin Lumpuh

Bio Farma Bantah Ribka soal Vaksin Polio Bikin Lumpuh

Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir membantah pernyataan anggota DPR Komisi IX dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Ribka Tjiptaning mengenai fenomena lumpuh yang dialami oleh sejumlah warga usai mendapatkan vaksin polio.

"Perlu kami jelaskan juga terkait ada kejadian di 2005 di mana yang isunya ada yang setelah di vaksin polio lumpuh. Sebenarnya informasinya tidak seperti itu bu Ribka," ujarnya dalam rapat kerja bersama Komisi IX, Kamis (14/1).

Menurutnya, kelumpuhan itu bukan disebabkan oleh vaksin polio, tetapi ada outbreak atau kenaikan kasus sebuah penyakit lebih dari biasanya secara tiba-tiba. Ia menjelaskan kejadian di Sukabumi itu disebabkan oleh strain virus dari luar negeri yang dibawa oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

"Jadi, ada outbreak polio di 2005 itu di desa di daerah Sukabumi. Outbreak itu terjadi bukan karena strain polio yang ada di Indonesia, tetapi ada strain (virus) asing yang dibawa dari luar oleh TKI Indonesia yang pulang kampung," jelasnya.

Namun, ia menyatakan kasus tersebut segera ditangani oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kementerian Kesehatan, dan Bio Farma dengan melakukan program vaksinasi nasional. Dengan demikian, ia memastikan kasus tersebut sudah diselesaikan.

"Jadi kami sudah tanggulangi dan sampai saat ini tidak ada lagi kasus polio," tuturnya.

Sebelumnya, politisi PDIP itu terang-terangan menolak untuk divaksin covid-19. Bahkan, ia mengaku memilih membayar denda ketimbang disuntik vaksin covid-19.

"Kalau persoalan vaksin saya tetap tidak mau divaksin maupun sampai yang 63 tahun bisa divaksin, saya sudah 63 tahun nih. Mau semua yang usia boleh, tetap, misalnya hidup di DKI Jakarta semua anak cucu saya dapat sanksi Rp5 juta mending saya bayar," ujarnya dalam rapat tersebut.

Alasannya, Ribka mengisyaratkan masih meragukan vaksin covid-19. Berkaca dari pengalaman pemberian sejumlah vaksin lainnya, yang justru membuat orang lumpuh hingga meninggal dunia.

Misalnya, vaksin anti polio membuat sejumlah orang lumpuh di Sukabumi dan vaksin anti kaki gajah di Majalaya menyebabkan 12 orang meninggal dunia.

"Jadi, jangan main-main vaksin ini, saya yang pertama bilang saya yang pertama menolak vaksin. Kalau dipaksa pelanggaran HAM tidak boleh memaksa begitu," imbuhnya.


-- -- -- -- -- ---- ---

Harusnya bisa diproses itu
menyebarkan berita bohong


emoticon-army:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valkyr1 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Bio Farma Bantah Ribka soal Vaksin Polio Bikin Lumpuh
18-01-2021 08:06
calon thread sepi
bingung cebong menyembah mana
emoticon-Ngakak

apa mau nyalahin kadrun?
emoticon-Ngakak
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Bio Farma Bantah Ribka soal Vaksin Polio Bikin Lumpuh
18-01-2021 08:08
Pileg ke depan ya terpilih lagi. Ajaib memang
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bio Farma Bantah Ribka soal Vaksin Polio Bikin Lumpuh
18-01-2021 08:10
Tuntut aja itu pencemaran nama biofarma itu
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Bio Farma Bantah Ribka soal Vaksin Polio Bikin Lumpuh
18-01-2021 08:16
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Bisa cek berita lama juga

Quote:Jakarta - Pemeriksaan terhadap kasus lumpuh layuh di tiga kecamatan di Sukabumi, Jabar, terus dilakukan. Meski dari temuan terdapat 17 kasus, sejauh ini baru empat kasus yang dinyatakan positif polio."Dari semua kasus yang dilaporkan tidak satu pun yang mendapatkan imunisasi polio dasar," kata Dirjen PPM dan PL Depkes Prof Dr Umar Fahmi Achmadi dalam rilisnya yang diterima detikcom di Jakarta, Rabu, (11/5/2005).

detik



Quote:Pakar tumbuh kembang anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr. Soedjatmiko, SpA (K), Msi menceritakan, wabah polio yang menghebohkan masyarakat Indonesia pada pertengahan 2005 sampai 2006, terjadi karena adanya kontak langsung antara jamaah haji asal Indonesia dengan jamaah asal Sudan dan Nigeria. Di mana sejak 2003 sampai 2006, kedua negara tersebut mengalami wabah polio dengan jumlah kasus yang cukup banyak.

"Saat orang yang mengalami kontak langsung itu pulang ke kampung halamannya, dan di kampungnya banyak orang yang tidak mau diimunisasi, semakin cepatlah penyebarannya. Tak pelak dalam waktu singkat, empat desa yang ada di Jawa terserang virus itu. Dan dalam waktu dua minggu, mengalamilah yang namanya polio," kata Soedjatmiko.

Akibat dari penyebaran yang begitu cepat, 1.500 orang dinyatakan lumpuh, dan sekitar 350 orang dinyatakan lumpuh total dan akhirnya meninggal dunia. "Semua yang kena ini rata-rata mereka yang tidak diimunisasi. Ada satu keluarga, di mana salah seorang anggota keluarganya tidak diimunisasi menjadi korban. Sedangkan yang diimunisasi lengkap, hanya terkena dampaknya sebentar saja," kata Soedjatmiko.

liputan 6


Ribka Tjiptaning menolak vaksin beralasan, salah satunya, bahwa vaksin mengakibatkan lumpuh layu di Sukabumi tahun 2005,

ternyata hoaks
yang ada justru kebalikannya,
gara2 dikit yang divaksin
kemudian terjangkit polio impor
yang gak divaksin kena polio / lumpuh
yang divaksin terkena dampak sebentar saja (lebih ringan)

berarti Ribka ini menyebarkan berita bohong emoticon-army:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cupu1971 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Bio Farma Bantah Ribka soal Vaksin Polio Bikin Lumpuh
18-01-2021 08:22
Laporin polisi aja, bisa kaca usaha pemerintah ngatasin pandemi kalo orang2 macam si ribka dibiarin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cupu1971 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Bio Farma Bantah Ribka soal Vaksin Polio Bikin Lumpuh
18-01-2021 08:23
Wkwkwkwk,
Bego bener si ribka
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Bio Farma Bantah Ribka soal Vaksin Polio Bikin Lumpuh
18-01-2021 08:33
emoticon-Turut Berduka

Padahal bu ribka itu cuman sakit hati ga di jadiin menteri
Bu jangan jumawa ya
Kalau ibu duitnya banyak bisa vaksin sendiri bisa bayar denda
Kasihan masyarakat umum yg penghasilan pas pasan terus denger omongan ibu jadi takut vaksin
Materi gampang berbalil bu

Barisan sakit hati jangan kasih panggung
emoticon-Lempar Bata
profile-picture
profile-picture
fadhiel10 dan masgembus memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bio Farma Bantah Ribka soal Vaksin Polio Bikin Lumpuh
18-01-2021 08:34
bisa membuktikan gak?
klo emang bener tujuannya apa, usut tuntas!
klo ga bener si ribka ini harus ditangkap.
dia punya kapasitas sebagai wakil rakyat, klo tau dari dulu kenapa diam aja??
profile-picture
profile-picture
Cupu1971 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Bio Farma Bantah Ribka soal Vaksin Polio Bikin Lumpuh
18-01-2021 08:36
Tangkap Ribka.
Buang ke Pulau Buru.

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
secer dan kakekane.cell memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bio Farma Bantah Ribka soal Vaksin Polio Bikin Lumpuh
18-01-2021 08:51
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Bio Farma Bantah Ribka soal Vaksin Polio Bikin Lumpuh
18-01-2021 09:02
Kok kalo memang dia sebar hoaks ga di cyduck sihhhh ribka inii
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Bio Farma Bantah Ribka soal Vaksin Polio Bikin Lumpuh
18-01-2021 09:04
banteng sakit hati...
mending jadi sapi dari pada ngerusuh dari dalem

biofarma siapin lawyer tuntut pencemaran nama baik.....biar kapok.

emang gak semua yg ngaku dokter itu cerdas
0 0
0
Bio Farma Bantah Ribka soal Vaksin Polio Bikin Lumpuh
18-01-2021 09:05
idola baru kadrun antivaksin sinovac emoticon-Big Grin

setelah rijik ada ribka emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan jims.bon007 memberi reputasi
2 0
2
Bio Farma Bantah Ribka soal Vaksin Polio Bikin Lumpuh
18-01-2021 09:27
tangkap aja ni orang....pencemaran nama baik dan hoaks
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Bio Farma Bantah Ribka soal Vaksin Polio Bikin Lumpuh
18-01-2021 09:40
Wanita sableng..emoticon-Big Grin
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Bio Farma Bantah Ribka soal Vaksin Polio Bikin Lumpuh
18-01-2021 09:48
klo ga d penjara bikin kacau program pemerintah vaksinisasi Ampe thn 2024
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Bio Farma Bantah Ribka soal Vaksin Polio Bikin Lumpuh
18-01-2021 09:52
modal bacot di balas oleh pakar (modal ilmu) emoticon-Mewek
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Bio Farma Bantah Ribka soal Vaksin Polio Bikin Lumpuh
18-01-2021 10:01
Laporin dengan pasal berita bohong selama ini berasa jadi pengki naik meja sama si mbok
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Bio Farma Bantah Ribka soal Vaksin Polio Bikin Lumpuh
18-01-2021 10:13
Quote:Original Posted By caliber
Tuntut aja itu pencemaran nama biofarma itu


Quote:Original Posted By p.star7
Laporin polisi aja, bisa kaca usaha pemerintah ngatasin pandemi kalo orang2 macam si ribka dibiarin


Quote:Original Posted By anggeo
bisa membuktikan gak?
klo emang bener tujuannya apa, usut tuntas!
klo ga bener si ribka ini harus ditangkap.
dia punya kapasitas sebagai wakil rakyat, klo tau dari dulu kenapa diam aja??


Quote:Original Posted By i.am.legend.
Tangkap Ribka.
Buang ke Pulau Buru.

emoticon-Cool


Quote:Original Posted By Boergerliche
Kok kalo memang dia sebar hoaks ga di cyduck sihhhh ribka inii


Quote:Original Posted By da23
tangkap aja ni orang....pencemaran nama baik dan hoaks


pada minta di tangkep, pada gak lihat apa konteks dimana dia menanyakan dan menyampaikan materi yang menjadi viral tersebut?
dalam RDP resmi antara anggota dhewan dengan kemenkes + biofarma, jadi mau gimana juga gak bakal bisa di proses, secara penyampaian nya di dalam forum resmi, didalam gedung dhewan.
kalau mau dia di tangkep coba giring keluar dari itu gedung dhewan, bisa selip lidah baru proses

emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga

kalau saya sendiri melihat kelakuan somplak nya dia tak lebih dari menjalankan fungsi pengawasan terhadap pemerintah, kalau ada penyataaan atau salah informasi, sudah tepat pihak yang terkait memberikan koreksi dalam forum tersebut.
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan p.star7 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bio Farma Bantah Ribka soal Vaksin Polio Bikin Lumpuh
18-01-2021 10:19
Pribadi ga mau vaksin boleh. Apalagi usia udah tua. Tapi ngehasut dan ngajak itu beda cerita.

Sama kayak lu nyembah tai kebo tapi ngaku bagian dari ritual agama A. Selama lu lakuin sendiri ya bebas2 aja. Kecuali lu ngajakin se kelurahan buat ikut nyembah tai kebo dan bikin sempalan ajaran agama a.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia