dirawan09
TS
dirawan09
Apakah kita membutuhkan Musuh Masyarakat/Public Enemy?


148

Selamat Datang di Threadku
Di dalam dunia permedia sosialan, kita sebagai penggunanya tentu ingin mencari hiburan dan manfaat bagi kehidupan kita, entah itu menambah ilmu, atau video lucu saja. Namun tak jarang bahkan sering sekali kita atau mungkin netizen Indonesia mendapati seorang public figure yang sangat kontroversial yang menjadi pusat perhatian, atau mungkin sekedar orang viral yang bikin konten menarik atau kontroversial juga. Di situ lah para manusia beramai-ramai berkumpul berkomentar ria dan ingin tahu apa yang terjadi, atau hanya ingin mengumpat memaki sejadi-jadinya. yang secara tidak langsung menjadikan mereka musuh masyarakat yang layak dibenci.

 bagaimana jika orang-orang kontroversial ini hilang? 
jawabannya yah simple gan, sosial media menjadi lebih bermanfaat, tapi agak sepi, atau bahkan sangat sepi, karena tidak ada yang bisa membakar emosi penggunanya. terkhusus Indonesia yang rerata orangnya suka kepo apalagi kalau itu udah menyangku artis. contoh: tahun 2020 banyak banget artis yang ketangkap buka BO, dan dikasih tahu inisialnya, dalam sekejap nih gan netizen berbondong-bondong nyari IG yang dicurigai adalah orang tersebut dan komen. hayoo ngaku! kita sama kok! bedanya ts cuma kepo, kalo agan mungkin komen, hehe.

Pas berita kontroversi naik, trafiknya juga naik, entah profil, ataupun berita. apalagi akun lambe turah, wew yang mengangkat masalah artis terus, rama terus kalo ada artis bermasalah, kalo gak ada, sepiiiiii.

"kenapa mereka bisa jadi pusat perhatian?"
nah ini jawabannya lumayan bisa banyak. mari ane jabarin

Jarang terjadi

Dalam contoh kasus Artis BO, tentu saja itu merupakan hal yang di luar ekspektasi kita gansis, karena jarang-jarang kan artis open BO, dan jarang-jarang juga ketangkap. atau mungkin kasus gisel 19 detik, mari jujur, apa bila agan sista udah masuk dunia selebritas yang kaya raya dan pergaulannya bisa saja sering-sering klubing, hal seperti alcohol, drugs, dan senggama, bisa saja jadi sangat lumrah terjadi di golongan itu. cuma yang keangkat permukaan itu dikit banget, makanya kita/masyarakat kaget ketika ada yang melakukan hal itu, ekspektasi dunia selebritis kita sama realita jauh beda. realitanya yah dunia selebritis bisa seperti itu. Bukan berarti seluruh artis itu jahat yah. Dan gan kalau tiap hari ada kasus kontroversi baru, perhari misal 10 gitu, pasti bosan juga lama-lama. kemarin udah masalah, hari ini masalah lagi.

Beda

Dunia kontroversi juga kayaknya lekat dengan kata beda, contoh: Nikita mirzani vs Ustadz, jarang-jarang kan ada artis ngelawan ustadz; Jeringx percaya konspirasi, well itu hak dia tapi, dia berani tampil beda terlebih lagi berani demo dan mengabaikan protokol, ada gak artis kayak gitu, gak ada; Denny Siregar yang memuji mati-matian Jokowi dengan tulisan ribetnya, mana ada jokower seperti DS di dunia perjokowian; terus juga ada Sunda Empire, nah ini paling bikin ngakak dan bikin geleng-geleng dengan klaimnya yang aneh-aneh, mana ada orang se PD itu bicara omong kosong.

sosmed sedang sepi/terlalu damai

yang terakhir mungkin paling tepat, gak ada bahan obrolan, gak ada bahan cengcengan, tiba-tiba muncul berita unik beda yang jarang terjadi, karena lagi sepi, orang-orang yah tertuju ke sebuah topic karena rame diperbincangkan aja yaitu masalah kontroversi.

Apakah kita butuh mereka?
Jawabannya bisa beda-beda gan. di satu sisi tentu kita atau media butuh orang-orang yang kontroversi agar dapat dijadikan berita karena sangat menyita perhatian masyarakat Indonesia, atau mungkin sebagai bahan referensi pemikiran, atau mungkin sebagai bahan obrolan saja, atau mungkin sebagai bahan cemoohan, who knows?
Mungkin juga tidak dibutuhkan bagi orang yang merasa benar, mereka merusak pemikiran orang lain, membuat keributan yang sebenarnya tidak diperlukan (pansos), serta mengalihkan perhatian kita dari hal penting yang harusnya jadi fokus kita.

Penutup
Jadi menurut pendapat agan apakah kita butuh public enemy sebagai hiburan atau sebagai bahan obrolan? ts sih jarang-jarang fokus ke mereka, palingan cuma tertarik sama 19 detik, sama kasusnya enggak juga, tertarik videonya iya.

bekinyotswordfish07Junmai92
Junmai92 dan 20 lainnya memberi reputasi
19
3.4K
92
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.