Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
95
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ffecf5309b5ca3df9444f1f/wajib-baca-begini-perbedaan-vaksinasi-dengan-imunisasi
Vaksinasi adalah pemberian yang digunakan untuk memberikan vaksin yaitu suntikan oral untuk meningkatkan perkembangan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit. Vaksin digunakan untuk mengaktifkan sistem keke
Lapor Hansip
13-01-2021 17:45

Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi
emoticon-Hot NewsYukk Simakk...

emoticon-Haiagan semua kali ini gue bakalan bahas mengenai perbedaan vaksin dan imunisasi, agar agan semua tau cara membedakan kedua jenis tersebut. So langsung saja kita bahas.

Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi

Vaksinasi adalah pemberian yang digunakan untuk memberikan vaksin yaitu suntikan oral untuk meningkatkan perkembangan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit. Vaksin digunakan untuk mengaktifkan sistem kekebalan secara artifisial untuk melindungi dari penyakit. Beberapa vaksin mengandung dosis yang sangat kecil untuk membunuh sebagian kecil bakteri, beberapa mengandung dosis kecil untuk mengurangi kekuatan bakteri, dan vaksin lainnya mengandung dosis racun yang dimodifikasi. Proses ini mengutamakan sistem kekebalan dengan imunogen. 

Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi

Imunisasi adalah proses di mana sistem kekebalan individu ditingkatkan untuk melawan agen yang terinfeksi. Proses ini termasuk mendapatkan vaksinasi dan menjadi kebal terhadap penyakit. Saat seseorang menjalani proses ini, tubuh menghasilkan respons imun. Di masa depan, jika individu ini terkena penyakit, tubuhnya akan cukup mampu untuk membuat respons kekebalan dan mencegah orang tersebut mengembangkan kasus penyakit yang parah. Imunisasi adalah proses setelah vaksinasi, agar seseorang kebal melawan penyakit. Kebanyakan orang percaya bahwa suntikan vaksin akan membuat mereka diimunisasi untuk membunuh mikroorganisme atau mengobati penyakit menular. Keyakinan ini salah, sistem kekebalan setiap orang bereaksi berbeda.

Vaksin Dan Vaksinasi

Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi

Vaksin merupakan zat yang digunakan untuk menghasilkan antibiotik dan memberikan kekebalan terhadap beberapa penyakit. Ini mengandung sejumlah pengawet atau sejumlah antibiotik untuk mengawetkan vaksin untuk waktu yang lama. Beberapa mungkin mengandung garam aluminium untuk menghasilkan sistem kekebalan yang lebih baik. Vaksin ini digunakan untuk mengurangi kekuatan, membunuh bakteri, atau mengeluarkan racun dari tubuh.

Vaksinasi adalah metode yang paling penting dan efektif untuk mencegah infeksi dan beberapa penyakit. Ini bertanggung jawab atas pengurangan cacar di seluruh dunia dan penyakit seperti polio dan tetanus. Vaksin untuk lebih dari 20 penyakit yang mengancam jiwa tersedia sekarang dan membantu semua kelompok umur untuk hidup sehat dan lebih panjang.

Imunisasi

Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi

Menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) imunisasi menyelamatkan jutaan nyawa setiap tahun. Vaksin bekerja dengan pertahanan alami tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit. Imunisasi melindungi lebih dari 2-3 miliar jiwa dari tetanus, influenza, campak, penyakit difteri.

Imunisasi membutuhkan waktu hampir 2 minggu untuk menunjukkan hasil yang lengkap. Sebagian besar perlu digunakan beberapa kali untuk menjauhkan penyakit dan membangun perlindungan jangka panjang. Satu dosis vaksin seperti vaksin meningokokus ACWY sudah cukup untuk perlindungan jangka panjang terhadap penyakit. Seorang anak dengan 1 atau 2 dosis vaksin DTPA tidak sepenuhnya terlindungi dari penyakit. 

Imunisasi tidak pernah memberikan perlindungan seumur hidup. Vaksin tetanus berlangsung selama 30 tahun sedangkan imunisasi batuk rejan hanya melindungi sekitar 5 tahun setelah masa pengobatan penuh. Influenza merupakan penyakit yang menginfeksi setiap tahun akibat perubahan jenis virus flu. Oleh karena itu, imunisasi diperlukan setiap tahun untuk menghindari infeksi tersebut.

Reaksi Imunisasi

Imunisasi bereaksi berbeda untuk setiap individu, karena setiap orang memiliki kekebalan yang berbeda. Informasi Jaringan Nasional Imunisasi memberikan fakta bahwa bahkan setelah tingkat efektif vaksin yang lebih tinggi, mereka tidak sepenuhnya efektif untuk setiap orang yang menerimanya. Vaksin tetanus, polio, Hib, rubella, vaksin gondok melindungi 95% anak dengan dosis tersebut. Tiga dosis batuk rejan melindungi 85% anak-anak.

Nah, itulah perbedaan antara imunisasi dan vaksin. Vaksin ternyata merupakan bagian dari imunisasi saat agan diimunisasi berarti agan juga divaksinasi. Sekian thread kali ini semoga bermanfaat dan menghibur.

Sumber referensi : Pribadi & Disini, Disini, Disini

Sumber gambar : Google Image

emoticon-2 Jempol

Terimakasih udah pada baca

 


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Junmai92 dan 30 lainnya memberi reputasi
29
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 4
Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi
15-01-2021 20:43
Wokeee siyapp
0 0
0
Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi
15-01-2021 21:04
pengen forward ini ke grup whatsapp keluarga tapi ragu bakal dibaca apa ngga emoticon-Ngakak
0 0
0
Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi
15-01-2021 21:08
Nice inpo gan keep posting, btw nanti tgl 22 januari ane di vaksin semoga lancar
profile-picture
profile-picture
seperduaratus dan Guinessha memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi
15-01-2021 21:17
Mksih infonya gan.skrang jdi thu.tmbah pngetahuan ni.emoticon-Jempol
0 0
0
Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi
15-01-2021 21:17
Kalo gasalah klo mau umroh sebelum berangkat jg kudu vaksin hepatitis dan influenza ya?emoticon-Bingung soalnya pas ane umroh, sebelum bersngkat harus di vaksin apa gitu, nanti dikasih sertifikat kuning tanda bahwa kita steril dari virus?emoticon-Bingung
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi
15-01-2021 21:25
Yaelah ternyata beberapa imunisasi gak bisa melindungi diri seumur hidup
0 0
0
Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi
15-01-2021 21:32
Quote:Vaksin ternyata merupakan bagian dari imunisasi saat agan diimunisasi berarti agan juga divaksinasi. 


Dan disini kepala saya berputar emoticon-Hammer2 emoticon-Matabelo
0 0
0
Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi
15-01-2021 21:46
Ane kirain sama aja nih vaksinasi dan imunisasi, cuma beda di istilah. Ternyata beda peruntukan
0 0
0
Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi
15-01-2021 21:54
Wah, nais infonya gans... Ane kira itu artinya sama emoticon-2 Jempol
0 0
0
Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi
15-01-2021 22:19
semoga vaksin corona ini emg mujarab.
0 0
0
Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi
15-01-2021 22:20
agak bingung yah bacanya.. tapi intinya dapat lah kurang lebih. trims ts...
0 0
0
Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi
15-01-2021 22:26
Pusing bacanya gan.. mending dibuat tabel 2 kolom.. kelar dah semua bisa ngerti
0 0
0
Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi
15-01-2021 22:29
Nais inpoh gan..
I like it.
emoticon-Shakehand2
0 0
0
Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi
15-01-2021 22:35
imunisasi terbagi imunisasi pasif dan imunisasi aktif, vaksinasi merupakan cara untuk imunisasi aktif yg mana tubuh dirangsang untuk membentuk antibody.
Imunisasi pasif adalah pemberian antibody kepada tubuh tanpa merangsang tubuh membentuk antibody sendiri. contoh: pemberian ASI, pemberian serum anti bisa ular, serum anti tetanus, serum anti difteri.
Semoga bermanfaat.
profile-picture
utiulele memberi reputasi
1 0
1
Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi
15-01-2021 22:44
thanks gan info nya membantu bgt emoticon-Toast
0 0
0
Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi
15-01-2021 22:58
sumbernya kurang valid.
0 0
0
Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi
15-01-2021 23:08
Nice thread gan 👌, nambah informasi nih tentang vaksin dan imunisasi 😁
0 0
0
Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi
15-01-2021 23:09
Kalo divaksin ada bekasnya jg ya
0 0
0
Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi
15-01-2021 23:38

Care Ayam

I want back to school!
0 0
0
Wajib Baca! Begini Perbedaan Vaksinasi Dengan Imunisasi
15-01-2021 23:49
Vaksinasi bikin corona terkontrol ya?
0 0
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia