• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengenal Altruisme, Kecenderungan Sifat Bagi Orang - Orang yang Terlalu Baik

adnanamiAvatar border
TS
adnanami
Mengenal Altruisme, Kecenderungan Sifat Bagi Orang - Orang yang Terlalu Baik

Altruisme menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah lawan kata dari egoisme.
paham yang mengedepankan kepentingan orang lain lebih dari kepentingan diri sendiri;  naluri untuk berbuat baik kepada manusia lain.

Seringnya kita temui manusia - manusia egois yang mementingkan diri mereka sendiri tanpa memikirkan orang lain. Di saat banyak orang lebih memilih egois, seseorang dengan altruisme malah menjadi kebalikannya. Hari gini orang yang terlalu baik mungkin bisa dihitung dengan jari. Dan itulah yang terjadi pada mereka penganut altruisme. Dia menolong orang lain sampai tidak memikirkan dirinya sendiri. Terlalu baik bukan? Mungkin bagi orang yang melihat sikapnya itu akan berpikir demikian, padahal dia cenderung mengabaikan dirinya sendiri yang pada akhirnya tidak baik juga. Sebab dengan altruismenya, dia merugikan diri sendiri.

Sebagai contoh mantan presiden Uruguay, yakni Jose Musica dijuluki sebagai presiden termiskin di dunia karena 90% penghasilannya dialokasikan untuk amal. Sedangkan dirinya sendiri hanya memakai 10% dari gajinya sebagai presiden. Dia bergaji 12.000$ dimana 1.200$ digunakan untuk hidup dan 8.800$ untuk disumbangkan. Benar - benar gila! Apa yang Jose lakukan menunjukkan betapa altruisme yang ada di dalam dirinya begitu besar. Yang dipikirkan terlebih dahulu adalah kesejahteraan orang lain bukan egonya.

Meski berjiwa sosial tinggi dan bisa dikatakan sebagai filantropi (orang yang mendedikasikan hidupnya untuk beramal), menurut ane altruisme bukan paham yang baik jika porsinya sudah berlebihan. Apalagi membiarkan diri sendiri berada dalam kesusahan dan kekurangan, kok rasanya dzalim ama diri sendiri.

Fenomena orang yang terlalu baik seperti ini memang jarang ada di zaman yang semakin dipenuhi dengan orang rakus dan egois seperti sekarang, namun ada kondisi natural yang dimana altruisme akan timbul dan dianggap wajar, yaitu pada jiwa seorang ibu jika sudah dihadapkan pada anaknya. Bukan hanya pada manusia tapi induk hewan pun akan secara tiba - tiba menjadi altruis jika berkenaan dengan keamanan anak - anaknya.

Ane @adnanami  pamit, jangan lupa follow akun ini untuk mendapatkan update thread inspiratif lainnya. Kalian juga bisa berkunjung ke halaman kaskus ane dengan klik gambar di bawah ini! Sampai jumpa kembali di lain kesempatan. Jangan sungkan untuk saling sapa di kolom komentar thread ini ya!



Referensi :
1. Presiden termiskin
2. KBBI
Diubah oleh adnanami 16-01-2021 05:04
pein666
dyn..
liramarlinda
liramarlinda dan 54 lainnya memberi reputasi
55
13.1K
339
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.