News
Batal
KATEGORI
link has been copied
35
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60003d817e3a7263e70dee03/komnas-ham-tidak-ada-pelanggaran-ham-berat-di-kasus-fpi
Jakarta, Beritasatu.com – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengemukakan tidak ada pelanggaran HAM Berat terkait tewasnya enam laskar Front Pembela Islam (FPI) di jalan toll, kilometer 49, Karawang, Jawa Barat, 7 Desember 2020. Yang terjadi adalah pelanggaran HAM biasa atau unlawful killing terhadap empat laskar. Sementara dua lainnya meninggal karena baku tembak dengan aparat kepol
Lapor Hansip
14-01-2021 19:48

Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI

Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI

Jakarta, Beritasatu.com – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengemukakan tidak ada pelanggaran HAM Berat terkait tewasnya enam laskar Front Pembela Islam (FPI) di jalan toll, kilometer 49, Karawang, Jawa Barat, 7 Desember 2020. Yang terjadi adalah pelanggaran HAM biasa atau unlawful killing terhadap empat laskar. Sementara dua lainnya meninggal karena baku tembak dengan aparat kepolisian.

“Sebagaimana sinyalemen di luar, banyak beredar bahwa ini dikatakan atau diasumsikan sebagai pelanggaran HAM yang berat. Kami tidak menemukan indikasi ke arah itu,” kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik dalam konferensi pers (Konpers) di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (14/1/2021).

Konpers dihadiri Menko Polhukam Mahfud MD bersama enam anggota Komnas HAM lainnya. Konpres dilakukan usai Komnas HAM menyerahkan laporan hasil penyelidikan ke Presiden Jokowi.

Damanik menyebut sebuah kejadian dikategorikan sebagai pelanggaran HAM berat jika ditemukan indikator atau kriteria tertentu. Misalnya ada suatu desain operasi, ada suatu perintah yang terstruktur dan terkomando. Kemudian ada indikator repetisi atau pengulangan kejadian, dan sebagainya.

“Itu tidak kita temukan. Karena itu, kami berkesimpulan ini merupakan suatu pelanggaran HAM karena ada nyawa yang dihilangkan, tetapi bukan pelanggaran HAM Berat,” jelas Damanik.

Dia menyebut atas peristiwa yang terjadi, Komnas HAM telah memberikan rekomendasi untuk pelaku di sidang ke peradilan pidana umum. Perbuatan yang mereka lakukan adalah unlawful killing dengan pengadilan umum menentukan tingkat hukuman kepada pelaku.

“Komnas tentu berharap nanti ada suatu proses hukum yang akuntabel, transparan, seluruh publik bisa menyaksikannya. Kemudian peradilan bisa memutuskan apa yang sungguh-sungguh diyakini sebagai suatu kejadian peristiwa hukum tersebut,” tutur Damanik.

Dia menyebut Presiden Jokowi sangat mengapresiasi kerja Komnas HAM. Presiden, lanjut Damanik akan memberikan arahan yang jelas kepada Kapolri untuk menindaklanjuti rekomendasi dari Komnas HAM.

“Dalam berbagai kesempatan, masih banyak orang yang mengatakan wah ini akan mengundang perhatian internasional. Saya bilang tidak karena publik perlu tahu Komnas HAM adalah juga anggota dari global alliance of human rights institution. Jadi aliansi global Komnas HAM seluruh dunia. Komnas HAM diberi akreditasi A. Karena itu, kami yakin dan percaya kesimpulan hasil penyelidikan kami, rekomendasi kami, juga internasional akan memberikan kepercayaan karena tidak mungkin suatu lembaga yang mereka berikan akreditasi A kemudian hasil pekerjaannya justru mereka ragukan,” tutup Damanik.

Sebagaimana diketahui, tanggal 7 Desember 2020 lalu, enam laskar FPI tewas di jalan toll, kilometer 49, Karawang, Jawa Barat. Mereka terlibat baku-tembak dengan aparat kepolisian yang melakukan pengawasan atau pembuntutan terhadap Habib Rizieq Shihab.


Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI

Payah nih Komnas HAM. Kagak berat gimana coba. Buktikan dulu dong kalau bukan pelanggaran HAM berat.

Masak 6 mujahid terbunuh di jalan tol kok kagak pelanggaran HAM berat. Mujahid -mujahidah itu harusnya syahid di jalan Allah SWT, bukan terbunuh di jalan tol.

Apalagi mereka bertugas mulia dalam rangka mengawal IB HRS sebagai pemimpin tertinggi umat Islam. Mereka adalah pahlawan revolusi yang sebenarnya dalam melakukan revolusi akhlak.

Komnas HAM semakin masuk angin. Jauh lebih bagus kinerjanya ketika masih dipegang oleh Bapak Natalius Pigai.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.robot77 dan 6 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI
14-01-2021 19:49
Kejang2 dah nasbungtod
profile-picture
lonelywolve memberi reputasi
1 0
1
Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI
14-01-2021 19:53
Makanya jgn mau didoktrin tiap hari musuhi negara, musuhi aparat, disuruh jihad, pas kejadian beneran kurang bisa menerima padahal doktrinnya tiap hari ya itu cari aja di youtube banyak jejak digitalnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.robot77 dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI
14-01-2021 19:54
TS kejang2
mamam tuh HAMburger,dulu dihina,trus dipuja,skrng dihina lagi
syarat dan ketentuan berlaku ya?
emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
Diubah oleh indigoblue85
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.robot77 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI
14-01-2021 19:55
Hayo lo, hayo lo

Mau ngo apa lagi tu kang siram air? Kata ny tangan kosong, b*llsh*t, ga terbukti tuh, jelas2 bawa senjata

Tar lagi ga diakuin deh tu yg KO, itu oknum!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.robot77 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI
14-01-2021 19:58
Komnas HAM jaat emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.robot77 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI
14-01-2021 19:58
Komnas ham pro ke wereng... Harus dibawa ke PBB.. tp apa ex efpeik sanggup/bisa? emoticon-Leh Uga
0 0
0
Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI
14-01-2021 20:04
Zis aziz kerjo mu ga beres kalah terus aja.
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
1 0
1
Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI
14-01-2021 20:06
Padahal dah di sanjung sanjung sama kadrun...

Eh malah kena troll...

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
lonelywolve memberi reputasi
1 0
1
Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI
14-01-2021 20:09
Tong imam lo klaim koar koar lawan negara,sekarang negara balik lawan lo jgn mewek
0 0
0
Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI
14-01-2021 20:10
Uda selesai, bubar semua!
Sekarang fokus kerijik lagi, berapa lama bakal dipenjara, dilihaat kasus2nya skrg?
profile-picture
profile-picture
fr33uhi dan mr.robot77 memberi reputasi
1 1
0
Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI
14-01-2021 20:11
pelanggaran karena ada yang tewas
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI
14-01-2021 20:12
Kawal terus kasus ini jan kasih kendor

Jan sampe kita terlena dgn vaksinasi sebagai pengalihan isu 6 sahid emoticon-army
profile-picture
mr.robot77 memberi reputasi
1 0
1
Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI
14-01-2021 20:12
Woi kadrun yg ada di dumay ataupun RL, bukan level lu mikirin ham hem hom. Mending lu clear-in dah masalah donasi buat 6 bangke temen lu.

Mulai dari pelajarin kwitansi yg baik benar tuh kayak gini apa bukan
Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI

emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
Diubah oleh yxgk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelywolve dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI
14-01-2021 20:14
Komnas HAM lgsung kafir, dianggap dah disuap jokowi, dan lain-lain selama hal itu gak sesuai ekspektasi umat 212 emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.robot77 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI
14-01-2021 20:19
Alhamdulillahemoticon-Salaman
0 0
0
Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI
14-01-2021 20:26
Kadrun auto kejang-kejang berjamaah emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
lonelywolve memberi reputasi
1 0
1
Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI
14-01-2021 20:33
Mereka tidak peduli dengan HAM mereka emoticon-Gregetan
Mereka hanya peduli dengan hak 72 bidadari mereka emoticon-Gregetan

Ngoahaha emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trimusketeers dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI
14-01-2021 20:35
Nah gitu dong... Masa komnas HAM kadrun emoticon-Wakaka
0 0
0
Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI
14-01-2021 20:35
Waduh , komnas ham plin plan
Padahal mereka hampir croootss emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
0 0
0
Komnas HAM: Tidak Ada Pelanggaran HAM Berat di Kasus FPI
14-01-2021 20:35
tinggal tagar trending harapan kibot warrior

#KM50ObserverSOS
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia