GENKBOL
TS
GENKBOL
Pemerintah Gunakan Gelang Pelacak Untuk Predator Seksual, Begini Cara Kerjanya

Presiden Joko Widodo baru saja menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Kebiri, PP Nomor 70 tahun 2020, untuk predator seksual. Satu hal yang diatur di PP ini adalah penggunaan atau pemasangan pendeteksi elektronik untuk pelaku kekerasan seksual terhadap anak. Alat ini nantinya akan berbentuk gelang.


FYI, sebelum Indonesia, gelang ini sudah dipakai di beberapa negara, salah satunya Amerika Serikat. Tak cuma untuk mendeteksi predator seksual, gelang ini juga dipakai untuk tahanan yang menjalani hukumannya di rumah, atau tempat selain penjara. Fungsi utama dari alat ini adalah untuk mendeteksi lokasi dari pemakainya. Deteksi ini bisa dilakukan dengan menggunakan Global Positioning System (GPS), yang memakai satelit untuk memantau lokasi penggunanya.

Gelang ini bakal menerima data lokasi dari satelit, data tersebut kemudian dikirimkan ke server menggunakan jaringan seluler. Tak hanya lokasi, gelang ini juga bisa mendeteksi pergerakan penggunanya secara terus-menerus. Dan jika gelang tidak bisa berkomunikasi dengan server, ia juga masih tetap bisa menyimpan data pergerakan pengguna selama beberapa hari, sampai akhirnya data tersebut ditimpa dengan data yang baru. Data yang diperoleh akan ditampilkan ke dalam bentuk peta digital.

Untuk kebutuhan operasional, gelang ini dilengkapi dengan baterai. Pengguna harus melakukan pengisian daya untuk bisa beroperasi. Daya tahan baterai yang digunakan biasanya sekitar 40 jam. Pengguna diminta untuk memantau gelang ini supaya tetap nyala. Jika baterai habis, gelang gak nyala, dan gelang juga gak tersambung dengan server, maka ini tergolong pelanggaran.

Keren juga ya, tapi intinya sih semoga dengan adanya PP ini yang dilengkapi juga dengan gelang elektronik, kasus kekerasan seksual di Indonesia bisa berkurang drastis, dan mudah – mudah gak ada lagi kasus – kasus kayak gini.



minhakim20alifrian.viqririatra
viqririatra dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2K
14
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.4KThread10.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.