News
Batal
KATEGORI
link has been copied
159
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6004069e8d9b17384f313b2c/ribka-tjiptaning-sebut-vaksin-sinovac-rongsokan-pakar-jawab-dengan-surat-terbuka
JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ir. KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc., Lic.Eng., Ph.D. dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, menanggapi pernyataan politis PDIP Ribka Tjiptaning yang mengatakan Vaksin Sinovac rongsokan. Melalui sosial medianya, ia membagian tulisan dan menulis secara terbuka. Menurut Bagas, kritik itu bukan hanya mengungkap hal yang dikritisi, namun juga mengusulkan altern
Lapor Hansip
17-01-2021 16:42

Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka

Quote:
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ir. KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc., Lic.Eng., Ph.D. dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, menanggapi pernyataan politis PDIP Ribka Tjiptaning yang mengatakan Vaksin Sinovac rongsokan.

Melalui sosial medianya, ia membagian tulisan dan menulis secara terbuka. Menurut Bagas, kritik itu bukan hanya mengungkap hal yang dikritisi, namun juga mengusulkan alternatif solusi. Di rapat kerja itu, sama sekali bu Ribka tidak mengusulkan alternatif solusi bagi bangsa ini dalam upayanya keluar dari cengkeraman pandemi covid-19.



Berikut isi suratnya:

Di surat saya kali ini, saya hanya mengomentari ucapan-ucapan bu Ribka yang disampaikan di rapat kerja dengan Pemerintah, tanpa saya harus memahami pesan utuh yang ingin bu Ribka sampaikan.

Bu Ribka mengatakan kalau vaksin Sinovac adalah vaksin Rongsokan. Bu Ribka, anda bukan ahli Biology Molecular, bagaimana bisa anda mengatakan vaksin Sinovac rongsokan? Apakah anda punya data akademiknya? Kalau ada, mohon dishared ke publik. Anda hanya berdasar omongan orang. Ilmu pengetahuan berdasar bukti, bukan ngrumpi.

Perlu bu Ribka ketahui, vaksin hasil penelitian Oxford University, UK, tahapan uji klinis pada binatang, dilompati, karena kedaruratan,  langsung uji klinis ke manusia. Vaksin ini kira-kira menurut bu Ribka vaksin jenis apa ya? Vaksin comberan? Vaksin Oxford University, UK ini diproduksi oleh Astra Zenneca.

Kalau vaksin Sinovac adalah vaksin rongsokan, maka sama artinya anda mengatakan BPOM dan MUI adalah lembaga rongsokan, karena BPOM telah mengeluarkan ijin edar dan MUI telah mengeluarkan Sertifikat Suci dan Halal bagi vaksin Sinovac.


Sepertinya anda terjebak dalam istilah efikasi, yang ternyata setelah saya mendengarkan penjelasan anda di youtube, anda salah memahaminya. Ini link youtubenya:



BPOM menjelaskan efikasi dari vaksin Sinovac adalah 65.3%. Itu artinya, jika 100 orang divaksin, maka secara random yang akan kebal adalah 65 orang dan yang 35 orang masih bisa terinfeksi. Anda di youtube di atas bilang, yang 35 orang itu dikorbankan. Dari sini jelas, anda tidak memahi arti efikasi sama sekali. Tidak ada yang dikorbankan. Vaksinasi bukan ditujukan untuk mengorbankan orang.

Saya lihat di channel youtube lainnya, ini linknya:



judul yang tertulis di situ adalah Ribka: bisa saja yang diberikan ke Jokowi bukan Sinovac. Ucapan anda sangat tendensius.  Sebaiknya bu Ribka buktikan kebenaran ucapan itu, agar tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat. Jangan sampai ada pendapat di masyarakat, yang divaksinkan ke rakyat jelata adalah vaksin rongsokan Sinovac dan yang untuk pejabat negara merk lain yang dibenak bu Ribka adalah vaksin mahal. Saya faham, kemana ibu menggiring opini.

Nilai efikasi vaksin Sinovac itu berbeda antara di Indonesia dan di Turki, karena obyek ujinya beda. Di Indonesia, vaksin Sinovac oleh BPOM diuji ke publik awam, sedang di Turki diuji ke nakes dimana mereka dilengkapi dengan APD. Logis, nilai efikasi vaksin Sinovac di Turki lebih tinggi, yaitu di angka 90%, sangat logis. Perbedaan tersebut jangan diartikan kualitas vaksinnya berbeda.

Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka


Bu Ribka dalam banyak kesempatan selalu menyebutkan bahwa anda seorang dokter. So what? Namun, saya yakin dengan seyakin-yakinnya, masih susah bagi anda untuk memahami fakta emperik perbedaan nilai efikasi diatas.

Presiden Jokowi tidak pernah mengatakan, bahwa vaksinasi covid-19 di tanah air ditujukan untuk memutus rantai infeksi virus covid-19. Beliau mengatakan vaksinasi covid-19 ditujukan untuk membangun Herd Immumity. Itu benar.

Apakah bu Ribka faham pengertian fisis Herd Immunity? Kalau tidak faham, saya jelaskan. Herd Immunity adalah imunitas skala sosial, yang makna fisisnya adalah virus covid-19 sudah kesulitan menemukan korban baru, dengan mekanisme penularan hamburan stokastik dalam jarak efektif penularannya. Itu arti Herd Immunity. Menurut WHO, jika 70% warga bangsa sudah divaksin covid-19, maka Herd Immunity terbentuk. Penduduk Indonesia sekitar 260 juta, maka merujuk ke WHO, ada sekitar 182 juta warga bangsa yang akan divaksin. Pemerintah sudah benar.

Presiden Jokowi selalu bilang, sekalipun sudah divaksin, harus tetap mentaati protokol kesehatan, itu benar. Dan itu, karena faktor efikasi tadi.

Jika Herd Immunity sudah terbentuk, maka laju infeksi virus covid-19 akan mereda by the time.


Saya tidak berani mengatakan bu Ribka kadrun, karena saya tidak punya bukti. Maki-makian bu Ribka yang kontroversial kemarin menjadi amunisi bagi kelompok-kelompok anti Pemerintahan Presiden Jokowi untuk menyerang pemerintah.

Bagi saya pribadi, bu Ribka sosok yang sangat ekstrim, melebihi partai oposisi. Padahal Ideologi Pancasila tidak pernah bisa mengakomodir cara berfikir ekstrim. Pancasila adalah ideologi equilibrium: seimbang antara urusan pribadi dan sosial. Di rapat kerja DPR RI kala itu, tampak jelas, bu Ribka sangat egois, dimana manfaat vaksin untuk kepentingan nasional anda abaikan demi kepentingan pribadi. Saya nggak yakin kalau bu Ribka faham Pancasila dengan baik dan benar. Perilaku politik bu Ribka bukan perilaku Marhenis Sejati.

Apakah bu Ribka selalu mengupdate perkembangan pademi covid-19 di tanah air? Datanya naik terus secara signifikan. Apakah bu Ribka punya ide cemerlang untuk meredakan pandemi covid-19 di tanah air diluar cara vaksinasi? Kalau ada, mohon disampaikan ke rakyat Indonesia, baik dalam bahasa akademik atau politis. Keduanya saya bisa faham.



Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani

Sumber :
https://www.netralnews.com/ribka-tji...ngsokan-p2o0az


Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka





Sementara itu, di negara tetangga,

Harga vaksin sinovac
Diubah oleh CDrama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 30 lainnya memberi reputasi
29
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 5
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 20:03
nonjook banget surat teguran nya 😁
0 0
0
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 20:07
muannas tumben mingkem, kagak minta pulisi nangkep?
profile-picture
profile-picture
selldomba dan lontongpecell memberi reputasi
2 0
2
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 20:08
Potongannya tipe emak emak komplek yg suka julid emoticon-Leh Uga
profile-picture
jims.bon007 memberi reputasi
1 0
1
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 20:09
Stategi memeg ini
Si ribka kan kader militan memeg emoticon-Ngakak
0 0
0
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 20:13
Muanas psi mana nihh.
Ada yang ngaco gini belum dipolisiin juga?
profile-picture
selldomba memberi reputasi
1 0
1
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 20:16
Aneh pdhl s ribka itu temen jkw satu gagasan n satu ide n satu partaiemoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 20:16
WKWKWKWK RESIKO PNY ANGGOTA DEWAN SAYAP KIRI BREEE...
0 0
0
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 20:17
ga dapat jatah x ya?
kawan maupun lawan lgs di bantai!
sereeemmmm........!!!!
emoticon-Takut
0 0
0
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 20:22
Klo uda bela2in mati2an patut dipertanyakan dapet apa dr Siopac ? Uda kaga percaya ane sama omongan di negeri ini..sumpah diatas kitab suci aja dikhianati..apalagi ga sumpah
0 0
0
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 20:30
Sbnarnya hak masing2.mau divaksin atau mnolaknya.tpi alangkah baiknya kl g mau dvaksin ya sdah.g sah ngmong yg mcam2.krna presiden aja mau divaksin.jdi hrgai dan hormati presiden kita.dan ksihan sma rakyat krna bsa mnjdi bimbang
profile-picture
krs.home memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 20:40
semoga segera diberi hidayah.. berpikir sebelum berkata.. riset sebelum berargumen..
0 0
0
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 20:43
Haters gonna hate

Kayaknya ribka cocok sama zonk,nyinyir nda pakai mikiremoticon-No Hope
0 0
0
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 20:46
besok-besok jangan dipilih lagi ini orang...

udah di atas 60 tahun dan bukan usia produktif lagi, mending urus cucu aja dari pada cari duit mulu.
0 0
0
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 20:46
Di undang suntik, y datang....
Mati usaha lebih baik dari pada mati bacot g usaha....
0 0
0
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 20:52
saat cocot sama otak gak seimbang ya begini jadi nya.
otak nya tiarap, cocotnya menjulang menggapai awan.
profile-picture
jims.bon007 memberi reputasi
1 0
1
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 21:06
Buuuu.. buuu


Coba ibu nonton World War Z, liat pas endingnya gimana abis jatuh dari pesawat? Malah ke kantor WHO buat nyari ramuan/racikan untuk buat vaksin agar kebal dari zombie, itulah ibaratnyaemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 21:13
anak pekai bangga dongg. . .emoticon-Big Grin
0 0
0
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 21:50
Muka jelek, Hati jelek, otak tiarap, mulut ky machine gun. Mending mati aja...









































































emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2
Diubah oleh norain
0 0
0
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 21:53
Dr. Ribka logikanya nggak jalan.

Biar mudah ane analogikan:

Tau virus komputer? virus komputer yang paling ngerti cara bikin antivirusnya siapa?

Programmernya.


0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 22:08
cocok sekali bu ribka jadi FPI 1 gantiin ayang bibib emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia