chobo97Avatar border
TS
chobo97
Tingkat Efikasi Vaksin Sinovac Terbaru di Brasil 50,4 Persen
TEMPO.CO, Sao Paulo - Vaksin Sinovac hanya 50,4 persen efektif mencegah infeksi gejala dalam uji coba di Brasil, kata para peneliti pada hari Selasa, 12 Januari 2021, sebagaimana dilaporkan Reuters. Angka efikasi itu hampir tidak cukup untuk persetujuan peraturan dan jauh di bawah tingkat yang diumumkan minggu lalu. Pada konferensi pers hari Selasa, sebagaimana dilaporkan Bloomberg, pejabat negara bagian Sao Paulo dan peneliti dari Butantan Institute menjelaskan bahwa mereka membagi kasus dalam enam kategori: asimtomatik, sangat ringan, ringan, dua tingkat sedang, dan berat - dua yang pertama tidak memerlukan bantuan medis.

Angka 78 persen CoronaVac yang dikembangkan dalam kemitraan dengan Sinovac Biotech Ltd itu dihitung dengan mempertimbangkan kasus ringan, sedang dan parah, kata para pejabat. Ketika kasus yang sangat ringan di antara 13.000 sukarelawan dimasukkan, angkanya adalah 50,4 persen - 167 terinfeksi pada kelompok plasebo, dan 85 pada kelompok vaksin.

Vaksin menurunkan intensitas penyakit,” kata Ricardo Palacios, direktur medis Butantan. Lembaga penelitian lokal terkenal itu, yang menyumbang sebagian besar produksi vaksin Brasil secara keseluruhan, sedang mengembangkan suntikan dalam kemitraan dengan Sinovac.

Palacios mengatakan fakta bahwa tes dilakukan pada tenaga medis, yang sangat terpapar virus, dan bahwa dua dosis vaksin diberikan dalam selang waktu yang pendek, membantu menjelaskan tingkat yang lebih rendah. Termasuk kasus yang sangat ringan dalam hasil juga berdampak pada tingkat akhir, katanya.

“Kami menambahkan semua kemungkinan kesulitan,” katanya. "Ketika Anda mempersingkat waktu antara dosis, Anda menurunkan respons kekebalan."

Sebelumnya Reuters Senin telah melaporkan bahwa vaksin Sinovac memiliki tingkat efikasi di bawah 60 persen dalam uji coba tahap akhir di Brasil dengan mengutip sebuah situs web berita. Namun Butantan mengatakan hal itu sebagai spekulatif.

Pakar medis dan regulator mengkritik apa yang mereka sebut pengungkapan hasil studi yang tidak lengkap minggu lalu.

Dimas Covas, direktur pusat biomedis Butantan, yang menjalankan uji coba tahap akhir vaksin di Brasil, mengatakan analisis yang sedang berlangsung telah menghasilkan tingkat "kemanjuran umum" baru di samping "kemanjuran klinis" yang diumumkan minggu lalu.

Pada Kamis lalu, para peneliti Brasil mengatakan vaksin itu terbukti 78 persen efektif melawan kasus Covid-19 ringan dan sepenuhnya mencegah kasus yang parah. Tetapi spesialis independen menyerukan transparansi lebih lanjut tentang temuan dari uji coba Fase III vaksin Sinovac.

Indonesia memberikan persetujuan penggunaan darurat vaksin pada hari Senin berdasarkan data sementara yang menunjukkan efektif 65 persen.

Sumber: REUTERS | BLOOMBERG

Sumber TEMPO

Makin keliatan kualitasnya, gimana dong? Udah terlanjur kebeli lagi emoticon-Bingung
koi7
nomorelies
tien212700
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
6
3.8K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.