lintangayudy
TS
lintangayudy
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
Assalamualaikum

Hai, agan sista, apa kabar? Semoga sehat dan bahagia selalu ya? Aamiin.

Agan sista, musim dingin gini enaknya makan apa ya? Kalau ane sih lagi pengen banget makan makanan khas Jogja yang banyak dijumpai di acara-acara tertentu. Semisal cembengan atau yang kita kenal dengan nama pasar malam. Hayo, agan sista ada yang tahu?
Quote:

Yes! Sate kere.

Ada yang belum tahu apa itu sate kere?

Gini, Gansiat, sate kere sebenarnya ada banyak macamnya. Ada sate kere yang berbahan dasar gembus. Agan tahu gembus, kan? Gembus itu terbuat dari ampas tahu. Nah, kalau yang dari Jogja dan khas Cembengan adalah sate kere yang berbahan dasar gajih (lemak sapi). Wew, lemak sapi dijadikan sate? Emang bisa? Bisa dong, Gansist.

Biasanya lemak sapi digunakan untuk campuran kuah bakso ya kan? Nah, di Jogja lemak sapi bisa dijadikan sate, loh. Kreatif banget, kan?

Sate kere ini favorit ane, Gansist. Teksturnya yang kenyal dan manis gurih, bikin lidah bergoyang. Tapi, Gansist, tidak semua orang menyukai sate ini. Di keluarga ane saja, cuma ane yang suka, lainnya nggak ada yang suka.

Nah kali ini ane mau ngebagiin resep cara membuat sate kere. Kali aja, agan sista ada yang penasaran bagaimana rasa dari sate kere ini. Sekuy, simak baik-baik ya.

Bahan-bahan
250 lemak sapi
2sdm gula jawa

Bumbu halus.
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 ruas jari
1 sdt tumbar
1 sdt gula jawa
Garam dan penyedap rasa

Langkah-langkahnya
1. Rebus lemak
Quote:

2. Tumis bumbu halua sampai wangi, tambahkan air tunggu hingga mendidih, lalu masukkan lwmak dan gula merah. Masak sampai air menyusut
3. Angkat dan potong-potong lwmak, lalu tusuk
4. Bakar di atas bara
Quote:

5. Sate siap dimakan.

Gimana, mudah, kan Gansist cara membuat sate kere ini. Bahan mudah didapat dan murah meriah, udah gitu cara membuatnya juga gak ribet.

Sekedar informasi, ya, Gansist, sate kere ini enaknya disantap saat sate masih panas atau hangat-hangat kuku. Karena jika sudah dingin lemaknya bakal nempel di lidah dan langit-langit mulut. Selain itu, setelah memakan sate kere lemak khas Jogja ini, agan sista jangan langsung meminum minuman es, karena lemaknya akan menempel di mulut. Minum yang anget-anget.

Selamat mencoba!

Tulisan : opini pribadi
Sumber gambar : google
Diubah oleh lintangayudy 11-01-2021 15:04
ijulkeceUriNamiCucigosok
Cucigosok dan 16 lainnya memberi reputasi
17
3.6K
120
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.