Zeroo236Avatar border
TS
Zeroo236
SEBERAPA DALAM UMAT MANUSIA MENGGALI BUMI???

Bumi adalah suatu planet yang memiliki urutan ke tiga dari matahari dan planet terbesar kelima dari semua planet yang ada di tata surya. Bumi juga dapat diartikan sebagai planet yang menjadi tempat tinggal bagi semua makhluk yang hidup di dalamnya. Dalam bahasa Inggris, bumi disebut earth. Sementara di Indonesia, istilah bumi berasal dari kata bhumi yang berarti tanah. Kata tersebut merupakan bahasa Sansekerta. Bumi mempunyai sebutan lain yaitu benua biru karena jika dilihat dari luar angkasa, planet bumi mempunyai warna dominan biru. Warna biru tersebut adalah representasi dari dari laut yang memenuhi dua per tiga dari permukaan bumi. Pernahkah kalian berpikir, Seberapa dalam sih kita bisa menggali ke bumi?? Jawabannya saat ini adalah 12 KM, Sebuah proyek pada tahu 1970 di rusia bernama Kola superdeep borehole di rusia adalah galian terdalam yang pernah dicoba oleh umat manusia, mungkin angka tersebut tak terdengar fantastis, tapi mari kita lihat perspektifnya.


Tinggi Monas Adalah 137 M



Tinggi Gunung Everest 8,8 Km



Palung Mariana 10,9 Km



Kola superdeep Borehole 12 Km



Sudah terlihat bukan seberapa luar biasanya galian kola superdeep borehole. Kemudian muncul lagi pertanyaan, Bisa ga sih kita menggali lebih dalam lagi?? Jawaban singkatnya secara teori bisa, tapi banyak faktor kesulitan yang dihadapi, pertama dan yang utama adalah temperature.

semakin kita menggali lebih dalam semakin dekat kita dengan inti bumi, artinya semakin panas suhu dibawah sana. Kola superdeep borehole sendiri mempunyai temperature 180 derajat celcius. Dengan suhu sepanas tersebut belum ada teknologi alat pengeboran yang efisien untuk kita gali bumi lebih dalam lagi. Meskipun sangat mungkin untuk mengembangkan teknologi bor yang baru, tapi biayanya akan jadi sangat mahal dan tak masuk akal bagi perusahaan ataupun Negara untuk mencoba akan hal itu. Tak seperti program luar angkasa yang menghasilkan terobosan tiap tahunnya. Tak ada jaminan penggalian menggali ke inti bumi ini menghasilkan terobosan yang berarti seperti ke luar angkasa. Mungkin ketika di masa depan teknologi semakin murah munculah secercah harapan bagi kita. Perjalanan kita tentu masih panjang. Jika bumi sebesar apel, maka kita sama sekali belum menembus kulit apelnya.

Sumber: Wikipedia

Sekian Thread Ane

Semoga Menjadi Infomasi Yang Bermanfaat

Terima Kasih
Diubah oleh Zeroo236 12-01-2021 00:53
indramamoth
ramdan.v
Anonytuneee305
Anonytuneee305 dan 20 lainnya memberi reputasi
19
5.9K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.