News
Batal
KATEGORI
link has been copied
152
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60014da8337f934c3e3784a1/dokter-dari-cirebon-sebut-vaksinasi-presiden-gagal-pb-idi-angkat-bicara
Viral sebuah surat terbuka yang meminta pemerintah mengulang proses vaksinasi virus Corona untuk presiden Joko Widodo, karena dianggap gagal. Apa tanggapan PB IDI? Dalam surat yang beredar di media sosial WhatsApp, tercantum nama dr. Taufiq Muhibbuddin Waly, Sp.PD, seorang dokter yang berasal dari Cirebon. "Setelah melihat berkali-kali video itu dan berdiskusi dengan para dokter serta para
Lapor Hansip
15-01-2021 15:09

Dokter dari Cirebon Sebut Vaksinasi Presiden Gagal, PB IDI Angkat Bicara

Dokter dari Cirebon Sebut Vaksinasi Presiden Gagal, PB IDI Angkat Bicara

Viral sebuah surat terbuka yang meminta pemerintah mengulang proses vaksinasi virus Corona untuk presiden Joko Widodo, karena dianggap gagal. Apa tanggapan PB IDI?

Dalam surat yang beredar di media sosial WhatsApp, tercantum nama dr. Taufiq Muhibbuddin Waly, Sp.PD, seorang dokter yang berasal dari Cirebon.

"Setelah melihat berkali-kali video itu dan berdiskusi dengan para dokter serta para perawat senior, maka saya menyimpulkan bahwa vaksinasi yang anda lakukan adalah gagal," tulis dr Taufiq.

Alasannya, suntikan vaksin seharusnya menembus otot, atau dalam bahasa kedokteran disebut sebagai intramuskular dan dilakukan dengan tegak lurus 90 derajat.

Menurut Taufiq, penyuntikkan vaksin Covid-19 ke tubuh presiden Joko Widodo tidak dilakukan dengan benar, maka vaksin tidak menembus otot dan tidak akan memiliki efek perlindungan.

Taufiq juga menyinggung risiko terjadinya Antibody Dependent Enhancement (ADE), kondisi di mana virus mati yang ada di dalam vaksin masuk ke jaringan tubuh lain dan menyebabkan masalah kesehatan.


"Pada akhirnya demi rasa kasih sesama manusia dan untuk tidak dimurkai Tuhan sebagai orang-orang yang menyembunyikan ilmunya, maka saya menasihatkan anda untuk mengecek rapid antibody sebelum mengulang vaksin yang gagal itu," tulisnya lagi.

Tanggapan PB IDI

Viralnya surat terbuka untuk Presiden RI ini sudah diketahui oleh Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI).

Ketua PB IDI dr Daeng Mohammad Faqih mengatakan, tulisan tersebut merupakan suatu opini dari penulis dan bukan berdasarkan data serta kajian ilmiah.

"Itu opini karena yang pertama, yang bersangkutan tidak ada di tempat saat penyuntikkan. Jadi dia tidak tahu kondisi di sana," tutur dr Daeng kepada Suara.com, Kamis (14/1/2021).

dr Daeng menegaskan bahwa penyuntikkan yang dilakukan oleh Prof Abdul Muthalib sudah benar. Sebab, iapun disuntik oleh orang yang sama.

"Kedua, kenapa saya bantah, saya juga disuntik oleh orang yang sama yang menyuntik presiden, masuk ke otot suntikannya," tegas dr Daeng.

Terkait reaksi ADE yang bisa muncul usai vaksinasi virus Corona, lagi-lagi dibantah oleh dr Daeng.

dr Daeng menjelaskan bahwa vaksin Sinovac sudah diuji klinis oleh PT Bio Farma dan peneliti dari Universitas Padjajaran. Dalam hasil penelitian yang dilaporkan ke BPOM, tidak ditemukan adanya reaksi tersebut.

"Maka sekali lagi saya tegaskan, itu hanya opini karena penulis tidak berdasarkan fakta dan uji klinis. Sehingga pendapat itu tidak boleh diikuti, tidak valid, dan tidak kredibel," tambahnya.

Menurut dr Daeng, PB IDI telah berkoordinasi dengan IDI Cirebon sebagai organisasi profesi yang menaungi dr Taufiq Waly. Ke depannya, ia berharap dokter-dokter dapat mengeluarkan pendapat tentang vaksin berdasarkan data ilmiah dan hasil uji klinis.

Berikut ini petikan lengkap surat yang viral tersebut:

VAKSINASI PRESIDEN HARUS DIULANG DAN HATI-HATI DENGAN VAKSINASI

Bismillaahirrohmaanirrohiim,

Cirebon Indonesia, 14 Januari 2021

Kepada

Yth : Presiden Republik Indonesia 

Ir. H. Joko Widodo 

Di tempat 

Salam Vaksinasi, 

Hari ini, saya melihat anda divaksinasi. Setelah melihat berkali-kali video itu dan berdiskusi dengan para dokter serta para perawat senior, maka saya menyimpulkan bahwa vaksinasi yang anda lakukan adalah gagal. Atau anda belum divaksinasi. Alasannya adalah 

Injeksi vaksin Sinovac, harusnya intramuskular ( menembus otot). Untuk itu, penyuntikkan harus lah dilakukan dengan tegak lurus (90 derajat). Dan memakai jarum suntik untuk ukuran volume minimal 3 cc ( spuit 3cc ). Tetapi yang menyuntik anda tadi siang memakai spuit 1cc dan tidak tegak lurus 90 derajat. Hal tersebut menyebabkan vaksin tidak menembus otot sehingga tidak masuk kedalam darah. Suntikan vaksin yang dilakukan pada anda tadi siang hanyalah sampai di kulit ( intrakutan ) atau dibawah kulit ( sub kutan ). Dan itu berarti vaksin tidak masuk ke darah. 

Pabrik vaksin Sinovac telah membuat zat vaksin tersebut, hanya bisa masuk ke darah bila disuntikkan dengan cara intramuskular. Penyuntikkan dikulit i(ntrakutan) atau dibawah kulit ( subkutan) tidak akan menyebabkan vaksin tersebut masuk ke dalam darah. Kalaupun dapat masuk, hanyalah sedikit sekali. Lain halnya bila vaksin atau obat itu di desain untuk tidak disuntikkan secara intramuskular. Misalnya menyuntikkan insulin. Injeksi insulin harus dilakukan secara subkutan. 

Selain itu, setelah menonton berkali-kali, saya melihat bahwa masih ada vsksin yang tertinggal  pada spuit tersebut. Atau tidak seluruh vaksin disuntikkan. 


https://www.google.com/amp/s/amp.sua...-angkat-bicara

ANE AMATIN JG MENYUNTIK ORANG SUDAH TUA SEKALI, PADAHAL BANYAK YG MUDA

NYUNTIK GA BOLEH GEMETAR, KRN BERAKIBAT FATAL KALO SALAH URAT

WELL KITA LAT AJA HASILNYA....

Dokter dari Cirebon Sebut Vaksinasi Presiden Gagal, PB IDI Angkat Bicara
Diubah oleh NEVERTALK1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
9
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 3
Dokter dari Cirebon Sebut Vaksinasi Presiden Gagal, PB IDI Angkat Bicara
15-01-2021 21:06
ane bukan orang medis sih, tapi kan emang suntik itu ada derajatnya juga dan tergantung kan sama jenis suntikannya. ya gak tau lah itu, ane rasa beliau sudah benar apalagi beliau professor dan ahli kanker
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Dokter dari Cirebon Sebut Vaksinasi Presiden Gagal, PB IDI Angkat Bicara
15-01-2021 21:09
sepertinya dokternya dari golongan kadrun .. selalu membawa nama tuhan untuk memperkuat teorinya
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Dokter dari Cirebon Sebut Vaksinasi Presiden Gagal, PB IDI Angkat Bicara
15-01-2021 21:39
kalo ga karena pandemi corona ane memang males sama yg namanya dokter.. ya salah satunya yang sotoy kayak gini
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Dokter dari Cirebon Sebut Vaksinasi Presiden Gagal, PB IDI Angkat Bicara
15-01-2021 21:40
Dr muthalib itu dokter senior
Bedah yg potong otot aja masih dia lakukan

Ppfft
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Dokter dari Cirebon Sebut Vaksinasi Presiden Gagal, PB IDI Angkat Bicara
15-01-2021 21:59
ini dokter gelar Sp.PD-nya harus diganti jadi Sp.KDR (spesialis kadroen)
profile-picture
i.am.legend. memberi reputasi
1 0
1
Dokter dari Cirebon Sebut Vaksinasi Presiden Gagal, PB IDI Angkat Bicara
15-01-2021 22:04
Gw lihat tegak lurus koq.
Jarum juga masuk dalam sampai mentok.

Soal gemetar itu lain masalah.
Yang disuntik itu Presiden, live juga.
Wajar grogi.

Berlebihan lah.
profile-picture
utiulele memberi reputasi
1 0
1
Dokter dari Cirebon Sebut Vaksinasi Presiden Gagal, PB IDI Angkat Bicara
15-01-2021 22:12
Kenapa banyak banget orang yg kerjanya ngerecokin doang ya ?
0 0
0
Dokter dari Cirebon Sebut Vaksinasi Presiden Gagal, PB IDI Angkat Bicara
15-01-2021 22:18
Dokter K
0 0
0
Dokter dari Cirebon Sebut Vaksinasi Presiden Gagal, PB IDI Angkat Bicara
16-01-2021 05:34
@TS




ini indo napa mendadak jd negara soplak sech,, disebelah dikit dikit lapor, anak dijewer, dicubit lapor... emoticon-Embarrassment


0 0
0
Dokter dari Cirebon Sebut Vaksinasi Presiden Gagal, PB IDI Angkat Bicara
16-01-2021 05:36
mau cari panggung dia. mau terkenal. entar kan dipanggil stasiun tv untuk diwawancara. terkenal, dapat duit pula. 1 x wawancara kan lumayan honornya. dikali 5 saja, mantap.

emoticon-Ngakak
0 0
0
Dokter dari Cirebon Sebut Vaksinasi Presiden Gagal, PB IDI Angkat Bicara
16-01-2021 07:32
TEORI teknik penyuntikan yg disampaikan Dr Taufiq sih bener tapi yg disuntik itu kan presiden dan yg menyuntik adalah kepala dokter kepresidenan. Kemungkinan salahnya sih kecil lah ya apalagi pastinya segala sesuatu nya sudah dipersiapkan dengan baik dan teliti sesuai protokol kesehatan kepresidenan yang ada. So anggap aja cuman penyampaian opini.
profile-picture
cPOP memberi reputasi
1 0
1
Dokter dari Cirebon Sebut Vaksinasi Presiden Gagal, PB IDI Angkat Bicara
16-01-2021 08:28
vaksin gak musti disuntik tegak lurus kok
vaksin boleh di suntik dengan miring kayak yg dilakukan terhadap jokowi
dan ane gak ngerti darimana dr taufiq dapat ilmu kalo vaksin itu kudu intramuscular???
gak juga kok, vaksin boleh tidak intramuscular, dan tidak akan menyebabkan kegagalan, apalagi sakit
menurut ane, dr taufiq udah layak di banned dari IDI tuh, berani keluarkan pernyataan hoaks kek gitu (karena ketidaktahuan nya sendiri)
ane udah ribuan kali nyuntik orang, jadi ane tau apa yg ane omongin
0 0
0
Dokter dari Cirebon Sebut Vaksinasi Presiden Gagal, PB IDI Angkat Bicara
16-01-2021 10:01
Kalo bapak ilmunya lebih hebat, coba bapak tunjukkan bagaimana menyuntik vaksin yang benar secara langsung. Bapak buktikan kalo vaksinasi yang dilakukan ke presiden salah. Bisa ga pak?
0 0
0
Dokter dari Cirebon Sebut Vaksinasi Presiden Gagal, PB IDI Angkat Bicara
16-01-2021 10:36
terakhir disuntik di baik pas khitan saat smp emoticon-Hammer2


terakhir nyuntik bini kemaren emoticon-Wakaka

biar yg bener2 ahli yg jawab kita cuma bisa nunggu giliran divaksin ntr ..
0 0
0
Dokter dari Cirebon Sebut Vaksinasi Presiden Gagal, PB IDI Angkat Bicara
16-01-2021 19:47
Dokter dari Cirebon Sebut Vaksinasi Presiden Gagal, PB IDI Angkat Bicara
0 0
0
Dokter dari Cirebon Sebut Vaksinasi Presiden Gagal, PB IDI Angkat Bicara
16-01-2021 19:53
gak usah diulang karna gagal itu sudah jadi nama bèlakang dia
0 0
0
Dokter dari Cirebon Sebut Vaksinasi Presiden Gagal, PB IDI Angkat Bicara
17-01-2021 01:48
Paling itu dokter dulu bisa keterima kuliah bukan karena nilainya bagus, tapi karena hapal qur'an
emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
0 0
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia