omcons
TS
omcons
Panduan Liburan Tahun 2021 di Masa Pandemi


Memasuki awal tahun 2021, masyarakat Indonesia disuguhi berbagai kabar baik dan buruk terkait perkembangan pandemi virus Covid-19. Ane akan mengawalinya dengan kabar buruk, yaitu banyaknya kasus penderita Covid-19 yang hingga kini masih terus bertambah. Bahkan seringkali menciptakan rekor kasus baru. Disamping itu, ada kabar baik tentang vaksinCovid-19 yang akan mulai didistribusikan ke seluruh masyarakat.

Kini, hidup berdampingan dengan Covid-19 adalah sebuah keniscayaan yang tidak terelakan lagi. Oleh karena itu, kita wajib untuk selalu mematuhi protokol kesehatan agar kesehatan kita selalu terjaga dengan baik.

Mengingat pandemi yang belum usai, tentunya menghambat niat kita untuk melakukan aktivitas liburan. Tapi jangan khawatir, karena Ane akan memberikan panduan untuk Ente tentang apa saja yang harus diperhatikan jika ingin berlibur di masa pandemi. Simak panduannya sampai habis, ya!



  • Tentukan destinasi liburan kalian
    Sebelum berlibur, tentukan dahulu destinasi wisata seperti apa yang ingin kalian tuju. Jika ingin berwisata alam, Ane merekomendasikan untuk mendaki gunung atau berkemah. Berwisata ke tepi lautan tidak direkomendasikan di musim hujan seperti saat ini. Akan lebih baik jika Ente berlibur di sekitaran pusat kota. Ente bisa melakukan wisata kuliner atau sekadar bermalam menikmati kemegahan pusat kota.

  • Pikirkan jenis kendaraan untuk melakukan perjalanan berlibur
    Apabila Ente sudah menentukan tempat berlibur, perhatikan juga kendaraan yang akan digunakan untuk menuju ke destinasi wisata. Jika dirasa cukup jauh, Ane merekomendasikan agar Ente menggunakan pesawat terbang. Selain menghemat waktu perjalanan, kini tarif perjalanan menggunakan pesawat terbang juga sedang murah. Akan tetapi, apabila tujuan berlibur tidak terlalu jauh, Ente tetap bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bus umum. Ane sangat tidak merekomendasikan untuk berlibur menggunakan sepeda motor. Hal itu mengingat kondisi cuaca hujan deras yang kerap terjadi belakangan ini.

  • Lakukan test swab secara mandiri sebelum berlibur
    Patuhi regulasi dari pemerintah apabila Ente ingin melakukan perjalanan jauh di masa pandemi. Salah satunya adalah dengan melakukan test swab sebelum berangkat ke tempat wisata. Hal ini sangat penting untuk meminimalisir resiko penyebaran virus Covid-19 semakin meluas.

  • Jika ingin staycation di dalam kota, pilih hotel yang patuh pada protokol kesehatan
    Meskipun pandemi Covid-19 masih belum jelas kapan berakhir, akan tetapi banyak pengusaha hotel yang tidak takut akan penyebaran virus yang terjadi di dalam hotelnya. Menurut pengalaman pribadi, Ane beberapa kali menghampiri hotel di kota Jakarta yang masih mengabaikan pentingnya melakukan protokol kesehatan. Tentunya hal tersebut membuat konsumen menjadi khawatir dan menyebabkan pengalaman liburan menjadi tidak menyenangkan. Oleh karena itu, Ane sangat merekomendasikan kalian menginap di hotel yang sangat mematuhi protokol kesehatan. Lakukan riset melalui online dan lihat terlebih dahulu testimoni dari konsumen yang pernah menginap di hotel yang ingin kalian tuju.

  • Usahakan melakukan pembayaran melalui virtual payment
    Situasi di masa pandemi mengharuskan kita untuk selalu waspada terkait penularan virus yang bisa ditularkan melalui banyak cara, salah satunya adalah melalui uang berbentuk fisik. Oleh karena itu, pembayaran virtual sangat direkomendasikan di masa pandemi saat ini. Selain mencegah penularan, pembayaran virtual juga lebih simpel dan cepat untuk digunakan.

  • Hindari destinasi berlibur ke daerah yang mempunyai kasus Covid-19 yang tinggi
    Sebaiknya, hindari untuk mendatangi daerah yang kerap memiliki kasus penderita Covid-19 tertinggi. Hal tersebut penting dilakukan agar kesehatan Ente tetap terjaga dari penularan virus. Akan tetap ingin berlibur ke daerah yang memiliki kasus Covid-19 dengan jumlah banyak, pastikan Ente menghindari kerumunan orang dan selalu menjaga jarak aman.

  • Selalu terapkan 3M (Memakai makser, mencuci tangan, dan menjaga jarak)
    Patuh terhadap protokol kesehatan tentunya adalah faktor kunci untuk menurunkan kasus penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, penerapan 3M saat liburan sangatlah wajib untuk dilakukan. Selalu sediakan masker yang terpasang dan menutupi hidung dan mulut Ente. Kemudian, bawa selalu hand sanitizer untuk membunuh bakteri dan virus yang menempel di tangan kalian setelah menyentuh barang di tempat wisata. Terakhir, selalu menjaga jarak aman apabila bertemu dengan orang baru.

  • Jika masih bingung, ikuti webinar tentang berlibur di masa pandemi
    Apabila Ente masih ragu dan tetap khawatir untuk melakukan liburan di masa pandemi seperti saat ini, Ane merekomendasikan kalian untuk mengikuti webinar tentang berwisata sehat di masa pandemi. Salah satu webinar menarik yang pernah membahas hal ini adalah virtual talkshow bertajuk "Ketjeh Talks" yang diselenggarakan oleh @hotelketjeh. Sebagai media review hotel dengan reputasi yang kredibel, @hotelketjeh menyelenggarakan acara tersebut dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada publik mengenai cara liburan yang sehat dan aman di masa pandemi. Selain itu, publik yang mengikuti acara tersebut juga diberikan inspirasi pilihan destinasi wisata liburan terbaik di Indonesia.

    Ketjeh Talks kali ini hadir dengan narasumber yaitu Yulia Maria Director Marketing Communications ARTOTEL Group, dr. Grace Hananta,C.Ht Komite Kampanye Publik Gerakan Pakai Masker, Maria Susana Head of Affinnity & Direct Sompo Insurance Indonesia, Prima Wahyudi, ST Humas Genpi (Genarasi Pesona Indonesia) dan Banadhi Kurnia Dewi (Onad Cherrybelle) Putri Pariwisata Indonesia Intelegensia 2017. Para pembicara memberikan sharing mengenai tips dan trik liburan sehat ketika liburan di Indonesia selama masa pandemi.




Jadi, apakah Ente sudah paham apa saja yang harus diperhatikan saat berlibur di masa pandemi seperti sekarang ini?

Apabila nantinya Ente sudah melakukan perjalanan wisata, ceritakan ya pengalamannya di sub-forum Travellersatau Outdoor Adventure & Nature Clubs di KASKUS!
Diubah oleh omcons 14-01-2021 09:33
gustiarnyUriNami-=delicious=-
-=delicious=- dan 15 lainnya memberi reputasi
16
2.3K
104
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
Travellers
icon
23KThread10.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.