News
Batal
KATEGORI
link has been copied
134
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fff84a665b24d14597a04d0/viral-rekaman-percakapan-terakhir-pilot-sriwijaya-air-sj-182-itu-adalah-hoaks
Hansip Hoax menyatakan bahwa video rekaman yang diduga adalah percakapan terakhir pilot dan co-pilot Sriwijaya Air SJ 182 adalah informasi yang salah alias hoaks.
Lapor Hansip
14-01-2021 06:39

Viral Rekaman Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Itu adalah Hoaks!

Past Hot Thread


Kabar duka terkait jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu, menjadi peristiwa yang paling disorot di awal tahun 2021. Masyarakat pun menunggu bagaimana perkembangan terbaru atas pencarian penumpang dan badan pesawat yang hilang kontak pada Sabtu, 9 Januari 2021.

Namun, belakangan ini sedang viral informasi terbaru terkait video yang diklaim sebagai percakapan terakhir pilot Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 182. Pengunggah video tersebut adalah pengguna Facebook yang bernama Tiara Andini Tiara.

Dalam video tersebut, terdengar suara pilot dan co-pilot dalam situasi panik. Selain itu terdapat juga suara gemuruh di ruang kendali, serta suara ledakan.

Quote:Begini narasi yang ada di Facebook Tiara Andini Tiara:

"PERCAKAPAN PILOT SJ 182."

Kemudian, dalam video unggahannya, ada percakapan antara Pilot dan Co-Pilot yang diklaim berada di Sriwijaya Air SJ 182. Begini rekaman percakapannya:

"Pilot: Turun atau naik lagi?

Co Pilot: naik... naikkk

Pilot: Jangan dibelokin

Sensor peringatan pesawat berbunyi!

Co Pilot: Cap....cap.....cap.. Lihat lihat....

Situasi semakin panik

Pilot: Allahu Akbar

Co Pilot: Allahu Akbar

Suara gemuruh di ruang kendali

Terdengar suara ledakan"


Netizen pun langsung ramai menanggapi video rekaman tersebut. Lantas, benarkah itu adalah rekaman percakapan terakhir dari pilot dan co-pilot Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di sekitaran Kepulauan Seribu?


PEMERIKSAAN FAKTA
Hansip Hoax telah melakukan penelusuran terkait rekaman yang viral tersebut melalui situs Liputan6. Penelusuran fakta dilakukan dengan menghubungi salah satu staff Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Ulfiana. Dia tidak membenarkan klaim netizen yang beranggapan rekaman tersebut adalah percakapan terakhir pilot dan co-pilot Sriwijaya Air SJ 182.

KNKT juga belum mengeluarkan rilis apapun terkait kejadian jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Investigasi menyeluruh masih dilakukan untuk mendapatkan jawaban dari apa penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

Pakar telematika, Roy Suryo, juga menganalisis klaim video rekaman yang diunggah oleh Tiara Andini Tiara ini. Roy Suryo pun menyatakan kalau informasi tersebut adalah hoaks. Alasannya karena rekaman percakapan tersebut mirip dengan yang diduga adalah percakapan terakhir pilot dan co-pilot Adam Air yang jatuh pada tahun 2007.

Selain itu, Roy Suryo juga melanjutkan kalau tidak mungkin seorang pilot bisa melakukan percakapan yang sangat lama ketika jatuh dari ketinggian 10.900 kaki dalam waktu 21 detik. Ia pun mengajak untuk menunggu hasil resmi dari KNKT terkait peristiwa ini.


KESIMPULAN
Jadi, berdasarkan pemeriksaan fakta yang telah dilakukan, Hansip Hoax menyatakan bahwa video rekaman yang diduga adalah percakapan terakhir pilot dan co-pilot Sriwijaya Air SJ 182 adalah informasi yang salah alias hoaks.

Sebarkan ya informasi dan klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian, agar terhindar dari hoaks yang menyesatkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Junmai92 dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Viral Rekaman Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Itu adalah Hoaks!
14-01-2021 07:05
Seruan pembawa ledakan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AgusLie007 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Viral Rekaman Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Itu adalah Hoaks!
14-01-2021 07:10
Lah klau skrip percakapan diatas itu punyanya adam air yg dulu.... Hapal banget ane
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abayahmed dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Viral Rekaman Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Itu adalah Hoaks!
14-01-2021 07:34
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kadal.mumet dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Viral Rekaman Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Itu adalah Hoaks!
14-01-2021 07:47
tiap ada bencana kyk gini, biasanya di grup wa keluarga yg demen asal share yg sepuh2.
kalo gak rekaman adam air ini ya potongan video yg katanya situasi dlm pesawat sebelum jatuh.
profile-picture
profile-picture
pein666 dan BlueJupieZ memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Viral Rekaman Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Itu adalah Hoaks!
14-01-2021 08:09
Tuh kan bener ada kata2 *kode*
Akirnya kita sampao pada tahap akhir kesimpulan
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Viral Rekaman Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Itu adalah Hoaks!
14-01-2021 08:25
mengapa orang bodoh selalu men-share hal2 yang bodoh pula ???
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan iceprincess13 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Viral Rekaman Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Itu adalah Hoaks!
14-01-2021 08:43
Selalu ada kang panci di setiap kesempatan emoticon-Wakaka
Diubah oleh androidiot
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Viral Rekaman Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Itu adalah Hoaks!
14-01-2021 09:05
bonggol emoticon-Big Grin

udh jelas itu dialog pilot Adam Air emoticon-Big Grin

sekali2 jadi detektif dulu, cek dan ricek emoticon-Big Grin
profile-picture
PapinZ memberi reputasi
1 0
1
Viral Rekaman Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Itu adalah Hoaks!
14-01-2021 09:06
si ngabalin bkin hoak ..kaga di apa2 in.....cukup minta mongop aja
0 0
0
Viral Rekaman Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Itu adalah Hoaks!
14-01-2021 09:40
Ada udang dibalik batu emoticon-Angkat Beer

Bar, bar

Bubar, bubar

Ngoahaha emoticon-Wakaka
0 0
0
Viral Rekaman Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Itu adalah Hoaks!
14-01-2021 10:29
Itu rekaman adam air
0 0
0
Viral Rekaman Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Itu adalah Hoaks!
14-01-2021 10:32
Gaada kerjaan banget yg sebar² hoaks
0 0
0
Viral Rekaman Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Itu adalah Hoaks!
14-01-2021 10:33
Siapkan materai 10rbemoticon-Big Grin
0 0
0
Viral Rekaman Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Itu adalah Hoaks!
14-01-2021 10:33
Itu rekaman adam air
0 0
0
Viral Rekaman Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Itu adalah Hoaks!
14-01-2021 10:33
Baik.. kasus ini banyak yang simpang siur
0 0
0
Viral Rekaman Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Itu adalah Hoaks!
14-01-2021 10:34
Ini mah adam Air 2007
0 0
0
Viral Rekaman Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Itu adalah Hoaks!
14-01-2021 10:35
user facebook
tiara andini tiara monggo klarifikasinya

bukan akun real kayaknya, paling akun alter
0 0
0
Viral Rekaman Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Itu adalah Hoaks!
14-01-2021 10:35
Adam air tuh , sering emang jdi bahan hoax voice record tiap ada pesawat jatuh
0 0
0
Viral Rekaman Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Itu adalah Hoaks!
14-01-2021 10:37
mulai sekarang biasakan kebiasaan baik ini gaes :
0 0
0
Viral Rekaman Percakapan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ 182, Itu adalah Hoaks!
14-01-2021 10:37
Gembok

Diubah oleh gembaladomba666
0 0
0
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
HANSIP HOAX
hansip-hoax
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia