News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
349
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600384ae9a972e047533ce53/jokowi-ditantang-ke-kalsel-lihat-banjir-akibat-investasi-serampangan
Direktur Eksekutif Walhi Kalsel, Kisworo Dwi Cahyono, menegaskan banjir besar di Kalimantan Selatan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir bukan sekadar cuaca ekstrem, melainkan akibat rusaknya ekologi di tanah Borneo.
Lapor Hansip
17-01-2021 07:28

Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan

Past Hot Thread
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan

Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) meminta Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk datang langsung ke Kalimantan Selatan menyaksikan bencana yang disebabkan oleh izin pertambangan dan perkebunan sawit yang serampangan.

Direktur Eksekutif Walhi Kalsel, Kisworo Dwi Cahyono, menegaskan banjir besar di Kalimantan Selatan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir bukan sekadar cuaca ekstrem, melainkan akibat rusaknya ekologi di tanah Borneo.

"Saya mendesak Presiden Jokowi bahwa Kalimantan Selatan ini masih Indonesia, jadi tolong, jangan hanya dikuras sumber daya alamnya saja, tapi juga diperhatikan, sekarang Kalsel dalam kondisi darurat bencana ekologis, konflik agraria juga luar biasa, Pak Jokowi segera turun ke Kalsel, buktikan bahwa Kalsel masih Indonesia," kata Kis saat dihubungi Suara.com, Jumat (15/1/2021).

"Kita masih cinta NKRI Negara Kesatuan Republik Indonesia, bukan Negara Kesatuan Republik Investor!," tegasnya.

Berdasarkan catatan WALHI, di tahun 2020 saja sudah terdapat 814 lubang tambang milik 157 perusahaan batu bara yang masih aktif bahkan ditinggal tanpa reklamasi, belum lagi perkebunan kelapa sawit yang mengurangi daya serap tanah.

"Ini menunjukkan daya tampung daya dukung lingkungan di kalsel dalam kondisi darurat ruang dan darurat bencana ekologis, sudah sering kita ingatkan, dari total luas wilayah 3,7 juta hektar hampir 50 persen sudah dibebani izin pertambangan dan perkebunan kelapa sawit," ucapnya.

Sebelumnya BPBD Kalsel merilis data harian hingga per tanggal 14 Januari 2021. Tercatat ada 67.842 jiwa yang terdampak dari total 57 peristiwa banjir sejak awal tahun. Khusus untuk bangunan rumah warga yang terdampak sebanyak 19.452 unit.

Akumulatif jumlah warga terdampak banjir ini masih didominasi dari Kabupaten Tanah Laut, dengan jumlah sebanyak 34.431 jiwa. Lalu, disusul Kabupaten Banjar yang tercatat sebanyak 25.601 jiwa. Sedangkan, sisanya berasal Kota Banjarbaru, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Tapin, dan sekitarnya.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor juga sudah mengumumkan wilayahnya kini berstatus tanggap darurat bencana banjir melalui Surat Pernyataan Nomor: 360/038/Bpbd/2021 tertanggal 14 Januari 2021.

https://www.suara.com/news/2021/01/1...si-serampangan

Pray for Kalsel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 41 lainnya memberi reputasi
40
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 8
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
17-01-2021 20:18
Kalau soal eksploitasi alam di kalimantan emg udah rahasia umum, tapi bukannya yg ngasih ijin pemerintah daerah ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
17-01-2021 21:53
Ngomongin lingkungan di negara berkembang?
Hahahahahahajalah
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
17-01-2021 22:27
liat lagi izin tambang dan izin lingkungan nya yang stempel presiden apa pemkabnya sendiri. sebenarnya simpel setiap kegiatan sudah ada amdalnya tinggal pelaksanaan dan pemantauan di lapangan benar2 ditegakkan.
profile-picture
Daniyalm memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
17-01-2021 23:50
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
18-01-2021 05:46
Ya tentu butuh keadilan dari presiden karena selama ini belum banyak daerah lain yang disorot
0 0
0
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
18-01-2021 05:53
Yaa ini udh akibat dr masa lalu juga sih...
Jaman dl ijin sana sini ga ketulungan, ane jd saksi hilangnya semeter demi semeter hutan Kalselteng...
Gara2 ketamakan birokrat, so kita skrg yg nerima akibatnya...

Ga usah salahin sana-sini, justru dgn kejadian sekarang harusnya eksekutif legislatif n Masyarakat lbh mawas diri lh
Ini aja jd pengalaman bt kita semua,
Kata kakek n alm.ayah ane aja, seumur-umur kampung ane di barabai ga pernah banjir besar ky gini...
Klo banjir spot2 yaa adalah cmn cpt aja surutnya....
Cmn yg kali ini luar biasa bener
profile-picture
profile-picture
profile-picture
renofizaldy dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
18-01-2021 06:12
Budayakan membaca dan mencari referensi dari berbagai sumber sebelum komen, Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi SerampanganJokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
Coba lihat pelepasan hph dan hti paling jor joran ditahun berapa???👏👏👏
Otonomi daerah menjadikan pemimpin lokal seorang raja
Setiap pemimpin punya andil.
Diubah oleh santoso.w.tm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
18-01-2021 06:13
IMHO, sepanjang yg saya tahu pempus itu cuman main di wilayah usahanya, apalagi tambang jg perush luar negeri, mainan nya disitu... Klo masalah aaet daerah seperti tanah atau akses jalan, itu sudah daerah ranahnya gan, di tempat saya lho, kota Bontang, RSUD konon tanah guna area hijau dipakai, namanya apa, saya lupa, kemudian tanah di salah satu kelurahan dikuasai pejabat daerah... Lha pempus biasanya sih tau beres, artinya yg bikin laporan kan daerah, kalo penguasanya bilang oke ya oke oke saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
18-01-2021 06:15
Siapa yang salah dan benar hanya tuhan yabg maha tau,
Jadi biarkan hukum alam yg menyeleksi
Diubah oleh rayreddington
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
18-01-2021 06:18
President blm boleh kemana2 setelah vaksin gan, ntar ya nunggu setelah vaksin ke dua, ahh elah gitu aja blm paham. Nunggu bu mensos? Ntar ya kameramen blm ada dan blm dapat aktor utk diwawancara di kalsel.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
0 1
-1
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
18-01-2021 06:19
Lemah, baru banjir segitu aja mewek minta didatengin presiden. Gw di jakarta banjir sampe berhari2 biasa aja tuh
emoticon-Leh Uga

Susahnya jadi presiden tuh ya, kalo lagi beginian ga turun, katanya pilih kasih. Kalo ujug2 langsung turun, katanya pencitraan
emoticon-Ngakak

Please jangan tolol2 amat. Badan presiden itu cuma 1 dan harus ngelakuin hal lain juga. Presiden baru memulau kampanye vaksin dengan jadi orang pertama yg disuntik. Dan habis itu bukan berarti langsung bisa keluyuran ke kalimantan tong.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 26 balasan
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
18-01-2021 06:23
Pengalaman kerja di tambang batu bara per th 2016 - 2018 bagian admin, finace, urusan legal dll, untuk urusan ijin dll ngurusnya ke Pemprov setempat...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mediokersparta dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
18-01-2021 06:27
Kl jawa pny Jabar, Sumatra punya Sumbar, Kalimantan punya Kalsel 😁
Diubah oleh xrm
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
18-01-2021 06:42
Samperin pak
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
18-01-2021 06:43
Dari taon 2000 juga daerah sono rawan banjir kalo dah masuk musim penghujan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
18-01-2021 07:00
Pengusaha tambang dan kroninya kaya raya dari merusak alam, masyarakatnya cuma dapet kebanjirannya.

Kebetulan ortu ane orang sana jadi cukup sering bolak balik ke banjar. Engga pernah ada yang namanya banjir separah sekarang di banjarmasin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
18-01-2021 07:03
Habis di vaksin ga boleh ngelayab gan
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
18-01-2021 07:12
Karena warga negara ini tidak bisa memelihara lingkungan dengan baik. Hutan, area resapan hujan, dll disulap jadi tambang, kebun sawit dsb. Setelah sda nya abis pun , ditinggal gitu aja tanpa normalisasi supaya ga keluar Cost.
Prinsip : Efek negatif nya ga penting, yg penting duit ngalir ke dompet sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
18-01-2021 07:20
Apapun masalahnya yang salah tetep J O K O W I
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
18-01-2021 07:21
Ayo kadrun di goreng biar hangus
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 5 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia