Amarsuki
TS
Amarsuki
Kewajaran Kakak Cemburu Pada Adiknya. Bagaimana Peran Orang Tua Mengatasinya?



Hadirnya anggota keluarga yang baru dalam suatu keluarga, kadang memang membuat si sulung cemburu. Kejadian yang paling sering adalah tindakan si sulung yang berusaha mencari perhatian seluruh rumah saat semua anggota keluarga lebih memerhatikan adiknya.

Quote:


Selisih umur antara si sulung dengan adiknya biasanya antara 2 – 5 tahun. Dari perbedaan umur tersebut si sulung masih tetap membutuhkan perhatian lebih dari orang tua. Ada baiknya orang tua membicarakan tentang kehadiran calon adiknya. Saat calon adiknya masih berada di dalam perut ajaklah berkomunikasi dengan menepuk pelan atau mengelus perut ibunya sambil seolah-olah berbicara kepada adiknya. Atau dengan menunjukkan hasil print out USG bisa dijadikan media komunikasi dengan si sulung.



Agresi si Sulung


brilio.net

Kadang anak merasa cemburu sehingga tak jarang ia melakukan hal-hal negatif misalnya saja mencubit adiknya atau memeluk adiknya dengan sangat erat. Sebagai orang tua sebaiknya bicaralah dengannya berdua dan terangkan bahwa wajar bila ia bersikap seperti itu dan bukan berarti ia anak yang nakal. Tetapi tunjukkan bahwa perilakunya bisa membahayakan adiknya. Misalnya berkata: “Adiknya jangan dicubit ya...kan sakit”.

Laranglah si sulung jika ia berubah menjadi lebih agresif, tetapi tetap hindari menghukumnya secara fisik seperti memukul. Bila orang tua memukul, kemungkinan ia akan melampiaskan dendamnya nanti pada adiknya, dengan cara yang sama, atau mungkin lebih parah lagi.
Sebaiknya berikan ia waktu untuk mengatasi emosinya. Orang tua perlu memastikan apakah emosi si sulung sudah reda atau belum. Jangan biarkan ia bersama si kecil tanpa pengawasan. Pasalnya bisa jadi ia mencubit adiknya saat orang tua lengah.




Semua Pasti Berlalu


parenting.dream.co.id

Sudah sewajarnya si sulung merasa cemburu karena tiba-tiba terjadi perubahan dimana ia merasa harus berbagi dengan orang lain. Apalagi adiknya memerlukan waktu dan perhatian ekstra dari orang tua.

Agresi-agresi si sulung bisa diminimalkan dengan cara tetap meluangkan waktu berduaan dengannya walau hanya beberapa menit atau jam saja. Temanilah saat ia bermain atau membacakan buku cerita saat sebelum ia tidur. Terangkan padanya beberapa keuntungan menjadi seorang kakak, misalnya ada teman main saat mereka nanti besar, dipanggil kakak, dan sebagainya.


orami.co.id

Yang pasti, hal ini akan berlalu dengan cepat. Si sulung dan adiknya akan tumbuh bersama dalam naungan kasih sayang orang tuanya. Memahami si sulung dengan kasih sayang akan menjadikan ia dapat menerima kehadiran adiknya.


Sekian
emoticon-Shakehand2


Sumber: opini dan pengalaman pribadi
Gambar: google
Diubah oleh Amarsuki 12-01-2021 23:29
NecroTorturekurangdolandemit86
demit86 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
5.9K
43
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.